Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Melangkah Bersama ODOP Blogger Squad

ODOP Blogger Squad

Melangkah Bersama ODOP Blogger Squad—Apa hal paling susah dari ngeblog? Yups, tepat! menjaga semangat ngeblog. Perjalanan seorang blogger sukses tak semulus yang terlihat. Jangan dikira hanya dengan menjentikan jari, ujug-ujug blognya berhasil dan bisa mendatangkan cuan. Emangnya sulap?

Nah, inilah pentingnya membuat lingkaran pertemanan sesama blogger. Nah, untungnya setelah kemarin mencoba belajar konsisten ngeblog, bertemulah saya dengan teman-teman yang juga sedang berusaha menekuni bidang ini, ODOP Blogger Squad.

ODOP Blogger Squad

ODOP Blogger Squad adalah kumpulan lulusan ODOP yang sama-sama ingin fokus dan mengembangkan diri menjadi blogger. Ini semacam penjurusan lanjutan di komunitas ODOP.  Jadi, setalah dinyatakan selesai dan bisa menaklukan tantangan, peserta yang lulus ODOP ini berhak menikmati fasilitas belajar gratis sesuai minat dan bakatnya. 

Nah, berhubung ini gratis, tentu saja harus ada penyemangatnya dong? Setiap penjurusan di ODOP ini memiliki tantatangan tersendiri. Di ODOP Blogger Squad sendiri ada tugas pekanan setelah materi diberikan. Tidak mengerjakan berarti sudah sadar diri harus segera angkat kaki atau menunggu didepak oleh Kakak PJ. 😂

Manfaat ODOP Blogger Squad

Mengikuti kelas-kelas dengan sistem "Tendangan Madun" memang selalu memacu adrenalin. Apalagi kalau lagi mood swing akibat hormonal atau stres pekerjaan. 😅 Namun, percaya atau tidak, justru kelas atau komunitas yang semacam ini benar-benar memacu kita untuk berkembang. 

Bagi saya pribadi, ada banyak faedah yang saya rasakan sebagai anggota ODOP Blogger Squad.

pasukan blogger odop


1. Ilmu Gratis

Seperti yang saya bilang tadi, ada materi yang diberikan setiap pekannya. Segala pengetahuan dan wawasan untuk meningkatkan kualitas blogger atau performas blog dibagikan si sini. Makanya, walau kadang saya tidak aktif diskusi, saya berusaha membaca pelan materi yang di-share. Bahkan, jika memang ada waktu luang, saya akan mencatatnya. Prinsipnya: ikatlah ilmu dengan menulis. 😄

Di luar jam penyampaian materi, semua peserta bebas berdiskusi. Nah, ini enaknya. Karena anggota ODOP ini memiliki latar belakang dan tingkat penguasaan yang beragam, kita bisa banyak tambahan pengatuan.

Taruhlah Mas Zen dan Mas Martin yang paham bahasa pemrogaman, mereka adalah tempat bertanya koding-mengoding. Apalah emak-emak yang bisanya ngirim "kode" ke suami. Itu pun kadang tidak dimengerti.😆

Ada juga Mbak Jihan yang spesialis menang lomba dan menggunakan Wordpress. Maka urusan blog yang menggunakan Wordpress, mengadulah sama Mbak Jihan. Nah, kalau Mbak Marita, orang sedikit banyak menebar racun kepada saya membuat blog adalah spesialis Blogger. Sejak pindah ke Blogger, saya juga mulai cinta sama Blogger. Selain piawai ngeblog, urusan parenting dan rumah tangga bisa jadi tempat diskusi. Enggak tahu lagi deh, doi mah serba bisa. Heran saya. 😅

2. Bahan Bakar

Perjalanan ngeblog itu naik turun. Nah, bersama teman-teman di pasukan blogger-nya ODOP ini saya merasa selalu dapat mengisi bahan bakar untuk ngeblog. Apalagi kalau lihat prestasi teman-teman yang luar biasa. 

Ada yang hobi menang lomba, ada juga yang punya blog banyak. Walau masih sekadar mengagumi dan belum bisa mengikuti jejak mereka, itu seperti bensin yang mampu menyulutkan kembali api semangat yang hampir padam.

3. Menambah Pertemanan

Nah, ini. Manfaat utama sih kalau menurut saya. Komunitas se-hobi seperti ini tuh bisa merekatkan pertemanan, pun belum pernah bertemu di dunia nyata. Padahal mulanya hanya dari sekadar sharing atau tanya jawab. 

Nah, namanya pertemanan yang enggak usahlah ditanya apa manfaatnya. Intinya, semakin banyak teman semakin banyak rezeki. Semakin banyak teman, semakin kaya hati. 

Strategi Bertahan di ODOP Blogger Squad

Untuk bertahan di komunitas ini, kamu tidak cukup hanya suka ngeblog dan kenal sama Kakak-kakak PJ. Dengan aturan yang jelas, tentunya ada strategi yang bisa dilakukan.

1. Simak Materi Setelat-Telatnya Sehari dari Jadwal

Tak dipungkiri sih kalau yang namanya emak-emak agak repot mengatur waktu. Saya sendiri paling kacau soal ini. Mau dikasih resep manajemen waktu sebagus apapun, saya belum berhasil menerapkannya.

Saya termasuk sadar bahwa saya tidak selalu bisa "on time" menyimak kelas. Nah, sebisa mungkin saya akan buka grup jika saya luang. Mencerna materi dan yang terpenting memahami apa tugas yang diberikan. Pastikan DL tugas agar tidak telat.

2. Buat Tugas Secepat Kaubisa

Perhatikan batas waktu pengumpulan tugas. Jika ada waktu luang, saya akan mengutamakan mengutamakan menulis artikel tugas. Misalnya pun tidak bisa langsung selesai, ya sudah dilanjutkan lagi nanti. Intinya, tugas dari OBS ini termasuk sesuatu yang diprioritaskan. 

3. Cek Deskripsi Grup secara Berkala

Sebagai orang yang sadar diri tidak bisa selalu membuka grup ini, saya usahakan untuk mengecek deskripsi grup. Pikir saya sederhana: biasanya kalau ada hal penting pasti akan ditulis di deskripsi agar bisa mudah dibaca dan tidak ditanyakan berulang kali. Mudah-mudahan sih ini adalah cara jitu untuk tidak ketinggalan informasi. 😅

Bertumbuh dan Berkembang Bersama ODOP Blogger Squad

Ketika kamu sudah nyemplung pada satu bidang, sudah seharusnya kamu berusaha menekuni. Percayalah apapun yang kau tekuni akan membuahkan hasil, apalagi itu kamu suka.

Jujur sih, saya masih suka-suka nulis di SusanaDevi.Com. Kalau lagi suka yang nulis, kalau enggak ya mau gimana lagi? Namun, entah mengapa saya juga enggak bisa melepaskannya begitu saja. Saya rasa banyak sekali manfaat ngeblog yang membuat hidup saya berubah.

Mudah-mudahan sih dengan tetap menjadi bagian pasukan bloggernya ODOP saya bisa banyak belajar. Pengen sih menunjukan bahwa ini lho yang bisa dicapai hanya dengan ngeblog. Ngeblog bukan hanya aktivitas buang-buang waktu. 

Bersama teman-teman sehobi dan sevisi, saya yakin saya akan banyak belajar. Bukan sekadar belajar pengetahuan tentang teknis ngeblog tetapi juga bagaimana menjadi seorang blogger yang baik. 

Penutup

Ketika Tuhan memberikan kesempatan kepada saya untuk bisa menjadi bagian ODOP Blogger Squad,  saya yakin Tuhan ingin saya banyak belajar di sana. Saya pun harus tahu diri untuk tidak membuang kesempatan ini. Bismillah, menjadi lebih baik. 😇

Salam,


Susana Devi Anggasari
Susana Devi Anggasari Hai, saya Susana Devi. Mamak dari Duo Mahajeng, Mahajeng Kirana dan Mahajeng Kanaya. Saya ibu rumah tangga yang nyambi jadi PNS. Untuk menjalin kerja sama, silakan hubungi saya.