Bingung Mau Ngapain Di Rumah? Baca Online di Situs Ini Saja, GRATIS!



Belum lama sejak imbauan pemerintah untuk #diamdirumah, kemarin sempat mewabah virus yang juga berbahaya: mengedarkan buku dalam bentuk pdf secara gratis. Konon katanya, daripada sumpek dan kelayapan mending baca buku.

Bagi buku gratis dalam bentuk pdf itu seperti kalian bagi beras buat rakyat miskin tapi dari hasil mencuri,  Gaes! Jadi tolong, buat kalian yang masih nyebar-nyebar buku gratis dalam bentuk pdf, berhenti di kalian deh. Jangan disebar lagi!

Nulis itu butuh perjuangan, Kawan! Mamak Mahajeng yang bukan penulis saja teriris melihat hal itu. Bayangin bagaimana sedihnya mereka, yang novelnya kalian bagi secara gratis itu. Lha wong buat nulis satu artikel di blog ini saja, saya butuh bermacem-macem sajen, apalagi mereka, novel, yang jumlah halamannya berlembar-lembar.

Saat ini tuh kita tinggal di era yang apa-apa serba mudah kok. Mau baca novel atau cerita gratis dan tentu halal? Banyak! Asal kawan Suzan tahu, banyak kok situs yang bisa kalian gunakan buat membaca online secara gratis.

Di tempat-tempat ini kalian bisa novel atau buku genre lainnya seecara online dan GRATIS. 


1.      Storial

baca novel online gratis

Awal kenal storial saya tuh langsung jatuh cinta. Cerita yang saya baca pertama kali di sana adalah Rahasia Salinem-nya Brilliant Yotenega dan Wisnu Suryaning Adji.  Saking berkesannya, saya sampai  rela begadang berhari-hari demi satu kata: TAMAT.

Senengnya baca di sini tuh karena banyak bacaan “lezat”. Storial cukup pandai menggaet para penulis keren buat nulis di platform-nya. Hanya saja, ada beberapa bab premium yang mengharuskan menukar koin untuk bisa membaca. Ada banyak cara untuk dapatkan koin di sini. Cara termudah adalah dengan pembelian yang bisa dilakukan dengan transfer, bayar di Indomaret, atau pulsa. Satu koinnya senilai Rp2000 saja. Tapi tenang saja, kalau kamu maunya yang gratisan, banyak kok bacaan-bacaan gratis yang enggak harus pakai koin. 

Sekadar informasi, dalam rangka menanggapi Covid-19, Storial punya program #BacaStoriGratis agar teman-teman tetap asyik #dirumah saja. Sampai tanggal 30 April 2020 Kawan Suzan bisa menikmati semua buku premium. Oh iya, untuk Kawan Suzan yang belum punya akun, daftar aja. Storial akan ngasih 100 koin yang bisa teman-teman gunakan buat baca buku premium setelah 30 April nanti. 


2.      Cabaca

baca novel online bahasa indonesia

Sistem baca di Cabaca itu unik. Jadi, kita akan dapat tiga bab awal untuk setiap buku secara gratis. Bab selanjutnya dapat dibaca dengan menukarkan kerang. Kerang ini semacam poin kalau di situs baca online lainnya.

Banyak cara untuk memperoleh kerang ini. Kerang dapat diperoleh melalui pembelian atau melalui misi-misi tertentu. Di awal Kawan Suzan mendaftar, kalian akan mendapat 100 kerang. Jika kalian mempunyai kode referensi dari kawan yang sudah lebih dulu punya akun, kalian akan mendapat 50 kerang lagi. Kawan Suzan dapat memasukan kode SUSANADEVI untuk mendapatkan 50 kerang tambahan. Selain bonus daftar akun dan bagi kode, Kawan Suzan dapat mendapatkan kerang dari komentar tiap bab, memberi rating pada buku yang dibaca, melampuai level baca, dan membagikan link buku yang dibaca. Jadi, enggak harus mengeluarkan uang kok untuk mendapatkan kerang ini. Kawan Suzan asal aktif juga bisa meperoleh kerang yang dapat digunakan untuk membaca di situs baca online dengan ikon gurita ini.


3.      Wattpad

situs baca novel online

Siapa sih yang enggak kenal Wattpad? Bagi kalian yang suka baca pasti penah mengunjungi web-nya atau instal aplikasinya. Beberapa sahabat saya bahkan ada yang berhasil menerbitkan buku hanya dengan menulis di platform ini.

Pilihan cerita di sini sangat beragam. Saking beragamnya, kita harus pinter-pinter memilih. Mungkin karena saking banyaknya penulis ya? Siapa saja bisa menulis di sini.


4.      Dreame

situs baca buku online gratis indonesia

Penggemar Wattpad pasti sudah kenal Dreame. Banyak banget penulis wattpad yang beralih nulis ke situs berbagi tulisan yang satu ini. Emh, baca di sini harus pinter-pinter pilih bacaan ya. Di situs ini ada dua jenis bacaan: gratis dan premium. Untuk premiun, kalian dapat membaca dengan menukarkan koin. Bagaimana caranya mendapatkan koin? Mudah. Kalian bisa menulis di paltform itu, menyediakan waktu buat nonton iklan yang ada, kalau enggak mau repot: beli.


5.      Sweek

baca novel online gratis

Masih saudaraan sama situs berbagi tulisan lainnya. Sweek. Siapapun bisa membagikan tulisannya di sini. Jadi, ya pinter-pinternya sebagai pembaca buat milih bacaan sih. Namun menurutku, apapun platform-nya selalu ada tulisan bagus yang layak dibaca.


6.      Gramedia Writing Project

baca novel online gratis

Kalau GWP ini adalah tempat penulis untuk membuktikan eksistensinya. Portal ini digunakan untuk menjembati penulis yang ingin tulisannya ingin diterbitkan oleh Gramedia. Tentu saja, dari ribuan penulis yang membuat cerita tidak semua terpilih. Karena dipersiapkan untuk kompetisi, tentu saja ada usaha lebih dari penulis untuk menyajikan tulisannya.


7.      Mojok

tempat baca online

Mojok sebenarnya adalah media online yang menjadi wadah bagi penulis dari berbagai karakter dan kelas sosial. Situs dengan tagline Sedikit Nakal Banyak Akal ini termasuk yang sering saya kunjungi jika saya ingin memperoleh bacaan berbobot yang ditulis dengan gaya segar. Enggak cukup 5 menit buat bertandang ke sini. Kalau sudah ke sini biasanya saya akan lupa waktu.


8.      Basa-Basi

Situs Baca Online

Basa-basi juga media online sama seperti mojok. Entah mengapa saya cukup sering bertama di salah satu media online yang dikelola Diva Press ini. Setiap saya berkunjung di sini, saya seolah mendapat “sesuatu”. Makanya, kalau memang lagi senggang, saya sempatkan untuk bertandang.


9.      Lakon Hidup


Baca Cerpen Gratis

Kalau yang satu ini merupakan blog sastra yang paling terkenal di nusantara, mungkin. Siapa sih yang enggak kenal Lakon Hidup. Saya mulai mengintip Lakon Hidup sejak saya mulai menyukai cerpen koran. Karena enggak mudah menemukan koran Minggu sekarang, cara paling mudah buat membaca cerpen yang dimuat di surat kabar adalah dengan membaca di Lakon Hidup. Di sini Kawan Suzan dapat melihat arsip-arsip tulisan yang berhasil ditayangkan di surat kabar.


10.  Medium

Media publikasi tulisan

Di mana kamu bisa melihat tulisan banyak penulis dengan banyak tema beragam dari sudut pandang yang berbeda-beda? Medium jawabnya. Medium itu seperti  blog rame-ramenya para blogger. Berbagai topik bisa dicari di sana. Biasanya saya jalan-jalan ke sana kalau kering ide buat menulis. J

Ternyata banyak banget kan tempat atau situs yang menyediakan berbagai bacaan online? Kawan Suzan bisa membaca artikel, buku, atau novel secara gratis di sana. Semua tergantung selera dan kebutuhan kalian saja.

Kalau kalian masih menemukan aktivitas buku gratis dalam bentuk pdf, tolong hentikan di kalian. Jangan disebar! Mereka, penulis buku, punya hak royalti atas buku yang mereka tulis. Jika kalian menyebar buku mereka, itu sama artinya kalian zalim terhadap penulis itu. Mari kita jadi pembaca yang budiman yang tidak menghalangi rezeki orang lain. J

Ngomong-ngomong, mana sih tempat favorit Kawan Suzan buat baca online? Kalau kalian punya tempat baca buku atau novel online lainnya, bisa lho berbagi di sini.


Susana Devi Anggasari
Hai, saya Susana Devi. Mamak dari Duo Mahajeng, Mahajeng Kirana dan Mahajeng Kanaya. Saya ibu rumah tangga yang nyambi jadi PNS. Untuk menjalin kerja sama, silakan hubungi saya.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter