Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Teks MC/ Pembawa Acara Diklat

teks pembawa acara

Pembawa Acara? Oh No!

Teks Pembawa Acara–Salah satu hal yang tidak saya suka dari menjadi guru Bahasa Indonesia adalah anggapan bahwa semua guru Bahasa Indonesia ahli dan terampil berbicara di publik. Setiap ada acara yang mengharuskan ada MC atau pembawa acara, pasti guru Bahasa Indonesia jadi incaran empuk. Padahal, saya tuh aslinya paling males kalau disuruh ngomong di depan umum. 😂

Pagi tadi saya ditugasi menjadi pembawa acara workshop. Yang bikin saya keder adalah ternyata Kepala Dinas datang. Ampun! 

Akhirnya, selepas subuh saya membuat susunan acara dan teks pembawa acara. Takut belibet dan kehilangan kata-kata. Nah, bagi Kawan Suzan yang ketiban apes karena diminta menjadi pembawa acara atau mc dalam kegiatan formal semacam ini, mungkin contoh yang saya buat bisa menjadi bahan referensi.

Susunan Acara 

Hal pertama yang harus diperhatikan dalam membuat susunan acara adalah berdiskusi dengan panitia kegiatan. Jika perlu, kita meminta jadwal kegiatan secara rinci. Hal ini mempermudah kita membuat susunan sebuah acara

Contoh Susunan Acara Diklat

Berikut contoh susunan acara Workshop Pembuatan E-Modul, Video Pembelajaran, dan Instrumen Penilaian Berorientasi HOTS untuk Meningkatkan Kompetensi Guru.
  1. Pembukaan
  2. Menyanyikan Lagu Indonesia Raya
  3. Sambutan dari Kepala SMP Negeri 1 Singorojo
  4. Sambutan dan Materi dari Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kendal sekaligus Pembukaaan Workshop secara Resmi
  5. Doa
  6. Istirahat
  7. Acara Inti: Workshop Pembuatan E-Modul, Video Pembelajaran, dan Instrumen Penilaian Berorientasi Hots untuk Meningkatkan Kompetensi Guru  
  8. PENUTUP

Contoh Teks MC Formal

teks mc formal

Setelah membuat susunan acara, pembawa acara bisa memandu acara tanpa teks, bisa pula menggunakan teks pembawa acara. Sebenarnya, kalau sudah jago, membawa susunan acara sudah cukup. Namun, berhubung masih amatiran, saya rasa membawa teks lengkap menjadi salah satu pilihan yang tepat. 

Berikut ini adalah contoh teks untuk menjadi pembawa acara di kegiatan diklat/ workshop.

WORKSHOP PEMBUATAN E-MODUL, VIDEO PEMBELAJARAN, DAN INSTRUMEN PENILAIAN BERORIENTASI HOTS UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU 
SMPN 1 SINGOROJO TAHUN 2020


1. Persiapan Ketika Hendak Memulai Acara

Sebelum memulai acara, pastikan peserta dalam keadaan siap. Apabila masih banyak peserta yang belum siap,  pembawa acara wajib mengondisikan. Selain itu, pembawa acara juga dapat meminta peserta melakukan sesuatu guna memperlancar jalannya kegiatan. 

Mohon perhatian acara akan segera dimulai
Kepada Bapak dan Ibu peserta Diklat Workshop Pembuatan E-Modul, Video Pembelajaran, dan Instrumen Penilaian Berorientasi HOTS untuk Meningkatkan Kompetensi Guru  dimohon untuk menempati tempat yang telah disediakan.

Hadirin yang kami hormati, untuk kekhidmatan acara, kami mohon dengan segala hormat untuk menonaktifkan sementara alat komunikasi yang dibawa.

2. Pembukaan Acara

Hal penting selama membuka acara adalah menyapa segenap tamu undangan. Pada bagian mukadimah ini, pembawa acara dapat menyampaikan ucapan terima kasih atas kehadiran peserta dan membacakan susunan acara. Bagian ini opsional sih, boleh dilakukan, boleh tidak.
Bismillahirahmanirrahim
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Yth Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kendal, Wahyu Yusuf Akhmadi, S.STP, M.Si (dan jajarannya).

Yang kami hormati Kepala SMP Negeri 1 Singorojo, Esti Setyorini, S.Pd., M.Pd.

Yang kami hormati Bapak Fendi Nova dan Bapak Widi Astiono selaku narasumber
serta Bapak/ Ibu guru tamu undangan peserta workshop yang berbahagia.

Dengan senantiasa memanjatkan puji dan syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, perkenankanlah acara Workshop Pembuatan E-Modul, Video Pembelajaran, dan Instrumen Penilaian Berorientasi HOTS untuk Meningkatkan Kompetensi Guru  bertempat di Pemancingan Barokah Sekopek pada hari tanggal 14 November 2020 DIMULAI

Hadirin yang berbahagia, sebelum  kita memasuki acara inti, saya akan membacakan susunan acara kita pagi hari ini.

  1. Acara diawali dengan Pembukaan
  2. Kemudian dilanjutkan dengan Menyanyikan Lagu Indonesia Raya
  3. Selanjutnya Sambutan dari Kepala SMP Negeri 1 Singorojo
  4. Acara berikutnya Sambutan dan Materi dari Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kendal sekaligus Pembukaaan Workshop secara Resmi
  5. Selanjutnya Doa
  6. Kemudian Istirahat
  7. Baru acara inti yakni Workshop Pembuatan E-Modul, Video Pembelajaran, dan Instrumen Penilaian Berorientasi Hots untuk Meningkatkan Kompetensi Guru  
  8. Dan yang terakhir PENUTUP

Inti Acara

Pada acara ini, MC membawakan acara sesuai susunan yang telah dibuat.

Agar acara berlangsung dengan lancar dan juga bermanfaat bagi seluruh peserta yang hadir, marilah bersama-sama kita memulai acara ini dengan membaca Basmallah. Bismillahirahmanirrahim

Acara selanjutnya Menyanyikan Lagu Indonesia Raya. 

Hadirin dimohon berdiri.

Hadirin dipersilahkan duduk kembali

Selanjutnya, kami persilakan Kepala SMP Negeri 1 Singorojo, Ibu Esti Setyorini untuk memberikan sambutan. Kepada Ibu Esti kami persilahkan. 

Demikian sambutan dari Kepala SMP Negeri 1 Singorojo. Terima kasih kepada Ibu Esti Setyorini atas sambutannya.

Selanjutnya, kami persilakan kepada Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kendal, Bapak Wahyu Yusuf Akhmadi untuk memberikan sambutan sekaligus membuka acara workshop. Kepada Bapak Wahyu kami persilakan.

Terimakasih Bapak Wahyu Yusuf yang telah memberikan sambutan sekaligus membuka acara pada pagi hari ini.

Hadirin yang berbahagia, resmilah sudah acara “Workshop Pembuatan E-Modul, Video Pembelajaran, dan Instrumen Penilaian Berorientasi Hots untuk Meningkatkan Kompetensi Guru  SMP Negeri 1 Singorojo Tahun 2020” 

Hadirin yang kami hormati, untuk kelancaran acara, marilah kita memanjatkan doa yang akan dipimpin oleh Bapak Taufik Jamzuri. Kepada Bapak Taufiq kami persilakan.

Terima kasih Bapak Taufiq. Semoga Tuhan Yang Maha Pengasih mengabulkan doa kita.


Sembari mempersiapkan workshop, mari kita istirahat sejenak. Hadirin yang berbahagia kami persilakan menikmati kudapan yang ada. 

***

Hadirin yang kami hormati, acara akan dilanjutkan kembali.

Inilah acara inti yang kita tunggu bersama, Workshop Pembuatan E-Modul, Video Pembelajaran, dan Instrumen Penilaian Berorientasi Hots untuk Meningkatkan Kompetensi Guru. Acara kami serahkan sepenuhnya kepada narasumber.

Kepada Bapak   kami persilakan.

Penutup Acara

Pada bagian penutup, pembawa acara menyampaikan rasa syukur atas selesainya rangkaian acara dan meminta maaf untuk kekurangan yang ada

Bapak/ Ibu hadirin yang kami hormati, akhirnya selesai sudah workshop hari pertama. Alhamdulillah.  Mudah-mudahan bermanfaat bagi kita.

Saya Susana Devi Anggasari mewakili panitia sekali lagi mengucapkan terimakasih atas kehadiran dan partisipasinya dalam acara ini.

Apabila ada kesalahan dan banyak kekurangan, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya.

Akhir kata… Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Penutup

Mudah-mudahan teks mc di atas bermanfaat ya! Karena kita tidak tahu kapan giliran kita disuruh menjadi pembawa acara atau moderator, maka bersiap-siaplah. Mau tidak mau, kita memang harus mulai belajar public speaking😂

Salam,
susana devi


Susana Devi Anggasari
Susana Devi Anggasari Hai, saya Susana Devi. Mamak dari Duo Mahajeng, Mahajeng Kirana dan Mahajeng Kanaya. Untuk menjalin kerja sama, silakan hubungi saya.