Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penulisan NIP yang Benar, Kamu Sudah Tahu?

cara penulisan nip

Penulisan NIP yang Benar‒‒Sebagai pegawai negeri sipil, NIP seperti tanda pengenal. NIP adalah singkatan dari Nomor Identitas Pegawai. Apapun hal yang berkaitan dengan administrasi pasti memerlukan pengisian NIP. Sayangnya, masih banyak penulisan NIP yang tidak sesuai kaidah Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia dan Perka Badan Kepegawaian Negara Nomor 22 Tahun 2007. 

Bagaimana Cara Penulisan NIP yang Benar?

Ada dua hal yang seharusnya diperhatikan ketika menulis NIP dalam dokumen adminstrasi. Pertama  adalah tentang kaidah penulisan singkatan. Kedua adalah peraturan penulisan yang mengacu Perka BKN Nomor 22 Tahun 2007. Nah, mari kita analisis dua hal tersebut untuk mengetahui bagaimana seharusnya menuliskan NIP dengan tepat.

1. Penulisan "NIP" sesuai PUEBI

NIP adalah singkatan dari nomor identitas pegawai. Dalam Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia, ada dua kriteria penulisan singkatan yang menyingkat gabungan kata dengan huruf awalnya. 

penulisan nip yang benar
Kaidah Penulisan Singkatan Menurut PUEBI

Berdasarkan dua kaidah tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan tanda titik digunakan pada penyingkatan nama orang, gelar, jabatan, atau pangkat. Sementara, untuk yang tidak menunjukan nama diri, TIDAK menggunakan tanda titik. Ini kaidah penyingkatan yang mengambil huruf awal setiap kata, ya! Karena, masih banyak kaidah penulisan singkatan yang lain. 

Dua kaidah tersebut saya ambil untuk kasus penulisan NIP. Penyingkatan nomor identitas pegawai menjadi NIP mengambil huruf awal setiap kata. Sementara itu, nomor identitas pegawai atau NIP bukan merupakan nama diri atau bukan kata yang menamai orang, tempat, atau sesuatu. Jadi, penulisan NIP yang tepat adalah NIP tanpa titik

2. Penulisan Angka NIP yang benar

Kalau kita sudah tahu bahwa NIP ditulis tanpa titik, maka persoalan kedua adalah bagaimana menulis angka sebagai penunjuk identitas tersebut? Seperti Kawan Suzan tahu bahwa sering kali kita lihat ada angka-angka dalam NIP sering dikelompokan pola tertentu dengan pemisah spasi.

Mengapa hal demikian terjadi? Sebenarnya pengelompokan itu digunakan untuk memudahkan mengingat 18 digit angka yang ada pada NIP. Jadi, sebenarnya urutan angka pada NIP itu mempunyai makna tersendiri. 

Format Penulisan NIP

Tata aturan mengenai NIP ini dapat dilihat dalam Perka Badan Kepegawaian Negara Nomor 22 Tahun 2007. Poin penting yang berkaitan dengan penulisan adalah angka yang ada pada NIP berjumlah 18 digit. Urutan 18 digit tersebut memiliki pola 8-6-1-3.

penulisan angka nip yang benar
Makna Urutan Angka Pada NIP
  • Delapan
Maksudnya adalah delapan digit pertama pada NIP adalah angka yang menunjukan tahun, bulan, dan tanggal lahir pegawai. Jika Kawan Suzan lahir 1 Januari 1988 misalnya, delapan digit awal NIP kamu pasti 19880101.
  • Enam
Enam digit berikutnya adalah angka yang menunjukan tahun dan bulan pengangkatan pertama pegawai sebagai CPNS. Tahun dan bulan ini sesuai dengan SK pengangkatan CPNS. Misal, Kawan Suzan diangkat menjadi CPNS pada bulan Maret 2019, enam digit selajutnya pada NIP pasti 201903.
  • Satu
Digit ketujuh adalah angka yang menunjukan jenis kelamin pegawai. Angka 1 untuk pegawai dengan jenis kelamin pria dan angka 2 untuk jenis kelamin perempuan.
  • Tiga
Tiga digit terakhir adalah angka yang menunjukan urutan orang tersebut diterima sebagai CPNS. Urutan tersebut didasarkan pada urutan tanggal lahir, pengangkatan PNS, dan jenis kelamin. Jadi seandainya NIP Kawan Suzan adalah 198801012019032006 misalnya,  artinya kamu adalah pegawai perempuan ke-6 yang lahir pada tanggal 1 Januari 1988 yang diangkat CPNS pada Maret 2019.

Nah, karena mengingat 18 digit itu tidak mudah, biasanya para pegawai akan mengelompokan menulis NIP tersebut dengan membubuhkan spasi untuk pemisah. Kalau di peraturan Perka BKN sendiri tidak disebutkan adanya spasi untuk memisahkan masih-masing pengelompokan. Jadi, penulisan angka NIP yang tepat adalah TANPA SPASI

Contoh NIP

Nah, setelah tahu kaidah penulisan dan tata aturan penulisan NIP, maka berikut ini adalah contoh penulisan NIP.

NIP 198001042014032014
NIP 198512032015012010
NIP 198808012019032007
NIP 198906022021011005

Penutup

Sekarang Kawan Suzan sudah tahu kan bagaimana penulisan NIP yang benar. Nah, tugas kita kalau sudah tahu adalah berusaha mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-sehari. Minimal dalam dokumen administrasi yang kita buat, kita sudah berusaha menggunakan bahasa Indonesia yang benar sesuai kaidah yang berlaku. Karena seperti penulisan gelar, penulisan NIP ini juga masih banyak yang keliru.  😊


Salam, 

Salam Susana Devi


Susana Devi Anggasari
Susana Devi Anggasari Hai, saya Susana Devi. Mamak dari Duo Mahajeng, Mahajeng Kirana dan Mahajeng Kanaya. Saya ibu rumah tangga yang nyambi jadi PNS. Untuk menjalin kerja sama, silakan hubungi saya.

Berlangganan via Email