Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penulisan Alamat Surat yang Benar Agar Lamaran Kerja Kamu Diterima

penulisan-alamat-surat-kerja-yang-benar

Penulisan Alamat Surat yang Benar‒Semenjak maraknya internet, surat memang tak lagi populer. Keberadaannya tergantikan dengan aplikasi berbagi pesan yang lebih instan atau media sosial yang lebih ngehit. Namun, keterampilan menulis surat masih tetap dibutuhkan. Misalnya, dalam keperluan melamar pekerjaan atau keperluan antarinstansi yang bersifat kedinasan.

Dalam menulis surat lamaran pekerjaan misalnya, ketepatan penulisan alamat surat menjadi penting karena ketepatan penggunaan bahasa menjadi salah satu indikator bagian personalia menilai calon pekerja. Pelamar kerja yang cermat dalam penggunaan bahasa memiliki nilai lebih dibanding yang tidak. Oleh karena itu, sebelum melamar pekerjaan, selain menyiapkan daftar riwayat hidup, penting bagi Kawan Suzan untuk memperhatikan penulisan alamat yang benar dalam surat lamaran pekerjaan.


Penulisan Alamat Surat Sesuai Kaidah Bahasa

Sebelum mengirim surat lamaran kerja, pastikan penulisan alamat pada surat lamaran kerja benar. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menulis alamat surat.

1.  Penggunaan Kepada dan Yang Terhormat

Seringkali dijumpai dalam penulisan surat penggunaan frasa "Kepada Yth.". Penggunaan frasa tersebut tidak tepat. Kata "kepada" dalam penulisan alamat surat tidak perlu. Tanpa kepada pun, alamat surat sudah merujuk penerima surat. 


kepada-yth


Selanjutnya penulisan "YTH.". Penulisan "Yang terhormat" ditulis "Yth." dengan titik di akhir. Huruf kapital yang digunakan pun hanya huruf Y karena berada di awal. Jadi, penulisan yang tepat adalah Yth. bukan YTH.

2. Penulisan Gelar dan Sapaan

Umumnya, surat resmi ditujukan pada instansi. Apabila mencantumkan gelar akademis atau pangkat jabatan, tidak perlu lagi mencamtumkan sapaan. Gelar dan pangkat tersebut sudah cukup mewakili penghargaan kepada penerima surat. Jadi, tidak perlu berlebihan dengan mencantumkan sapaan sekaligus gelar secara bersamaan dalam penulisan alamat surat dinas. 

penulisan-gelar-pada-alamat-surat-yang-benar

Singkatan gelar di depan nama ditulis tanpa koma. Sementara itu, gelar di belakang nama dipisah dengan tanda koma untuk membedakan gelar dan nama marga.

Sementara itu,  apabila nama penerima surat tidak diikuti gelar atau pangkat, maka penambahan sapaan dalam alamat surat dibenarkan. 

penulisan-alamat-surat-yang-benar-sesuai-eyd

3. Penggunaan Huruf kapital

Huruf awal setiap unsur nama ditulis menggunakan huruf kapital. Ingat, ya! hanya huruf awal setiap unsur kata, bukan semua huruf ditulis kapital.

penulisan-alamat-surat-lamaran-yang-benar


4. Penulisan Alamat

Ada dua tempat penulisan alamat, yaitu di luar amplop dan di dalam aplop. Untuk penulisan di luar amplop, tulislah alamat sejelas-jelasnya. Tidak perlu ada singkatan. 

penulisan-alamat-surat

Sementara, penulisan alamat di dalam amplop atau alamat di tubuh surat tidak perlu menggunakan alamat lengkap lagi. Cukup tulis "di tempat". Hal ini karena alamat lengkap sudah tertulis di amplop surat, sehingga dalam tubuh surat tak perlu dicantumkan.

5. Tanda Baca

Penulisan alamat surat tidak perlu menggunakan tanda baca. Alamat surat tidak perlu tanda titik. Alamat surat bukanlah kalimat. Alamat juga tidak perlu diberi tanda koma. Cukup ditulis jelas setiap unsurnya.

cara-menulis-alamat-surat


Contoh Penulisan Alamat yang Benar Sesuai PUEBI

Coba Kawan Suzan perhatikan. Berikut adalah contoh-contoh penulisan alamat surat dinas maupun surat lamaran pekerjaan yang benar.

Penulisan Alamat Surat dengan Gelar di Depan Nama

Yth.  Dr. Susana Devi Anggasari
Jalan Cinta Damai RT 01 RW 03
Kampung Kebahagian
51342

Penulisan Alamat Surat dengan Gelar di Belakang Nama

Yth. Susana Devi Anggasari, S.Pd.
Jalan Cinta Damai RT 01 RW 03
Kampung Kebahagian
51342

Penulisan Alamat Surat dengan Sapaan

Yth. Ibu Susana Devi Anggasari
Jalan Cinta Damai RT 01 RW 03
Kampung Kebahagian
51342

Penulisan Alamat di Tubuh Surat

Yth. dr. Susana Devi Anggasari
di tempat.

Demikian penulisan alamat surat yang benar sesuai kaidah bahasa. Semoga bermanfaat.
Susana Devi Anggasari
Susana Devi Anggasari Hai, saya Susana Devi. Mamak dari Duo Mahajeng, Mahajeng Kirana dan Mahajeng Kanaya. Saya ibu rumah tangga yang nyambi jadi PNS. Untuk menjalin kerja sama, silakan hubungi saya.

1 komentar untuk "Penulisan Alamat Surat yang Benar Agar Lamaran Kerja Kamu Diterima"

Berlangganan via Email