Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Belajar Public Speaking. Kenapa Tidak?

cara belajar public speaking
Belajar Public Speaking. Kenapa Tidak?-Beberapa kali diberi tanggung jawab menjadi pembawa acara di sekolah membuat saya berpikir bahwa mau tidak mau saya harus belajar. Pekerjaan sebagai master of ceremonie tidak semata membaca teks mc yang sudah dipersiapkan. Oleh karena itu, saya mencari tempat untuk mempelajari cara public speaking yang baik

Manfaat Belajar Public Speaking

Bukannya guru sudah terbiasa ngomong di depan ya, masa masih harus belajar public speaking segala? Masalahnya ngomong di depan kelas dan ngomong di depan orang banyak lainnya tuh rasanya beda. Enggak tahu ya kalau orang lain, kalau saya sendiri, saya kurang percaya diri sih kalau didapuk sebagai host, mc, pembawa acara, moderator, atau pekerjaan sejenis lainnya. Seperti, bukan saya.😂

Namun sebagai pekerja, ada kalanya kita hanya bisa sendika dawuh terhadap perintah atasan. Maka sejak itu, saya jadi berpikir: mungkin saya memang harus belajar! Toh, tak ada salahnya belajar berbicara di depan umum. Keterampilan ini tentunya akan membawa banyak manfaat nantinya.

1. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Kepercayaan terhadap diri sendiri tidak akan datang begitu saja. Ada stimulus-stimulus yang bisa dilakukan untuk bisa tampil percaya diri. Seorang artis secantik Luna Maya yang bisa tampil percaya diri ketika menjadi model, ia bisa saja tak percaya diri jika harus didapuk menjadi moderator debat.

Mempelajari bagaimana cara berbicara di muka umum dengan baik tentu meningkatkan rasa percaya diri. Kita menjadi lebih yakin karena tahu bagaimana seharusnya yang kita lakukan jika harus menjadi pusat perhatian. Berbicara di depan bukan perkara kamu tahu apa yang harus kamu sampaiakan atau tidak, tetapi menyangkut banyak hal: bahasa tubuh, intonasi, perhatian, dan banyak lagi yang harus diperhatikan.

2. Menjadi Pembicara yang Didengar

Seorang public speaker dituntut untuk mengoptimalkan segala kemampuannya untuk didengar orang lain dengan baik. Ia dituntut bisa menarik perhatiannya orang lain dengan suara yang dimiliki. Tentu saja hal ini sangat bermanfaat. 

Sebagai seorang guru, siapa yang enggak mau diperhatikan siswanya coba? Jadi saya rasa, dengan melatih kemampuan public speaking maka saya juga belajar untuk dapat didengar oleh siswa-siswa saya, terlebih pembelajaran jarak jauh seperti sekarang ini. 

3. Menyampaikan Gagasan dengan Lebih Baik

Pernah enggak apa yang dilontarkan tidak sama dengan apa yang dipikirkan? Belajar berbicara di depan umum artinya belajar untuk bisa menyampaikan gagasan secara langsung, tepat sasaran, tidak banyak belokan, dan mudah dimengerti.

Hal paling penting dalam berbicara adalah bagaimana sebuah gagasan dapat dengan jelas tersampaikan kepada lawan tutur. Nah, belajar public speaking sangat bermanfaat untuk melatih kita menyampaikan gagasan kepada orang lain. 

4. Terbiasa Berpikir Cepat

Seorang public speaker dituntut untuk dapat menguasai medan, apapun yang terjadi. Terkadang kita tahu apa yang terjadi ketika kita sedang memimpin sebuah acara. Nah, kemampuan untuk berpikir cepat sangat dibutuhkan oleh public speaker

Apapun masalahnya, show must go on! Jadi, seorang pembicara publik harus mempunyai kemampuan adaptasi yang tinggi. Mempelajari teknik-teknik dan materi public speaking secara tidak langsung juga mempelajari bagaimana seseorang harus bisa mengatasi berbagai hal yang mungkin terjadi di luar rencana. 

5. Lebih Luwes dalam Bergaul

Kemampuan public speaking yang baik tentunya membuka akses untuk bisa memulai obrolan dengan siapa saja. Seorang yang terbiasa berbicara di depan umum memiliki keterbukaan wawasan yang lebih luas. Ia terbiasa menghadapi banyak orang dengan berbagai latar belakang.

Ibaratnya, seorang public speaker dilatih untuk dapat berkomunikasi dengan siapa saja. Tak pandang bulu. Nah, mempelajari hal-hal berkaitan dengan keterampilan berbicara di depan  publik ini tentunya meningkatkan keterampilan untuk bergaul dengan siapa saja.

Cara Belajar Public Speaking Paling Mudah

Kata siapa belajar public speaking tuh mahal? Biaya belajar sekarang tuh murah banget! Yang mahal itu niatnya saja. Bagaimana tidak? Modal kuota dan ponsel pintar saja kamu sudah bisa mempelajari bagaimana cara belajar public sepaking bagi pemula. Latihan public speaking sendiri memang bisa? bisa banget!

1. Belajar dari Channel Youtube

Cara termudah belajar berbicara adalah dengan melihat secara langsung. Saya memilih belajar berbicara dari video-video yang diunggah di Youtube. Banyak sekali ternyata channel Youtube yang membahas materi atau teknik seputar berbicara di depan umum. Ada beberapa channel favorit yang mungkin bisa kalian lihat jika kebetulan kalian ingin mengasah kemampuan berbicara kalian.

1) Maya Rachma

latihan public speaking sendiri

Di channelnya, Maya banyak sekali berbagi tentang bagaimana sih seharusnya menjadi MC dan pembicara yang baik. Ia banyak membagikan bagaimana tips public speaking yang baik. Ia juga memberikan contoh secara langsung bagaimana menjadi public speaker. Saya sih ketagihan melihat channel Youtubenya.

2) Alan Albana

cara melatih public speaking

Alan adalah seorang penyiar di Pro 2 Bandung yang sering membagikan tips dan materi seputar public speaking. Melalui konten-konten Youtubenya kita bisa belajar bagaimana membuka, memimpin, sekaligus menutup sebuah acara. Kita juga bisa belajar berbagai ice breaking  untuk mencairkan suasana. Penasaran mau intip channelnya? 

3) Kang Nugie Al-Afgani

cara meningkatkan public speaking

Bukan hanya membagikan tips berbicara dan materi seputar belajar public speaking, Kang Nugie Al-Afgani juga sering membuat konten bagaimana teknik komunikasi yang baik. Buat kamu yang merasa ingin belajar berkomunikasi dengan baik dan mempelajari bagaimana belajar teknik public speaking, wajib deh mampir ke channel ini.

2. Ikut Pelatihan Public Speaking

Saat ini banyak sekali pelatihan-pelatihan public speaking yang digelar, bahkan ada juga yang mengadakan kegiatan belajar public speaking online. Kamu mau nyari yang harga berapa? Yang mahal, buanyak! Yang gratis juga ada! Pinter-pinternya kamu saja cari informasi. 

Kalau misalnya enggak ada kelas gratis yang bisa diikuti, ya sudah belajar saja dari youtube atau kalau ada kelas"bau-baunya" masih setipe, coba saja. Nah, misal nih kemarin saya baca soal kelas Podcast Siberkreasi. Nekat saja ikut, padahal enggak paham blas dunia podcast! Saya mah mikirnya, pasti ada teknik-teknik berbicara yang bakal dibahas nih secara modal utama podcast kan suara. 😅

3. Learning by Doing

Tak ada cara belajar terbaik selain mempraktikkannya. Jadi? Usahakan praktikan semua hal yang sudah dipelajari. Pada dasarnya, kita selalu berbicara dengan orang lain. Teknik-teknik yang sudah dipelajari itu ya dipraktikan secara langsung.

Dengan mempraktikan secara langsung, ilmu yang didapat tidak menguap dan hilang begitu saja. Namun, keterampilan berbicara akan terasah. Orang-orang yang mampu menyihir dengan kemampuan berbicaranya tidak terlahir begitu saja. Mereka berlatih lebih dulu dibanding kita. Jadi, kalau kita mau seperti mereka, kita juga harus mau berlatih seperti mereka.

Simpulan

Bagaimana? Setelah tahu manfaat dan cara belajar public speaking, apakah kamu tertarik untuk mempelajarinya lebih lanjut? Selama masih ada kesempatan belajar dan selama belajar masih gratis, mengapa tidak?😂


Salam, 



Susana Devi Anggasari
Susana Devi Anggasari Hai, saya Susana Devi. Mamak dari Duo Mahajeng, Mahajeng Kirana dan Mahajeng Kanaya. Saya ibu rumah tangga yang nyambi jadi PNS. Untuk menjalin kerja sama, silakan hubungi saya.