Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Saya Jatuh Cinta Pada Blogger dengan Segala Kelebihan dan Kekurangannya

kelebihan-dan-kelemahan-blogger

Kalau Kawan Suzan sudah membaca mengapa saya pindah dari Wordpress.org ke Blogger, tentu saja paham alasan utamanya karena gratis. 

Setelah lebih dari setahunan menggunakan blogger dan beberapa bulan ini fokus belajar blog, saya merasakan ada kelebihan dan kekurangan blogger sebagai platform negblog. Buat kalian yang masih bingung mau memilih platform apa buat ngeblog, mungkin tulisan ini akan sedikit memberi gambaran.

Kelebihan Blogger sebagai Platform Blog

Tak kenal maka tak sayang. Kalau sudah kenal ya disayang-sayang. 

Mungkin begitu. Tapi benar. Awal pindah dari WP ke Blogger saya mengalami jeda yang cukup lama. Walaupun kata orang Blogger lebih mudah digunakan, tetapi bagi pemula yang langsung menggunakan WP saya sempet bingung bagaimana merenovasi rumah saya di Blogger. 

Baru sejak Desember 2019 saya mulai belajar akrab dengan blogger. Mencoba ngulik dengan modal tanya ke Google dan Youtube. Lalu, April 2020  Mas Q-Benk berhasil membuat saya berani otak-atik HTML. Dan sejak saat itulah, saya rasa saya mulai jatuh cinta dengan platform ngeblog gratis satu ini. Saya ceritakan kelebihan Blogger di mata saya ya!

1. Minim Modal

Tidak seperti Wordpress.org yang mengharuskan kamu sewa hosting, Blogger mah gratis. Istilahnya, hostingnya mah sudah nebeng di Google. Palingan kalau mau membuat blog kamu tampil lebih profesional kamu cukup mengeluarkan uang untuk nama domain saja. Untuk domain.com hanya sekitar Rp100.000-an. Kalau mau yang lebih murah bisa pakai my.id yang harganya Rp10.000-an. 

2. Mudah Digunakan

Untuk membuat sebuah blog di Blogger, mudah sekali. Asal punya email, daftar saja dan ikuti saja langkah-langkah yang ada. Udah gitu saja, lalu jadi. Tidak perlu banyak instalasi ini-itu. Untuk pemula, saya rekomendasikan kalau au coba-coba yang mending pakai ini sih.

3. Sahabat Google

Hahaha ya iyalah. Blogger sendiri kan emang turunan dari Google. Sementara kita tahu bahwa sebagian besar orang menggunakan Google sebagai mesin pencari. Apa untungnya menjadi sahabat google? Apakah lebih mudah menempati page one?

Enggak juga! Content is the king!

Kelebihan menggunakan Blogger adalah tidak perlu pusing dengan keamanan blog. Ternyata, ada beberapa oknum enggak bertanggung jawab yang kadang suka main-main dengan blog. Saya pernah mendengar cerita bahwa blognya diserang ketika mengikuti sebuah kontes blog. Wuih, serem amat! Buat orang-orang seperti saya yang pemahaman kodingnya enggak seberapa, tentu hal tersebut bakal bikin kepala nyut-nyutan. Nah, ini. Platform Blogger lebih aman dari retasan.

Kekurangan Blogger sebagai Platform Blog

Semua pasti ada plus dan minus-nya. Begitu juga Blogger. Enggak terlalu vital sih, tapi ini mungkin bisa jadi bahan pertimbangan juga.

1. Tidak Mudah di Kustomisasi

Tidak seperti Wordpress.org yang bisa membuat penggunanya bebas berkreasi, Blogger lebih terbatas. Bukan berarti enggak bisa ya? Bisa, tapi kamu harus punya kemampuan bahasa HTML yang baik. Nah, masalahnya, kebanyakan blogger apalagi blogger wanita tuh cuma seneng nulisnya, sementara untuk hal-hal beginian ... ampun deh!

2. Tidak Banyak Plugin

Nah, ini yang membuat saya kaget ketika pertama menggunakan Blogger. Kalau menggunakan Wordpress, banyak hal bisa diatasi dengan plugin. Di Blogger enggak ada hal begituan. Mau enggak mau ya memang harus belajar HTML sih.

3. Template Terbatas

Pilihan template Blogger menurut saya lebih terbatas dibanding Wordpress. Mungkin karena Wordpress lebih mudah kustomisasi. Tapi enggak masalah, sih! 

Penutup

Bagaimana? Masih tertarik menggunakana Blogger? Kalau sepanjang ini sih, saya sudah jatuh cinta dengan Blogger. Walaupun menggunakan platform gratisan, tulisan SusanaDevi.Com bisa kok nangkring di page one. Lebih dari itu, sudah bisa nambah-nambah isi dompet. 😂

Intinya mah kalau ingin sukses ngeblog, kamu harus konsisten dan mau belajar

Salam,





Susana Devi Anggasari
Susana Devi Anggasari Hai, saya Susana Devi. Mamak dari Duo Mahajeng, Mahajeng Kirana dan Mahajeng Kanaya. Saya ibu rumah tangga yang nyambi jadi PNS. Untuk menjalin kerja sama, silakan hubungi saya.

Posting Komentar untuk "Saya Jatuh Cinta Pada Blogger dengan Segala Kelebihan dan Kekurangannya"

Berlangganan via Email