Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Yakin Mau Belajar Ngeblog?

belajar-ngeblog

Suatu hari seorang teman mengatakan bahwa dia ingin belajar ngeblog. Saya menyarankan untuk membuat dulu blognya. Tutorial atau cara membuat blog di Google atau Youtube banyak. Sampai beberapa bulan berikutnya, dia masih juga mengatakan hal yang saja. 

"Ajari ngeblog dong, Dev!" 

"Cara menghasilkan uang dari blog gimana sih?"

"Gimana caranya jadi blogger sukses kaya kamu sih?"
(Alhamdulillah ya sudah dikira sukses, amini saja dan berharap semesta meridloi.😍) 

Saat kutanya blognya sudah ada, dia jawab belum. Lha terus? 😖

Baiklah, untuk siapa saja yang ingin ngeblog, saya mau katakan: Jangan Menjadi Blogger: Tidak Ada Cara Menjadi Blogger yang Mudah! Jadi, jangan harap dengan niat saja mau belajar ngeblog, kamu lantas tiba-tiba jago. 

Mau Belajar Ngeblog? Ini Pesan Saya

Apakah ngeblog itu bermanfaat? Banget! Banyak banget manfaat ngeblog yang saya rasakan. Apakah ngeblog menghasilkan? Tentu saja! Kalau tidak, kami mungkin sudah resign dan tak mau lagi jadi blogger. 😅 Kapan-kapan saya akan berbagi bagaimana cara mencari penghasilan dari blog.

Untuk kalian yang sudah berniat belajar ngeblog, ini pesan sayang saya untuk kalian.

1. Banyak Bertindak, Sedikit Bicara

Yups! Belajar itu soal melakukan, bukan omong kosong. Jika kalian memang mau belajar ngeblog, ya sudah, action! Bikin blognya. Tidak usah banyak bertanya. Seiring kalian mencoba, akan banyak masalah yang datang. Nah, baru deh ketika ada masalah yang tidak bisa kalian selesaikan, lambaikan bendera putih, minta pertolongan, bertanyalah!

belajar-blog

Jangan kebalik. Bertanya mulu, tapi enggak pernah dilakuin. Ada lho yang begini, banyak! Mau dijelasin kaya apa juga, yang begini mah kagak bakal paham. Karena ngeblog itu yang paling penting ya ngadepin langsung. Enggak bisa deh cuma diawang-awang.

2. Harus Kepo

Blogger itu wajib banget suka kepo. Siapa bilang orang kepo tuh ngeselin. Blogger yang cuek dan enggak mau tahu itu yang bakal begitu-begitu saja. 

Kenapa saya bilang blogger wajib kepo? Karena dari rasa ingin tahu inilah blogger bisa belajar banyak hal. Ketika jalan-jalan ke blog orang, kok blog si Anu bisa begini ya? Caranya bagaimana ya? Nah, langkah selanjutnya pasti mencari tahu. Dari situ nanti kita akan belajar banyak hal. 

3. Cari Partner

Ini penting banget. Semangat ngeblog itu ibarat roda. Kadang di atas, kadang di bawah, kadang malah di tambal ban. Nah, saat seperti ini kalian akan merasakan pentingnya mempunya partner ngeblog. Saya termasuk susah bergaul. Kalau belum akrab, biasanya saya tuh pendiem. Namun, kalau sudah akrab mah saya enggak bisa diem. Untuk urusan blog, saya punya rival sekaligus sahabat terbaik. Namanya Malica.

Nah, pertemanan kami tuh unik. Kami belum pernah bertemu. Pernah ada kesempatan dia ke Boja, tempat saya tinggal. Namanya belum jodoh, pas kebetulan saya lagi Diklat Latsar. Ya sudah! 

Apa pentingnya dia buat perkembangan blog saya? 😂 Jadi, kami tuh sering pamer. Ini loh pencapaian saya. Mana pencapaianmu? Bulan ini aku sudah nulis 10 artikel lho. Berapa artikel yang kamu tulis? Ya, begitulah. Hal semacam ini mampu jadi pemacu dan penyemangat untuk tidak berhenti ngeblog. 

4. Gabung Komunitas

Berkomunitas itu perlu untuk menjaga atmosfer sekaligus menambah wawasan kita tentang blog. Banyak kok saat ini komunitas-komunitas blogger. Kalian bisa mulai gabung dengan komunitas-komunitas blogger yang ada di media sosial seperti facebook. Nantinya, kalian bisa juga gabung grup Whatsapp dan saling kopdar. Di komunitas, biasanya akan banyak perbincangan menarik seputar blog. 

5. Cari Guru

Belajar otodidak itu mungkin banget saat ini. Apalagi ilmu di mana-mana di-share secara gratis. Namun, adakalanya belajar dari ahlinya akan memangkas waktu kita untuk trial and error.  Saya membuat blog ini tahun 2018. Namun, blog ini mulai berkembang setahun belakang ini. Sejak saya belajar bersama Mas Q-Benk di SEO Moms dan Mas Irwin di Kelas Menaikan DA. Kedua kelas ini gratis dan benar-benar memberi pencerahan buat saya. Mudah-mudahan keberkahan melimpahi mereka. Kalau Kawan Suzan juga ingin belajar dengan mereka, ikuti saja media sosialnya. Jadi, sewaktu-waktu ada kelas yang mereka buka kalian bisa mendaftar.

Selain dari mereka, saya biasanya akan mengikuti postingan-postingan beberapa blogger yang sudah senior. Biasanya, mereka sering berbagi ilmu seputar ngeblog di grup blogger atau unggah-unggahannya. Cara ini ampuh untuk memperkaya pengetahuan dan juga menjadikan mawas diri. Hati-hati, di luar sana banyak mitos dan ilmu menyesatkan mengenai dunia blog. Oleh karena itu, sebagai blogger pemula kita harus pinter-pinter saja memilih informasi.

6. Cari Tempat Andalan Belajar

Setiap blogger punya tempat andalan untuk belajar. Biasanya ini ketemunya tidak sengaja. Saya sih akan mem-bookmark url-url yang menurut saya wajib saya kunjungi lagi. Saya suka membaca tips ngeblog dari Mas Sugeng. Kalau untuk belajar edit HTML, blog Igniel jadi andalan. Kalau belajar di Youtube saya suka Channel Kang Irvan Taufik dan Bang Zamhari. Kalau ada waktu luang, saya akan mampir ke tempat mereka untuk belajar.

7. Jangan Mudah Menyerah

Ngeblog tuh enggak mudah. Butuh proses untuk bisa menghasilkan. Namun, percayalah orang yang sudah menikmati hasil ngeblog, baik secara materi atau nonmateri, mereka tidak akan berhenti. Jika sekarang apa yang kalian lakukan belum seperti yang diharapkan, jangan berhenti.Teruslah belajar dan berusaha. Kalau mau sukses kalian harus konsisten ngeblognya. Suatu saat ketika kalian sudah berhasil, kalian pasti akan berterima kasih pernah membaca tulisan ini. 😂

Penutup

Bagaimana Kawan Suzan? Masih ingin belajar blog? Semoga apa yang saya tulis dapat memacu kalian untuk terus belajar dan tak mudah menyerah ya!

Salam, 
blogger-pemula

 






Susana Devi Anggasari
Susana Devi Anggasari Hai, saya Susana Devi. Mamak dari Duo Mahajeng, Mahajeng Kirana dan Mahajeng Kanaya. Saya ibu rumah tangga yang nyambi jadi PNS. Untuk menjalin kerja sama, silakan hubungi saya.

4 komentar untuk "Yakin Mau Belajar Ngeblog?"

  1. Tulisan bagusnya kayak gini kok dibilang Ndak ada ide mau nulis Bu guru inii.. huhhuuhh

    BalasHapus
  2. Mau dong bu diajarin ngeblog, salim dulu sama bu guru 🤗😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Huwaaaaa .... Masih remahan rengginang yang renyah kalau di dalam toples 😅😅

      Hapus

Berlangganan via Email