5 Cara Ampuh Meningkatkan Domain Authority Kurang Dari 1 Bulan

cara-meningkatkan-domain-authority

5 Cara Ampuh Meningkatkan Domain Authority Kurang Dari 1 Bulan—Terhitung sejak tanggal 30 Juni 2020 saya belajar bersama teman-teman di kelas 30 Hari Menaikkan Domain Authorithy Gelombang 2. Kelas ini digawangi Mas Irwin. Bersama Om PeWe, Kang Ilham Sadli, Bang Baim, juga Kak Ria kami digembleng jadi blogger berkelas. 😅

Kuda itu harus dipecut biar larinya kenceng,

Begitu kata Coach irwin. Makanya, jangan pernah coba ikut kelas mereka kalau Kawan Suzan tidak tahan cambukan. Tiap hari ada saja yang bikin jantung berdebar lebih kencang. Tapi suer deh, kelas 30 Hari Menaikkan DA ini memang mantap.

Apa Sih Domain Authority?

Domain authority adalah tolok ukur kekuatan sebuah domain. Besaran domain authority adalah 0-100 dengan kriteria semakin tinggi semakin bagus. Domain authority ini dikembangkan oleh Moz untuk mengukur seberapa kuatnya sebuah domain bersaing di mesin pencarian. Namun, perlu diketahui bahwa domain authorithy bukanlah metrik buatan Google. 

Domain authorithy ini hanyalah satu dari sekian banyak parameter keberhasilan di mesin pencari. Sebagai salah satu faktor, domain authorithy  cukup berpengaruh. Dengan kualitas konten yang sama, sebuah tulisan yang ada di website dengan DA tinggi lebih berpotensi mendapatkan ranking lebih ramping.

Sementara itu, bagi blogger pemburu job, DA ini masih menjadi patokan. Semakin tinggi DA yang dimiliki, kesempatan mendapatkan job semakin besar. Jadi, siapa sih yang enggak mau punya blog atau website dengan DA tinggi?

Cara Mengecek Domain Authorithy

Ada banyak tempat yang bisa didatangi untuk cek DA kamu. Caranya cukup mudah. Masuk ke situs-situs di bawah ini, lalu ketikan nama domain yang ingin kalian cek. 

cara-mengecek-domain-authority
Mengecek DA dengan Moz

1. Moz.com
2. Smallseotools.com/domain-authority-checker
3. Websiteseochecker.com/domain-authority-checker

Cara Meningkatkan Domain Authorithy

Ada banyak cara untuk menaikkan domain authority. Namun, menurut saya ada 5 cara yang paling ampuh untuh meningkatkan domain authority dengan mudah dan cepat. 

1. Buat Konten yang Berkualitas

Dalam dunia blogging katanya Content is King. Oleh karena itu, cara utama untuk memperoleh peringkat yang bagus adalah dengan menyajikan konten yang berbot. Tulisan yang dapat memberi wawasan baru pada pembacanya, syukur-syukur memberi manfaat.

2. Periksa dan Perbaiki Struktur Blog

Ibarat rumah, blog berkualitas adalah blog yang memiliki pondasi yang kuat. Periksa apakah "rumah maya" kita sudah sehat atau belum. Banyak kok situs untuk mengecek "daleman" blog kita. Cari saja di google. 

meningkatkan-da
Mengecek Kesehatan Blog


Nanti, kalau sudah tahu masalahnya apa, perbaiki deh satu-satu. Kalau bingung, tanya Google atau Youtube. Segambreng cara ada di sana. Intinya kita cuma perlu berkelana lebih jauh saja 😅

3. Terapkan SEO On Page 

Ini nih, penting banget. SEO on page ini kalau kata saya adalah hal paling mendasar yang harus dikuasi blogger. SEO on page itu semacam jurus untuk membuat sebuah website atau blog hanya dengan mengandalkan kekuatan dari dalam. Inner beauty-nya yang diasah. Tertarik belajar SEO on page

4. Tingkatkan SEO Off Page

Untuk mendapatkan popularitas, selain mengasah kemampuan internal, blog juga harus mempunyai relasi yang baik. Oleh karena itu, dibutuhkan optimasi SEO off page dengan membangun link building yang baik, terdaftar di listing business maupun Google Bisnisku, brand mention oleh media online, dan ulasan dari situs lain.

5. Berkarib dengan Produk Google

Karena mesin pencarian yang paling banyak digunakan adalah Google, maka jangan lupa bahwa Google punya banyak alat yang dapat digunakan untuk meningkatkan kinerja blog kita di mata pencarian Google. Manfaatkan tiap menu yang ada di Google Analytic dan Google Search Console.

Dulu, saya jarang banget nengok GA dan GSC. Bukannya apa-apa, saya enggak paham apa fungsi tiap-tiap menu yang ada di sana. Beruntung banget di kelas 30 Hari Menaikkan DA ini diajari cara membaca laporan dan memanfaatkan tiap fiturnya.

Belajar Menaikkan DA Bersama Teman

Hal paling berkesan di kelas ini adalah aturan kelasnya yang beda dari kelas pada umumnya. Benar-benar enggak lazim. Asli, parah.😆

Bayangin saja deh, mana ada tugas dari kelas lain jika satu anggota dalam kelompok berbuat kesalahan, maka semua anggota kelompok bakal kena tendangan maut. Ada lagi, peraturan untuk saling memastikannya kawannya menulis sesuai kaidah SEO yang pernah dipaparkan. Kalau tidak bisa memastikan si kawan benar dalam mengolah konten, maka ia dilempar jauh-jauh. Sementara, yang salah mah enggak masalah. Namanya enggak tahu kalau salah, kan ya? Enggak tahu kan enggak dosa. Yang dosa itu kalau kawannya salah malah didiemin. Cuek saja. Enggak mau memberi tahu Nah, ini baru masalah!

Inilah kerennya kelas ini. Kelas ini mengajarkan kesuksesan bersama. Kalau saya berhasil, maka teman saya juga harus berhasil. Kalau saya sudah paham, teman saya juga harus paham. Saya enggak boleh naik kelas sendiri. Kalau mau naik kelas, harus bersedia menggandeng temannya. Keren banget kan prinsipnya?

1. Jihan

Baru ketemu di kelas 30 Hari Menaikkan DA. Namanya Mbak Jihan.  Doi adalah pemilik Jey Jingga. Mbak Jihan suka mengulas buku dan kesehatan mental di blognya. Tidak mengherankan, ia adalah salah satu penyuluh spesialisasi narkoba di wilayah Kementerian Agama. Pekerjaannya membawa ketertarikan pada dunia kesehatan mental, lebih-lebih dia sering berhubungan dengan psikiater dan psikolog. Enggak heran jika tulisan-tulisannya mengenai kesehatan mental sangat berbobot.

pengertian-domain-authorithy
Blog Mbak Jihan


Mbak Jihan memulai kelas ini dengan DA di angka 6 yang melejit menjadi 15 per tanggal 19 Juli 2020. Mbak Jihan ini terbilang udah lama ngeblog. Ia mulai ngeblog sejak tahun 2007, sejak zaman Tumblr ngehits. Namun, ia baru menekuni blog dengan domain TLD sejak 2019.

Awalnya, ia ngeblog murni sekadar iseng. Baginya menulis adalah upaya memberikan kepuasan batin. Ia sama sekali tidak paham istilah da atau pa. Baginya, ngeblog ya nulis doang.

Setahun sejak menggunakan domain TLD dan bergabung dengan squad blogger baru deh sedikit-sedikit paham istilah-istilah blogger. Mbak Jihan mengaku sangat beruntung masuk ke kelas 30 Hari Menaikkan DA ini. Kelas ini tuh bukan sekadar ngasih materi, tetapi memberi pemahaman melalui praktik langsung. Makanya ilmunya nampol, begitu katanya. 

Kawan Suzan mau dutampol juga? #Ehhh😂

2. Rania Fardyani

Wanita hebat di balik Honeymoon Journal. Nama blognya manis, semanis visi pemiliknya. Honeymoon Journal adalah catatan perjalanan Mbak Rania dan keluarga. Mbak Rania berharap bahwa perjalanan "honeymoon" keluarga mereka seperti honey yang manis.

check-da-pa
Blog Mbak Rania


Perjalanan ngeblog Mbak Rania sebenarnya sudah cukup panjang. Ia sudah mulai ngeblog sejak masih sekolah. Waktu itu ia menggunakan nama bekennya sebagai nama blog: ACIL. Blognya bernama Lapsus si Acil. Seiring bertambahnya usia, ia mengganti nama blognya dengan Dunia Rania Kala itu ia masih menggunakan blog platform wordpress.com. 

Katanya, kelas ini keren pisan. Kelas ini pasti membuat emak-emak lebih lama di laptop. Kantong mata sahabat setia. Namun, hasilnya enggak sia-sia. Berangkat dari angka 3 pada tanggal 30 Juni 2020, per tanggal 19 Juli 2020 DA-nya melejit di angka 10. Keren kan? 

Mau Ikutan Belajar?

Pasti setelah baca postingan ini jadi kepengen kan ikut kelasnya? Boleh!  Pantengin saja media sosial para Coach. 

Cuma nih, sekadar bocoran saja. kelas-kelas gratis gelombang berikutnya seleksinya akan lebih ketat. Soalnya, kelas belum dibuka saja udah banyak yang nanya-nanya. Belum lagi, sepertinya para Coach udah lelah ngadepin emak-emak, mereka pengen angin segar. jadi, yang emak-emak melipir dulu ye!😆

Tapi, tenang. Selalu ada jalan menuju Roma. Kalau malas nunggu kelas gratisnya, dalam waktu dekat mereka bakal ngadain kelas SEO on page. Berbayar sih. Cuma, yakin sih kalau enggak bakal rugi. Yang gratis saja begini hasilnya, gimana kalau yang berbayar.

menaikkan-domain-authorithy
Perbandingan Sesudah dan Sebelum Belajar SEO On Page


Ini adalah penampakan laporan blog saya di GSC. Sebulan yang lalu, blog saya masih antara hidup segan, mati pun enggan. Setelah dapet ilmu di sini terutama optimasi SEO on page, lihat hasilnya! bulan lalu, jumlah klik hanya 136. Sementara bulan ini sudah 1240. Padahal belum genap sebulan belajarnya. 😄

Dulu saya mah paling males lihat Google Analytics. Paling angkanya 0 doang, sekarang mah sebiji dua biji ada  lah yang datang,  walau kita enggak sebar link . Jadi, seneng aja ngintipin GA. Kadang juga buat mantau apa yang mau disuguhkan ke pembaca, sok-sokan nengok GA.

Jadi, apa kalian  mau melewatkan kesempatan ini?

kelas-jago-seo-onpage


Susana Devi Anggasari
Hai, saya Susana Devi. Mamak dari Duo Mahajeng, Mahajeng Kirana dan Mahajeng Kanaya. Saya ibu rumah tangga yang nyambi jadi PNS. Untuk menjalin kerja sama, silakan hubungi saya.

Pos Terkait

37 komentar

  1. beruntung banget bisa ikut kelas ini, bisa belajar bareng. biarpun dirumah masing2 tanpa tatap muka tapi kita bisa begadang bareng, belajar bareng. wes lah nano2 pokoknya. tapi hasilnya udah di depan mata ya mbak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mbak Fiona. Bener kita beruntung banget bisa keangkut di sini. Mudah-mudahan seterusnya ilmunya bisa diterapkan ya

      Hapus
  2. sepakat bgt sih sm poin2 di atas mbak, belajr seo memang kaya belajar seni. kudu pelan tp pasti, kudu telaten juga. kl aku naikin DA lebih sering nanam backlink ke web2 besar hihi, diimbangi juga dg konten2 organik :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, siap makasih sharingnya Mbak. Lagi belajar bikin konten organik yang memikat pengunjung nih :)

      Hapus
  3. waah muridnya mas irwin ternyata
    selamat naik kelas ya. semoga ilmunya berkah

    BalasHapus
  4. Kelas yang bikin heboh dunia ini mah...hihi. Dan semua yang udah ikutan DA-nya naik banyak banget. Sy sendiri belum pernah masuk kelasnya, cuma dari pengalaman temen-temen sesama blogger sangat positif sekali. Salut banget ada yang mau bagi-bagi ilmu gratis kayak gini.

    BalasHapus
  5. wah saya sebagai blogger baru tulisan ini makin menguatkan saya untuk belajar lagi tentang SEO niy kak, dan DA ku lumayan loncat 3 point saat pelan-pelan blognya dibenerin, ini lagi berusaha lagi supaya DA-nya makin naik, makin semangat deh, wah belajar tentang naikin DA-nya pengen ikutan niy

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener, Mbak. Wajib mah blogger tahu tentang SEO, meskipun sedikit. Semangaaaat.

      Hapus
  6. kereeen bangeet. blog ini sekarang sudah DA 16

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang keren para mentornya itu Mas. 😁😁

      Hapus
  7. Aku pengen ikutan belajar dong mbak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kepoin akun medsos Mas Irwin, Mbak. 😁😁

      Hapus
  8. Menarik juga ada kelas menaikkan DA. Sepertinya hasilnya langsung berasa yaa yang udah ikutan kelasnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener langsung berasa, Mas. Seperti mendapat pencerahan ☺️☺️

      Hapus
  9. Keren ya bisa melonjak gitu DA-nya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini mah yang keren mentornya, Mas. Beruntung banget bisa keangkut kemarin. ☺️☺️

      Hapus
  10. aku pengen ikutan kelas menaikkan DA ini deh kak, semoga masih ada slot nya buat ikutan ya kak

    BalasHapus
  11. Uwah.. Keren banget mbk, saya baca juga dari blogger-blogger lain yang ikutan kelas ini. Dan sejujurnya saya juga pengen, tapi berbayar, kantong lagi kosong nih... Nungguin isinya balik lagi kayaknya. Intinya kudu mau belajar dan konsisten ya mbk?

    BalasHapus
  12. Mbak, tulisanmu soal blog bener-bener mencerahkan. Banyak-banyakin nulis soal blogging ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha ... insya allah semua pencerahan soal blogging yang didapat dari mana saja akan kubagikan. Biar yang lain juga tercerahkan. hahaha

      Hapus
  13. Wah menarik, saya penasaran sama kelasnya. 😄

    BalasHapus
  14. Wah, seru dan menarik ya kelasnya, apalagi free. 😁
    Beruntung sekali yang bisa ikut kelasnya, karena pesertanya pasti terbatas ya untuk kelas kece yang tak berbayar. 👍
    Makasih sharingnya, mba. 🥰

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget. Untuk kelas gratis, ini bener-bener WOW Mbak. Mudah2an para mentornya diberi banyak keberkahan.

      🥰🥰🥰

      Hapus
  15. Bangga Nok sama kamu. Semangat ya belajarnya

    BalasHapus
  16. Ternyata ngeblog bukan sekadar nulis ya. Kukira sama kaya medsos, tingggal nulis saja 😅😅

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tahu kan kenapa aku sering begadang? 😅😅😅

      Hapus
  17. saya juga lagi belajar SEO ini, di kelas sebelah tapinya, beda coach tapi mereka masih saling kenal kok itu para suhu.
    mulai menerapkan juga SEO itu, sebelumnya sama aja tuh dengan Mbak Jihan dan Mbak Rania, nulis ya nulis aja, ngeblog ya ngeblog aja makin kesini baru sadarlah kalau SEO juga penting sama pentingnya dengan DA/PA. sayangnya ini mau ikutan kelas DA yang free ini auto ditolak deh, hikss :D

    BalasHapus
  18. wah pengin banget ikut kelas ginian. Blog memang harus semakin di renovasi ya...biar makin mantap, tak hanya sekedar nulisa saja.

    BalasHapus
  19. Aku pingin ikutan kelas ini lho padahal. Tapi selalu ditolak. Wkwkwkwk...

    Ya sudah, usaha sendiri saja. 🙈

    BalasHapus
  20. Wah pantesan ya batch 2 DAnya naik cepat karena dipecut dan Coachnya makin tegas gitu, kalau batch 1 mungkin karena baru pertama jadi Coachnya nggan terlalu kuat pecutnya makanya kami sudah sebulan ikut kelas baru pada naik DA secara bertahap. Tapi yah pastinya sangat bersyukur dan menyenangkan sekali ya Mbak bisa keangkut di kelasnya Mas Irwin, dkk :)

    BalasHapus
  21. wah, asyik ya mbak. aku tuh masih bingung dalam mengulik SEO ini. Kemarin-kemarin fokusnyas masih menulis saja, bisa konsisten saja udah syukur tapi kok sayang ya kalo cuma nulis2 doang..sepertinya mo berubah deh ke arah peningkatan kualitas blog. makasih mbak sharingnya.

    BalasHapus
  22. pengen banget ikutan kelasnya mas Pewe yang berbayar 300ribu itu, namun apalah daya kondisi dompet masih belum memungkinkan. Mudahan di bulan september bisa ada lagi ya mba kelasnya

    BalasHapus
  23. Kak bisikin dong kelas gratisnya. Meskipun katanya emak emak disuruh minggir dulu. Aku kadung penasaran. Emak kantongnya banyak lari ke dapur ni. Btw, cara ngecek GA gimana kak?

    BalasHapus
  24. Kereeen, saya ikutin terus postinganas Irwin di FB pengen ikut tapi belum siap mental 🙈🤭

    BalasHapus

Posting Komentar

Sugeng rawuh di susanadevi.com. Silakan tinggalkan jejak di sini. Semua jejak yang mengandung "kotoran" tidak akan ditampilkan ya!

Subscribe Our Newsletter