Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Ampuh Meningkatkan Domain Authority Kurang Dari 1 Bulan

cara-meningkatkan-domain-authority


5 Cara Ampuh Meningkatkan Domain Authority Kurang Dari 1 Bulan—Terhitung sejak tanggal 30 Juni 2020 saya belajar bersama teman-teman di kelas 30 Hari Menaikkan Domain Authorithy Gelombang 2. Kelas ini digawangi Mas Irwin. Bersama Om PeWe, Kang Ilham Sadli, Bang Baim, juga Kak Ria kami digembleng jadi blogger berkelas. 😅

Kuda itu harus dipecut biar larinya kenceng,

Begitu kata Coach irwin. Makanya, jangan pernah coba ikut kelas mereka kalau Kawan Suzan tidak tahan cambukan. Tiap hari ada saja yang bikin jantung berdebar lebih kencang. Tapi suer deh, kelas 30 Hari Menaikkan DA ini memang mantap.

Apa Sih Domain Authority?

Domain authority adalah tolok ukur kekuatan sebuah domain. Besaran domain authority adalah 0-100 dengan kriteria semakin tinggi semakin bagus. Domain authority ini dikembangkan oleh Moz untuk mengukur seberapa kuatnya sebuah domain bersaing di mesin pencarian. Namun, perlu diketahui bahwa domain authorithy bukanlah metrik buatan Google. 

Domain authorithy ini hanyalah satu dari sekian banyak parameter keberhasilan di mesin pencari. Sebagai salah satu faktor, domain authorithy  cukup berpengaruh. Dengan kualitas konten yang sama, sebuah tulisan yang ada di website dengan DA tinggi lebih berpotensi mendapatkan ranking lebih ramping.

Sementara itu, bagi blogger pemburu job, DA ini masih menjadi patokan. Semakin tinggi DA yang dimiliki, kesempatan mendapatkan job semakin besar. Jadi, siapa sih yang enggak mau punya blog atau website dengan DA tinggi?

Cara Mengecek Domain Authorithy

Ada banyak tempat yang bisa didatangi untuk cek DA kamu. Caranya cukup mudah. Masuk ke situs-situs di bawah ini, lalu ketikan nama domain yang ingin kalian cek. 

cara-mengecek-domain-authority
Mengecek DA dengan Moz

1. Moz.com
2. Smallseotools.com/domain-authority-checker
3. Websiteseochecker.com/domain-authority-checker

Cara Meningkatkan Domain Authorithy

Ada banyak cara untuk menaikkan domain authority. Namun, menurut saya ada 5 cara yang paling ampuh untuh meningkatkan domain authority dengan mudah dan cepat. 

1. Buat Konten yang Berkualitas

Dalam dunia blogging katanya Content is King. Oleh karena itu, cara utama untuk memperoleh peringkat yang bagus adalah dengan menyajikan konten yang berbot. Tulisan yang dapat memberi wawasan baru pada pembacanya, syukur-syukur memberi manfaat.

2. Periksa dan Perbaiki Struktur Blog

Ibarat rumah, blog berkualitas adalah blog yang memiliki pondasi yang kuat. Periksa apakah "rumah maya" kita sudah sehat atau belum. Banyak kok situs untuk mengecek "daleman" blog kita. Cari saja di google. 

meningkatkan-da
Mengecek Kesehatan Blog


Nanti, kalau sudah tahu masalahnya apa, perbaiki deh satu-satu. Kalau bingung, tanya Google atau Youtube. Segambreng cara ada di sana. Intinya kita cuma perlu berkelana lebih jauh saja 😅

3. Terapkan SEO On Page 

Ini nih, penting banget. SEO on page ini kalau kata saya adalah hal paling mendasar yang harus dikuasi blogger. SEO on page itu semacam jurus untuk membuat sebuah website atau blog hanya dengan mengandalkan kekuatan dari dalam. Inner beauty-nya yang diasah. Tertarik belajar SEO on page

4. Tingkatkan SEO Off Page

Untuk mendapatkan popularitas, selain mengasah kemampuan internal, blog juga harus mempunyai relasi yang baik. Oleh karena itu, dibutuhkan optimasi SEO off page dengan membangun link building yang baik, terdaftar di listing business maupun Google Bisnisku, brand mention oleh media online, dan ulasan dari situs lain.

5. Berkarib dengan Produk Google

Karena mesin pencarian yang paling banyak digunakan adalah Google, maka jangan lupa bahwa Google punya banyak alat yang dapat digunakan untuk meningkatkan kinerja blog kita di mata pencarian Google. Manfaatkan tiap menu yang ada di Google Analytic dan Google Search Console.

Dulu, saya jarang banget nengok GA dan GSC. Bukannya apa-apa, saya enggak paham apa fungsi tiap-tiap menu yang ada di sana. Beruntung banget di kelas 30 Hari Menaikkan DA ini diajari cara membaca laporan dan memanfaatkan tiap fiturnya.

Belajar Menaikkan DA Bersama Teman

Hal paling berkesan di kelas ini adalah aturan kelasnya yang beda dari kelas pada umumnya. Benar-benar enggak lazim. Asli, parah.😆

Bayangin saja deh, mana ada tugas dari kelas lain jika satu anggota dalam kelompok berbuat kesalahan, maka semua anggota kelompok bakal kena tendangan maut. Ada lagi, peraturan untuk saling memastikannya kawannya menulis sesuai kaidah SEO yang pernah dipaparkan. Kalau tidak bisa memastikan si kawan benar dalam mengolah konten, maka ia dilempar jauh-jauh. Sementara, yang salah mah enggak masalah. Namanya enggak tahu kalau salah, kan ya? Enggak tahu kan enggak dosa. Yang dosa itu kalau kawannya salah malah didiemin. Cuek saja. Enggak mau memberi tahu Nah, ini baru masalah!

Inilah kerennya kelas ini. Kelas ini mengajarkan kesuksesan bersama. Kalau saya berhasil, maka teman saya juga harus berhasil. Kalau saya sudah paham, teman saya juga harus paham. Saya enggak boleh naik kelas sendiri. Kalau mau naik kelas, harus bersedia menggandeng temannya. Keren banget kan prinsipnya?

1. Jihan

Baru ketemu di kelas 30 Hari Menaikkan DA. Namanya Mbak Jihan.  Doi adalah pemilik Jey Jingga. Mbak Jihan suka mengulas buku dan kesehatan mental di blognya. Tidak mengherankan, ia adalah salah satu penyuluh spesialisasi narkoba di wilayah Kementerian Agama. Pekerjaannya membawa ketertarikan pada dunia kesehatan mental, lebih-lebih dia sering berhubungan dengan psikiater dan psikolog. Enggak heran jika tulisan-tulisannya mengenai kesehatan mental sangat berbobot.

pengertian-domain-authorithy
Blog Mbak Jihan


Mbak Jihan memulai kelas ini dengan DA di angka 6 yang melejit menjadi 15 per tanggal 19 Juli 2020. Mbak Jihan ini terbilang udah lama ngeblog. Ia mulai ngeblog sejak tahun 2007, sejak zaman Tumblr ngehits. Namun, ia baru menekuni blog dengan domain TLD sejak 2019.

Awalnya, ia ngeblog murni sekadar iseng. Baginya menulis adalah upaya memberikan kepuasan batin. Ia sama sekali tidak paham istilah da atau pa. Baginya, ngeblog ya nulis doang.

Setahun sejak menggunakan domain TLD dan bergabung dengan squad blogger baru deh sedikit-sedikit paham istilah-istilah blogger. Mbak Jihan mengaku sangat beruntung masuk ke kelas 30 Hari Menaikkan DA ini. Kelas ini tuh bukan sekadar ngasih materi, tetapi memberi pemahaman melalui praktik langsung. Makanya ilmunya nampol, begitu katanya. 

Kawan Suzan mau dutampol juga? #Ehhh😂

2. Rania Fardyani

Wanita hebat di balik Honeymoon Journal. Nama blognya manis, semanis visi pemiliknya. Honeymoon Journal adalah catatan perjalanan Mbak Rania dan keluarga. Mbak Rania berharap bahwa perjalanan "honeymoon" keluarga mereka seperti honey yang manis.

check-da-pa
Blog Mbak Rania


Perjalanan ngeblog Mbak Rania sebenarnya sudah cukup panjang. Ia sudah mulai ngeblog sejak masih sekolah. Waktu itu ia menggunakan nama bekennya sebagai nama blog: ACIL. Blognya bernama Lapsus si Acil. Seiring bertambahnya usia, ia mengganti nama blognya dengan Dunia Rania Kala itu ia masih menggunakan blog platform wordpress.com. 

Katanya, kelas ini keren pisan. Kelas ini pasti membuat emak-emak lebih lama di laptop. Kantong mata sahabat setia. Namun, hasilnya enggak sia-sia. Berangkat dari angka 3 pada tanggal 30 Juni 2020, per tanggal 19 Juli 2020 DA-nya melejit di angka 10. Keren kan? 

Mau Ikutan Belajar?

Pasti setelah baca postingan ini jadi kepengen kan ikut kelasnya? Boleh!  Pantengin saja media sosial para Coach. 

Cuma nih, sekadar bocoran saja. kelas-kelas gratis gelombang berikutnya seleksinya akan lebih ketat. Soalnya, kelas belum dibuka saja udah banyak yang nanya-nanya. Belum lagi, sepertinya para Coach udah lelah ngadepin emak-emak, mereka pengen angin segar. jadi, yang emak-emak melipir dulu ye!😆

Tapi, tenang. Selalu ada jalan menuju Roma. Kalau malas nunggu kelas gratisnya, dalam waktu dekat mereka bakal ngadain kelas SEO on page. Berbayar sih. Cuma, yakin sih kalau enggak bakal rugi. Yang gratis saja begini hasilnya, gimana kalau yang berbayar.

menaikkan-domain-authorithy
Perbandingan Sesudah dan Sebelum Belajar SEO On Page


Ini adalah penampakan laporan blog saya di GSC. Sebulan yang lalu, blog saya masih antara hidup segan, mati pun enggan. Setelah dapet ilmu di sini terutama optimasi SEO on page, lihat hasilnya! bulan lalu, jumlah klik hanya 136. Sementara bulan ini sudah 1240. Padahal belum genap sebulan belajarnya. 😄

Dulu saya mah paling males lihat Google Analytics. Paling angkanya 0 doang, sekarang mah sebiji dua biji ada  lah yang datang,  walau kita enggak sebar link . Jadi, seneng aja ngintipin GA. Kadang juga buat mantau apa yang mau disuguhkan ke pembaca, sok-sokan nengok GA.

Jadi, apa kalian  mau melewatkan kesempatan ini?

kelas-jago-seo-onpage


Susana Devi Anggasari
Susana Devi Anggasari Hai, saya Susana Devi. Mamak dari Duo Mahajeng, Mahajeng Kirana dan Mahajeng Kanaya. Untuk menjalin kerja sama, silakan hubungi saya.