Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jangan Menjadi Blogger: Tidak Ada Cara Menjadi Blogger yang Mudah!

cara-menjadi-blogger

Jangan Menjadi Blogger: Tidak Ada Cara Menjadi Blogger yang Mudah!-Siapa bilang menjadi blogger itu enak? Salah. Menjadi blogger itu enggak enak banget. Namun, jangan salah! Menjadi blogger itu enggak mudah. Benar-benar tidak mudah. Kamu harus berjiwa tangguh dan suka kepo tantangan. 

Kalau Kawan Suzan membaca Cara Mudah Menjadi Blogger Sukses atau Tips Blogger Pemula Mendapat Uang dengan Cepat, jangan percaya! Tidak ada yang instan dengan belajar blog. Paling tidak, sebelum Kawan Suzan menggeluti dunia blogging, kamu harus tahu bahwa belajar ngeblog adalah proses yang panjang dan melelahkan.


Belajar Ngeblog itu Menyita Waktu

Kalau Kawan Suzan memang ingin menjadi blogger dan ingin tahu cara menjadi blogger sukses, Kawan Suzan harus menyiapkan waktu untuk belajar ngeblog. Dan ini, tidak bisa dikuasai hanya dalam sehari atrau dua hari. Kuncinya, semakin sering kamu mendapat masalah ketika ngeblog, semakin banyak hal yang bisa dipelajari. Ya! Paling tidak begitulah cara saya belajar blog. 

Saya pengen deh tampilan blog saya ada menu berdasarkan kategori. Gimana ya caranya!

Aduh, kenapa gambar thumbnail postingan blog saya terpotong. Berapa ya ukuran yang pas biar terlihat bagus dan simetris? 

Nah, ketika menemui masalah-masalah tersebut, mau tidak mau akhirnya kita mencari solusi. Entah bertanya pada teman yang lebih dulu ngeblog atau mengadu pada Paman Google dan Tante Youtube. πŸ˜€

Ketika yang lain tidur, kita sibuk baca ini-itu untuk mempercantik blog. Ketika yang lain bisa ngegosip, kita cari referensi untuk dijadikan tulisan. Kalau ingin menjadi blogger berpenghasilan, kita mesti cari tahu bagaimana cara monetisasi. Intinya, kita harus memanfaatkan waktu luang dan meluangkan waktu untuk belajar.


Belajar Ngeblog bukan Hal yang Mudah

Syarat utama menjadi blogger adalah suka belajar. Belajar ngeblog dari nol itu susah, apalagi jika tidak memiliki "guru". Banyak sekali memang ilmu tentang blogging yang bertebaran. Banyak juga komunitas dan forum yang bisa dimanfaatkan untuk menimba ilmu. 

Ketika belajar blog secara otodidak, kamu harus cerdas memilah informasi. Kemudahan berbagi informasi saat ini juga rentan dengan berbagai informasi yang tidak tepat. Ada banyak mitos yang disebar untuk menjaring para blogger pemula yang menginginkan keberhasilan secara instan. Jika dapat tawaran menggiurkan sukses mengelola blog dalam sekejap, jangan buru-buru percaya. Kroscek dulu dari sumber informasi lain. Paling enggak, kita beruntung hidup di zaman ini. Apapun bisa kita pelajari dengan sekali klik. πŸ˜€

Semua Bisa Menulis (?)

Semua orang bisa menulis, pasti. Semua orang bisa menulis yang disukai pembaca? Bisa saja. Katanya, tulisan bakal menemukan pembacanya sendiri. Semua orang bisa menulis yang disukai Google? Belum tentu.  

Ketika memilih blog sebagai sarana menulis yang (suatu saat) menghasilkan, kita harus berpikir bahwa kita menulis untuk manusia dan juga untuk Google. Menulis untuk manusia lebih mudah dipelajari. Kita bisa mengasahnya melalui media sosial. Mulut netizen kadang menjadi cambuk yang membuat kita belajar banyak hal. Melalui tulisan-tulisan di media sosial kita juga bisa membangun branding. Minimal, membaca gaya tulisan kita akan membuat netizen mengenali kita dan suatu saat berkunjung ke blog kita. Namun, pengunjung dari media sosial bisa dihitung dengan jari. 

Jika kita menginginkan banyak orang berkunjung ke blog kita, maka kita harus belajar membuat tulisan kita disenangi Google.Kawan Suzan mesti mau berkenalan dan belajar SEO. Dengan menerapkan ilmu SEO dengan baik, lambat laun Google akan mengenali blog yang Kawan Suzan punya. Kalau blog sudah sering direkomendasikan Google, percaya deh rezeki bakal datang bertubi-tubi. Bukan hanya adsense yang mengalir deras, tawaran content placement datan terus-menerus. 

Koding Sering Bikin Pening

Blogger harus akrab sama koding, terutama pengguna platform Blogger. Tidak seperti Wordpress yang bisa mengandalkan plugin, pengguna Blogger sedikit banyak harus memahami kode-kode pemrograman untuk mempercantik blognya. Mengedit HTML ternyata tidak mudah. Sangat Tidak mudah untuk awal-awal belajar. Masalahnya, kehapus satu tanda saja, fungsi tak bisa dijalankan. Namun, inilah seninya. 

Berkat rasa kepo yang teramat tinggi, saya akhirnya mau belajar mengedit HTML. Walau masih harus mencari contekan untuk mengedit, rasanya bisa memermak blog dengan usaha sendiri itu memuaskan. Intinya, di mana ada kemauan, pasti ada jalan. 😁


Konsisten Itu Mudah Diucapkan, Sulit Dilakukan

Nah, ini! PR banget buat saya. Kunci untuk untuk menjadi blogger pemula yang sukses adalah konsisten. Konsisten belajar, konsisten menulis, konsisten promosi. Untuk bisa konsisten, perlu niat yaang kuat yang benar-benar menjadi motivasi untuk ngeblog. Semangat ngebloh itu pasang-surut. Dengan nawaitu yang tepat, kita tenta saja mudah kembali ke jalan yang benar. Selain itu, kita mesti mencari lingkaran yang bisa mempengaruhi kita untuk konsisten. 

Menjadi Blogger Berpenghasilan itu Tak Semudah Membalikkan Telapak Tangan

Apakah bisa menghasilkan uang dari menjadi blogger? BISA! Apakah menjadi blogger  bisa menjadi profesi yang menjanjikan? BISA! Banyak kok orang yang serius ngeblog akhirnya meninggalkan pekerjaan demi menjadi full time blogger. Jika saja tidak karena kans yang besar, tidak mungkin akan ada orang senekat itu bukan?

Hanya saja ini TIDAK MUDAH!

Fulus dari Google Adsense Tak selalu Mulus.

Salah satu cara mendapatkan uang dari blog adalah dengan memasang iklan dari Google Adsense. Namun, ternyata mendulang rupiah dari Adsense tak selalu mudah. Bahkan, banyak blogger yang menyerah karena pendaftarannya ke Google Adsense selalu ditolak. Jikapun sudah diterima, penghasilan yang didapat juga tak langsung besar. Makanya, kadang ada blogger yang melepas iklan di blognya karena hasilnya tak kunjung terlihat. 

Selain Adsense, cara mendapatkan uang dari blog adalah melalui content placement atau penulisan artikel sponsor. Namun, memiliki blog saja tidak serta merta membuat blog kita dilirik sponsor. Jika Adsense menuntut kita memiliki pengunjung yang yang banyak, rata-rata sponsor CP menuntut DA yang tinggi. Makanya, Kawan Suzan perlu belajar juga bagaimana meningkatkan Domain Authority.

Penutup

Bagaimana? Ternyata menjadi blogger tidak mudah kan? Masih tertarik menjadi blogger? Kalau Kawan Suzan termasuk orang yang tidak suka tantangan dan malas belajar, menyerah saja. Namun, jika setelah ini Kawan Suzan masih ingin ngeblog, mari kita bergandengan tangan untuk selalu belajar. 

Percayalah! Sekalipun tidak mudah, ada banyak hal positif yang saya dapat dari blog. Jadi, tetap semangat ya!

Salam, 

belajar-ngeblog
Susana Devi Anggasari
Susana Devi Anggasari Hai, saya Susana Devi. Mamak dari Duo Mahajeng, Mahajeng Kirana dan Mahajeng Kanaya. Saya ibu rumah tangga yang nyambi jadi PNS. Untuk menjalin kerja sama, silakan hubungi saya.

10 komentar untuk "Jangan Menjadi Blogger: Tidak Ada Cara Menjadi Blogger yang Mudah!"

  1. Huah ini tamparan banget sii. Aku baru ngeblog dua bulan. Dan benar sekali tidak gampang!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Topi walau tak mudah, bukan berarti tidak bisa ditaklukan. Ayo kita semangat!

      Hapus
  2. Sepertinya ini menggambarkan diri saya sendiri mbak :( hehe, apalagi yang di bagian koding, sering bener nangis karena bingung bahasa pemrograman itu gimana caranya, untunglah terkadang dibantu temen-temen yang lebih paham

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku kalau ngoding modal nekat, Mbak. Penting cadangkan tema dulu. Kalau sewaktu-waktu salah, ya sudah dikembalikan πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
  3. kadang melihat realita antara Google ads dari blog dan youtube itu sungguh jauh ya mba. Aku sekarang sih lagi nikmatin banget proses menulis dalam diri aku sendiri, apalagi ada wadah ODOP ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener, Mbak. Temen saya akhirnya pindah ke YouTube karena nilai ikalnnya lebih besar.

      Kalau saya mah masih cinta sama blog πŸ€­πŸ˜…

      Hapus
  4. Yg paling susah adalah konsistenπŸ˜” tapi mengedit koding juga susah, ternyata menjadi blogger memang susah, tapi saya masih mau mencoba! Terimakasih tulisannya Mbak! ❣️

    BalasHapus
  5. iya, emang gaada kata instan buat sukses dalam segala hal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bahkan mi instan saja perlu diolah πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus

Berlangganan via Email