Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menjadi Blogger Pemula Sukses yang Wajib Kamu Tahu

tips-blogger-pemula


Cara Menjadi Blogger Pemula Sukses yang Wajib Kamu Tahu-Ngeblog ternyata tak hanya sekadar hobi. Aktivitas bersenang-senang ini jika ditekuni bisa menjadi keran rezeki yang aliran airnya deras sekali lho, Kawan!

Ah, tapi aku enggak jago nulis Dev!

Aku gaptek, Dev. Susah pasti!

Aku engggak ada waktu, nih!

Yah, kalau sudah kebanyakan alasan ya enggak usah jadi blogger. Blogger sukses itu hanya khusus orang-orang yang "ampuh" dan tak banyak mengeluh.

Siapa pun Bisa Menjadi Blogger Sukses

Sebenernya, siapa saja bisa kok menjadi blogger sukses. Apalagi, adanya teknologi internet yang memudahkan. Informasi apapun bisa diakses hanya dengan klik.

Prinsip saya sederhana: jika orang lain bisa, mengapa saya tidak? Paling tidak, prinsip ini yang akhirnya mmenjadi cambuk ketika saya mulai lelah.

Memang sih, segala macam permasalahan dunia blogging tersedia dan bisa dijawan oleh Paman Google. Namun, permasalahannya adalah terkadang kita bingung harus mulai dari mana.  Saya pun merasakannya, bertahun-tahun malah, bahkan sampai sekarang.

Bagi Kawan Suzan yang ingin memulai ngeblog dan bingung bagaimana cara memulainya, mungkin pengalaman pemula seperti saya ini bisa menjadi referensi. Konon pengalaman adalah guru terbaik. 


cara-menjadi-blogger-pemula


Tips Memulai Blogging Bagi Pemula

Ketika memulai ngeblog, ada beberapa hal yang sebaiknya dilakukan. Tahap ini tentunya akan sangat membantu langkah selanjutnya. Langkah awal yang tepat akan membuat langkah-langkah berikutnya terasa lebih ringan.

1. Tentukan Tujuan

Seorang blogger wajib punya tujuan. Supaya apa? 

Emh, ngeblog itu adalah hobi yang susah-susah gampang. Ngeblog juga bisa pekerjaan yang gampang-gampang susah. Mau dibuat senang-senang atau serius, perjalanan ngeblog itu naik turun. Jika Kawan Suzan memiliki tujuan yang jelas, maka perjalanan ke depan lebih mudah karena sudah tahu apa yang hendak dituju.

Aku cuma mau seneng-seneng kok, Vi. Daripada ide di kepalaku yang tidak keluarkan bikin aku sakit kepala.

Aku pengen dapet penghasilan tambahan dari blog, Vi.

Aku pengen ngamalin ilmu yang kupunya. Sayang banget kalau kusimpan sendiri, Vi.

Yups! banyak sekali alasan orang ngeblog. Tiap orang punya motif yang berbeda-beda. Motif inilah yang akan menjadi penyemangat ketika aktivitas ngeblog mulai dirasa menjemukan. 

2. Tentukan Platform

Banyak sekali platform yang tersedia untuk menjalankan aktivitas blogging. kawan suzan bisa memilih yang gratis ataupun yang berbayar. Mau yang mudah dan enggak ribet atau bisa di kustomisasi sepuasnya. Semua tergantung selera dan niat awal ngeblog. 

Untuk sekadar senang-senang, Kawan bisa memilih platform gratisan seperti blogger, wordpres.com, tumbr, medium, atau kompasiana. Namun, jika mau lebih serius bisa menggunakan blogger atau wordpress.com dengan TLD. Bahkan, bisa pula memilih wordpress.org yang sangat mungkin mau kustomisasi sesuka Kawan Suzan.

Masing-masing platform tentunya mempunyai kelebihan dan kekurangan. Sesuaikan saja dengan kebutuhan yang ada.

3. Tentukan Nama

Nama blog atau biasa dikenal dengan domain ibarat nama kita. Maka, hati-hati ketika memilih nama blog, terlebih jika menggunakan TLD.

Kalau saya bilang, memilih nama domain ibarat memilih jodoh. Harus dipikir matang-matang, jangan sampai menyesal. Sayang sekali jika kita sudah ngeblog sekian lama terpaksa harus ganti domain karena ada beberapa alasan yang tidak pas dengan nama yang dipilih. 

Setiap blogger membangun branding-nya melalui nama domain yang melekat di blog-nya. Pilih ekstensi domain yang umum dan populer seperti .com, .co.id, atau .net. Hal ini untuk mempermudah saya sih sebenernya. Mau beli domain .com murah? DomaiNesia saja!

4. Siap Menulis

Aktivitas blogging tidak jauh-jauh dengan menulis. Maka, sejak Kawan Suzan mempunyai niat untuk ngeblog, kamu harus  menyediakan waktu, tenaga, dan pikiran untuk menulis. 

Bisa dimulai dengan satu bulan satu tulisan, atau satu minggu satu tulisan, syukur-syukur satu hari satu tulisan.

5. Mau Belajar Lebih

Aktivitas blogging itu bukan sekadar menulis saja, terlebih jika Kawan Suzan mau menjadi blogger sukses. Salah satunya kesuksesan seorang blogger adalah dengan mudahnya mencari uang dari blognya. Namun, untuk menjadi blogger sukses kamu harus siap memperlajari banyak hal. 

a. Infografis

Artikel tanpa infografis ibarat sayur tanpa penyedap rasa. Bisa dimakan, tapi enggak nagih.

Makanya, seorang blogger tuh wajib paham infografis dan cara membuatnya. Biasannya nih, tulisan-tulisan pemenang lomba blog bukan kontes SEO tuh pasti dilengkapi infografis yang keren-keren.

b. Video

Saat ini, video menjadi salah satu nilai tambah untuk sebuah tulisan di blog. Konon, artikel yang di dalamnya dilengkapi video itu lebih SEO Friendly. 

Seorang teman mengatakan begini, bikin tulisan saja mah gampang, melengkapi dengan hal-hal lain di luar itu yang kadang memakan waktu. Salah satunya ya membuat video ini. 

Untung saja sekarang zaman serba canggih. Ada banyak aplikasi pengedit video yang bisa dimanfaatkan. Mau belajar bikin video? Download saja software edit video terbaik 2020. Banyak kok. Coba-coba saja dan cari yang paling nyaman buat kamu.

c. Kode HTML

Nah, ini. Makanan wajib para blogger. Kalau kamu berniat ngeblog, kamu mesti belajar kode HTML. Banyak sih sekarang penyedia jasa mempercantik blog. Namun, jika kamu mau mempelajarinya, maka sedikit banyak akan akan memahami pola kerja blog. Kamu juga tidak perlu merogeh kocek sering-sering karena dapat mengatasi masalah yang (mungkin) muncul nantinya.

d. SEO

Pengen tulisan dibaca banyak orang? Pengen blog ramai pengunjung? Berkariblah dengan SEO (Search Engine Optimization). 

Kawan Suzan tak perlu repot-repot membagikan link ke media sosial untuk mendapat pengunjung. Denngan SEO yang baik, Google akan membawa pengunjung menemukan blog kamu. 

6. Konsisten

Nah, ini paling susah. Biasanya blogger pemula itu semangatnya menggebu-gebu di awal ngeblog. Semakin hari semakin menurun, apalagi jika blognya tak kunjung menunjukan perkembangan. 



Inilah pentingnya menata niat di awal ngeblog. Blogging itu tak semudah membalikkan telapak tangan, Nyi Sanak! Nikmati setiap prosesnya. Intinya, harus bahagia dulu sama aktivitasnya kalau mau sukses.

7. Manfaatkan Forum dan Komunitas

Blogger pemula wajib bergabung dengan komunitas. Komunitas blogger sangat penting karena blogger pemula dapat belajar banyak hal dari para senior yang biasanya senang berbagi ilmu. Banyak kok komunitas-komunitas blogger yang ada di media sosial. 

Kawan juga bisa aktif di forum-forum blog yang banyak mendiskusikan permasalahan seputar blog. Perbincangan bergizi ini langsung atau tidak langsung akan nambah pengetahuan.

Ingat, ngeblog tanpa ilmu itu melelahkan Kawan!

8. Jangan COPAS!

Seorang blogger yang memulai aktivitasnya dari menulis pasti paham bagaimana haramnya menjiplak tulisan. Namun, tak semua blogger berawal dari orang yang hobi menulis. 

Banyak juga blogger yang memulai aktivitas ngeblog karena tah gurihnya pendapat dari blog. Mereka tahu cara mendapatkan uang dari blog tapi mereka tidak mau susah-susah menulis. Alhasil, copas menjadi senjata andalan. 

Sebagai blogger, sejak awal terjun kita harus memegang prinsip untuk menjadi blooger anti-copas. Percayalah, tulisan akan menemukan pembacanya sendiri seperti kamu yang menemukan saya. 

9. Maksimalkan Media Sosial

Media Sosial dan blogger itu tidak bisa dipisahkan. Selain sebagai ajang promosi tulisan, media sosial juga dapat menjadi ajang penghasilan. Makanya, hati-hati dalam menggunakan media sosial. Harus bijak. Jangan lupa, bangun branding yang baik. 

10. Aksi

Jangan jadi blogger yang banyak omong tapi sedikit berbuat. Jangan jadi blogger yang banyak belajar, tapi minim praktik. Cara ampuh sukses ngeblog bagi blogger pemula adalah bertindak

Ketika melakukan aktivitas blogging, Kawan Suzan akan menghadapi banyak masalah. Masalah-masalah inilah yang nantinya akan menempa Kawan Suzan naik kelas menjadi blogger berkelas.


Bagaimana?

Jika sudah menemukan ritme yang sesuai, ngeblog bisa menjadi hal yang menyenangkan. Lebih-lebih kalau sudah menghasilkan uang. 😂

Kalau Kawan Suzan punya tips lain seputar blogging untuk blogger pemula, bisa di-share di kolom komentar ya!

Susana Devi Anggasari
Susana Devi Anggasari Hai, saya Susana Devi. Mamak dari Duo Mahajeng, Mahajeng Kirana dan Mahajeng Kanaya. Saya ibu rumah tangga yang nyambi jadi PNS. Untuk menjalin kerja sama, silakan hubungi saya.

Posting Komentar untuk "Cara Menjadi Blogger Pemula Sukses yang Wajib Kamu Tahu"

Berlangganan via Email