Blogger Wajib Paham Infografis dan cara Membuatnya

infografis-adalah

Belajar Cara Membuat Infografis dengan Aplikasi Infografis Online Gratis—Minggu terakhir di kelas 30 Hari Menaikkan DA. Seneng sih, dari mulai start di angka 7 sudah melejit menjadi 19 per tanggal 28 Juli kemarin. Sedihnya, pasti bakal kangen sama teror tugas yang diberikan para Coach. Beneran deh, walau kadang sadis, tugas dari mereka itu ngangeni.😅

Sebelum kelas usai, ada materi bagus yang sayang kalau tidak dibagikan kepada Kawan Suzan sekalian. Materi tentang infografis yang diberikan Coach Ria Kurniasih.  Jadi, blogger yang mau naik kelas wajib hukumnya belajar membuat infografis.

Apa Itu Infografis

Infografis berasal dari dua kata, yaitu informasi dan grafis. Infografis adalah penyajian informasi melalui gambar. Data-data yang biasanya digunakan untuk mendukung tulisan atau laporan dapat dibuat dengan visual yang menarik dan memudahkan pembaca untuk memahami informasi yang disajikan.

Infografis diharapkan mampu menyajikan kumpulan data yang rumit menjadi lebih mudah dipahami. Teks digunakan secara minimal dan gambar atau diagram dioptimalkan untuk menyajikan data.

Contoh Infografis

Saat ini banyak sekali media yang membuat infografis untuk menyajikan data.  Saya senang sekali melihat Indonesia Baik, Kata Data, Tirto atau media-media lain. Dari sana, kita dapat mempelajari bagaimana infografis yang menarik dan mudah dipahami.

contoh-infografis-pendidikan
Sumber: Indonesia Baik

contoh-infografis-tirto
Sumber: Tirto.id

Manfaat Infografis

Menurut penelitian, orang lebih suka melihat gambar dibanding tulisan. Bahkan konon, situs-situs yang menampilkan infografis memiliki trafik 12% lebih banyak. Hal ini dikarenakan dengan memindai bidang yang luasnya tak seberapa, pembaca sudah mendapat informasi yang lengkap. 

Berikut ini adalah alasan mengapa menggunakan inforgrafis menjadi penting.

  • Informasi Rumit Menjadi Mudah Dipahami

Pernah membaca laporan pengunjung blog di Google Analytic? Lebih mudah mana membaca data yang ada dalam diagram atau tabel?

Tepat. Membaca data dalam bentuk diagram lebih mudah dibanding membaca dalam bentuk tabel, apalagi tulisan-tulisan berparagraf-paragraf. Dengan bantuan grafis, pembaca jadi memiliki bayangan visual akan data/ informasi yang disajikan.

Membaca data pengunjung harian pada Google Analytic misalnya, dengan sekali pindai kita akan bisa mengetahui kapan waktu paling banyak blog atau situs kita mendapat kunjunga hanya dengan melihat puncak tertinggi pada diagram. Lain halnya jika kita melihat angka-angka di tabel. Kita membutuhkan waktu lebih lama untuk mengurai informasi yang disajikan.

  • Informasi Rumit Menjadi Menarik untuk Dilihat

Tidak semua orang betah membaca tulisan berlebar-lembar. Infografis dapat membuat data dalam tulisan ribuan kata menjadi lebih singkat dan lebih indah untuk dilihat. Dengan berbagi pilihan bentuk dan warna, informasi dapat dihadirkan dengan lebih menarik.

Jika sudah membuat tertarik, tentunya pembaca akan lebih menyenangi data yang disajikan. Akhirnya, pembaca lebih mudah memahami isi dari infografis.

  • Tulisan Lebih Terpercaya

Tulisan yang dilengkapi infografis dipandang lebih kredibel. Penulis bukan hanya menampilkan tulisan, tetapi juga melengkapinya dengan data pendukung.
cara-membuat-infografis

Cara Membuat Infografis

Dalam membuat infografis, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Infografis bukan sekadar gambar untuk mempermanis tampilan blog. Infografis memiliki peran memudahkan pembaca memperoleh informasi atau data.
  • Tentukkan Topik
Langkah pertama dalam membuat infografis adalah menentukan tema/ topik bahasanan. Topik ini menjadi sangat penting untuk mengerucutkan data pokok yang akan ditampilkan dalam infografis. 
  • Kumpulkan Data/ Referensi
Setelah berhasil mendapatkan topik, langkah selanjutnya adalah mencarai berbagai data untuk menunjang topik yang dibahas. Carilah data selengkap-lengkapnya untuk menyajikan infografis yang berkualitas. Pastikan data yang diperoleh bersumber dari tempat yang bisa dipercaya. 
  • Tentukan Target Pembaca
Menentukan target pembaca sebelum membuat infografis menentukan pilihan bentuk, corak, dan warna infografis yang akan ditampilkan. Penentuan target pembaca dengan tepat sangat berpengaruh pada pemilihan teknis seputar pembuatan infografis termasukan dalam media penyebarannya. 
  • Merancang Grid Layout
Rancangan grid layout sangat dibutuhkan untuk menentukan keterbacaan konten. Pada tahap ini kamu harus bisa menempatkan informasi dan unsur penunjang lainnya dengan baik agar bisa sling mendukung. Infografis yang baik bukan hanya infografis yang baik dipandang mata, tetapi mampu memberikan informasi secara tepat.
  • Tentukan Alat yang Tepat untuk Membuat Infografik
Saat ini, kalian tidak harus mempunyai keahlian khusus untuk membuat infografis yang keren. Tak perlu bakat seni atau desain. Banyak sekali alat yang bisa kalian manfaatkan untuk membuat infografis.

Kawan Suzan dapat memanfaatkan template-template infografis di powerpoint atau membuat infografis menggunakan situs atau aplikasi yang dapat dikmati secara gratis. Semua tergantung selera dan kemudahan untuk mengoperasikannya.
  • Gunakan Aplikasi Pendukung untuk Menyeimbangkan Warna
Salah satu hal yang penting dalam infografis adalah perpaduan warna yang pas. Gunakan situs atau aplikasi pendukung yang membantu kalian menemukan proporsi warna yang tepat untuk warna kalian. kalian dapat menggunakan situs Color Hunt, Coolors.Co atau situs color generator lainnya.


Website untuk Membuat Infografis Gratis

1. Canva

Siapa sih yang tidak kenal Canva? Situs sekaligus aplikasi paling merakyat yang hampir semua orang sudah kenal.
aplikasi-infografis

Canva adalah salah satu andalan saya dalam memenuhi kebutuhan dasar yang berkaitan dengan desain grafis. Selain karena gratis, template yang beragam dan ramah pengguna menjadi daya tarik tersendiri. Canva juga tersedia dalam bentuk aplikasi android. 

2. Venngage

template-infografis

Situs ini mirip dengan Canva. Kamu bisa mengedit infografis dengan memanfaatkan berbagai template yang disediakan. Pilihan template infografis yang ada beragam dan lengkap. Sayangnya, tidak semua template gratis digunakan. Namun, tenang. beberapa pilihan gratisnya sudah cukup kok untuk bisa kamu jadikan pilihan.


3. Piktochart 

desain-infografis

Ada banyak pilihan template yang dapat digunakan untuk membantu Kawan Suzan membuat infografis yang menarik. Semua dapat dinikmati dengan gratis. Tak puas dengan template gratisnya? Kalian dapat mengaktifkan layanan pro-nya.

4. Visme

infografis-template

Situs online yang dapat digunakan untuk membuat presentasi, animasi, mock-ups, banners, dan tentu saja infografis. Ada banyak sekali template yang bisa kamu pakai dengan gratis. 


5. Infogram

cara-membuat-infografis-di-laptop

Jika kalian suka dengan infografis yang sederhana, kalian bisa menggunakan infogram. Pilihan infografis di sini tidak terlalu rame dan paling simpel dibanding yang lain. 


Penutup

Bagaimana, tertarik melengkapi artikel kalian dengan infografis? Berung saat ini kita hidup di era semua bisa dikerjakan dengan alat. Kawan Suzan tinggal memilih mana alat yang paling nyaman untuk digunakan.
Susana Devi Anggasari
Hai, saya Susana Devi. Mamak dari Duo Mahajeng, Mahajeng Kirana dan Mahajeng Kanaya. Saya ibu rumah tangga yang nyambi jadi PNS. Untuk menjalin kerja sama, silakan hubungi saya.

Pos Terkait

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter