Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jadi PNS? Iya atau Enggak Ya?

mitos pns

Konon PNS merupakan kriteria menantu idaman para orang tua. Banyak calon mertua memandang pekerjaan ini lebih menjanjikan dan membuat kehidupan anaknya lebih terjamin dibanding pekerjaan swasta atau wirasaha usaha. Mengapa bisa begitu?

Emh, kebanyakan orang menganggap bahwa PNS merupakan pekerjaan yang aman, baik secara finansial maupun posisi. Benarkah begitu?

Mitos PNS

Nah, buat Kawan Suzan yang berniat menjadi PNS, alangkah baiknya Kawan Suzan lebih mengenal profesi ini terlebih dahulu. Ternyata banyak sekali mitos mengenai pekerjaan ini. Jangan sampai menyesal setelah terlanjur nyemplung!

1. Gaji PNS Gede

Siapa bilang gaji PNS gede? Gaji PNS itu enggak besar, Kawan! Kalau sudah ditambah tunjangan profesi, lumayanlah ya. Cuma... kalau dibilang gede, enggak gede-gede amat. Dibanding karyawan pabrik dengan tambahan uang lembur, gaji pokok PNS golongan III.a justru kalah di bawahnya. 

Pernah di awal-awal jadi CPNS, seorang teman mengeluhkan bahwa ternyata gaji yang ia dapat sangat jauh dibanding gaji di tempat ia bekerja dulu. Ia harus putar otak bagaimana caranya gaji CPNS yang hanya 80% dari gaji pokok PNS itu cukup untuk bertahan satu bulan. Pas saya tanya, emang dulu dia tidak tahu berapa gaji PNS? Dia jawab tidak. Ia mendaftar CPNS karena tahu orang tuanya akan bangga jika dia jadi PNS. Dan, saya yakin banyak orang yang seperti teman saya itu. Makanya, saya tidak Kawan Suzan bernasib sama seperti teman saya. Jangan berharap ketika awal-awal menjadi PNS sudah mendapat gaji yang besar. 

2. PNS Tidak Bikin Kaya

Mau jadi kaya dengan jadi PNS? Buang jauh-jauh keinginan untuk jadi PNS! Kalau niat kamu ingin hidup serba mewah dan wah, jangan jadi PNS! Walau gaji PNS sudah semakin baik dibanding tahun-tahun sebelumnya, tapi mengandalkan gaji saja tidak akan membuat hidup PNS serba nyaman. Cukup sih kalau hanya untuk memenuhi kebutuhan pokok. Tapi, enggak akan cukup sih kalau untuk membayar gengsi. 😂

Ya memang, menjadi PNS itu paling gampang kalau mau dapat duit (red: pinjaman bank). Cuman, jangan sampai deh termasuk yang seperti itu. Bukannya apa-apa, gaji yang enggak seberapa itu jika sudah dipotong angsuran bank, dijamin deh enggak akan cukup untuk memenuhi kebutuhan bulanan. Kecuali, Kawan Suzan punya kran-kran penghasilan lain.

3. Tidak Mungkin Dipecat

Siapa bilang? PNS bisa kok diberhentikan baik dengan hormat ataupun tidak hormat. Dalam PP Nomor 94 Tahun 2021 diatur  tentang Disiplin Pegawai  Negeri Sipil, yaitu apa-apa saja yang harus dan tidak boleh dilakukan oleh seorang pegawai negeri sipil. Bahkan, PNS seharusnya mendapat teguran lisan  apabila tidak masuk kerja tanpa alasan sah  secara kumulatif selama 3 hari kerja (saja)  dalam 1 (satu) tahun. Sayangnya, birokrasi dan prosedur pemecatan PNS itu ribet. Makanya, tidak jarang pegawai-pegawai yang mangkir dari tugas pokoknya akhirnya dibiarkan begitu saja. 

Tapi eh tapi, enggak semua atasan malas ribet kok. Masih banyak atasan kerja yang memiliki idealisme terhadap hukum disiplin pegawai negeri sipil. Walau belum optimal, sepertinya Pemerintah mulai memperhatikan kinerja PNS sih. Pelaksanaan peraturan semakin diperketat. Ya ... kalau Kawan Suzan  niatnya jadi PNS biar bisa kerja santai, ya enggak sepenuhnya benar.

4. Mau Jadi PNS Harus Kuat Modal

pns-bersih

Banyak yang masih beranggapan bahwa untuk menjadi PNS harus mempunyai "orang dalam" dan membayar sejumlah uang. Mungkin, dulu itu lazim itu terjadi. Namun, dengan penggunaan sistem CAT dalam seleksi penerimaan CPNS, saya rasa hal tersebut tidak lagi mungkin bisa terjadi. Saya pernah menceritakan kisah sukses CPNS di blog ini. Susah lah mau diakali kaya apa, lha wong kita (peserta tes) ngerjain soal, orang lain di luar sana bisa melihat perolehan skor kita. Jadi, kalau kamu niat untuk jadi PNS dan ada orang yang nawari kamu dengan catatan kamu harus membayar sejumlah uang, JANGAN PERCAYA! 

5. Mudah Naik Jabatan

Bekerja di lingkungan Pemerintah tidak lantas membuat kamu mudah naik jabatan. Ada prosedur teknis yang harus dipenuhi seorang PNS untuk bisa naik jabatan. Karena posisinya yang cenderung nyaman dan aman, seorang PNS rata-rata tidak terlalu ngoyo untuk mengejar kenaikan jabatan. Oleh karena itu, persaingan kerja di lingkungan PNS lebih santai dibanding persaingan kerja di perusahaan swasta.

Kenapa Banyak yang Mau Jadi PNS?

Melihat fakta tentang mitos PNS, kalian tentunya mulai gamang kan. Nah, saya beri pertimbangan lain mengapa kalian harus menjadi PNS. Biar kalian semakin bingung ngambil keputusan. 😅

1. Penghasilan Tetap

Jika Kawan Suzan termasuk orang yang butuh kestabilan ekonomi, PNS bisa menjadi profesi yang bisa dipertimbangkan. Pasalnya, walaupun besarannya tidak banyak, tetapi jumlah tetap. Berbeda dengan karyawan swasta atau pengusaha yang penghasilannya tergantung dengan kondisi perekonomian dan performa kerja.

2. Berbagai Tunjangan

Selain gaji pokok, PNS juga akan mendapat tunjangan profesi dan tunjangan kinerja. Tentunya setelah memenuhi syarat dan kriteria tertentu. Justru kadang, di beberapa formasi tunjangan ini nilaianya lebih besar dibanding gaji pokok sendiri.

3. Status Sosial

pns-mantu-idaman

Terlepas dari besarannya gaji, profesi ini memiliki strata sosial yang tinggi di lingkungan masyarakat. Apalagi, masyarakat yang hidup di pedesaan. Orang tua akan lebih bangga jika anaknya menjadi seorang PNS yang gajinya hanya jutaan dibanding anaknya menjadi pedagang online yang omzetnya sudah puluhan juta. 

5. Kepastian Jam Kerja

Salah satu mengapa pekerjaan ini pantas untuk dipertimbangkan adalah adanya kepastian jam kerja. Umumnya, jam kerja tergantung jam dan hari operasional instansi. Jadi, Kawan Suzan masih punya banyak waktu untuk keluarga atau bahkan menjalankan usaha sampingan. 

6. Jenjang Karier yang Jelas

Dalam sistem kepegawaian PNS dikenal pangkat, golongan, dan jabatan. Setiap PNS paham betul bahwa kenaikan pangkat, golongan, dan jabatan akan berimbas pada besarnya gaji dan tunjangan yang diterima. 

7. Kemudahan Melanjutkan Pendidikan

Tidak seperti bekerja di sektor swasta, instansi pemerintah justru sangat mendorong pegawainya untuk meningkatkan kompetensi pendidikannya. PNS memiliki hak untuk izin atau cuti belajar. Bahkan, ada beragam beasiswa pendidikan yang bisa dinikmati untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

8. Jaminan Hari Tua

Pensiun, ini merupakan salah satu faktor pemikat kenapa banyak orang tertarik menjadi PNS. Sudah tidak kerja, tapi masih menerima bayaran. 😅 Pemerintah akan tetap memberikan gaji bulanan untuk pensiunan PNS yang sudah tidak berkerja. Selain itu, keluarga tertanggung juga mendapat santunan bulanan apabila ternyata PNS yang bersangkutan telah meninggal dunia. .

9. Kesempatan Jalan-Jalan Gratis

Ada perjalanan dinas yang semua biayanya ditanggung negara. Walau tidak semua PNS bisa merasakan ini. Namun, kesempatan itu tetap ada. Saya termasuk orang yang bercita-cita ingin keliling Indonesia tapi dibiayai negara, syukur-syukur dapat uang saku juga. 😅

Penutup

Nah, gimana Kawan Suzan? Sudah  saya sampaikan mitos-mitos tentang pekerjaan ini termasuk keuntungan ketika menjadi PNS. Tentu semua pekerjaan ada kurang dan lebihnya. Yang penting, sebelum terjun dan mendaftar CPNS, kalian sudah punya bayangan tentang apa dan bagaimana pekerjaan ini. Jangan sampai setelah kita keterima menjadi CPNS, kita justru nyesel dan tidak menampilkan performa kerja terbaik yang kita punya. Sementara, di satu sisi banyak yang menginginkan posisi pekerjaan kita. Kan enggak bersyukur namanya!

Salam, 




Susana Devi Anggasari
Susana Devi Anggasari Hai, saya Susana Devi. Mamak dari Duo Mahajeng, Mahajeng Kirana dan Mahajeng Kanaya. Untuk menjalin kerja sama, silakan hubungi saya.