Gaji PNS Berdasarkan Golongan dan Pangkat

gaji-pns-berdasarkan-pangkat-golongan

Kamu mah enak, udah jadi PNS!
Sering banget aku denger temen-temenku nyeletuk gitu. Padahal, kalau kalian tahu, gaji pokok PNS itu enggak banyak. Apalagi PNS anyaran macam Mamak Mahajeng ini. Dibanding sama teman-teman yang memiliki usaha, gaji pokok PNS golongan IIIa tuh aslinya enggak ada apa-apanya.  
Nah, buat  Kawan Suzan terutama yang lagi daftar CPNS atau minat jadi PNS, kalian wajib tahu berapa sih gaji pokok PNS itu. Jangan sampai setelah kalian keterima jadi abdi negara dan tahu gajinya, kalian nyesel udah resign dari kantor kalian.

Daftar Gaji PNS Menurut Golongan

Gaji pokok PNS tuh tidak sama, tergantung golongan dan masa kerjanya. Saat ini, patokan gaji PNS Tahun 2020 adalah PP Nomor 15 Tahun 2019. Berikut ini adalah besaran gaji pokok PNS terbaru berdasarkan golongannya.

Gaji PNS Golongan I

Golongan ini adalah golongan terendah dalam sistem kepegawaian sipil.  Golongan I adalah PNS yang memulai kariernya dengan ijazah SD-SMP. Golongan I ini mempunyai empat tingkatan ruang dan pangkat. Pakat untuk golongan I ruang a adalah Juru Muda, golongan I ruang b adalah Juru Muda Tingkat I, golongan I ruang c adalah Juru, dan golongan I ruang d adalah Juru Tingkat I. Berikut besaran gaji pokok PNS Golongan I berdasarkan tingkatan ruang dan masa nya.
gaji-pns-golonga-1a-1b-1c-1d
Gaji PNS Golongan I

Gaji PNS Golongan II

Golongan ini adalah golongan PNS yang diisi oleh pegawai yang memulai kariernya dengan kualifikasi pendidikan minimal SLTA atau sederajat. Golongan II juga mempunyai empat tingkatan ruang dan pangkat. Pangkat untuk golongan II ruang a adalah Pengatur Muda, golongan II ruang b adalah Pengatur Muda Tingkat I, golongan II ruang c adalah Pengatur, dan golongan II ruang d adalah Pengatur Tingkat I. Berikut besaran gaji pokok PNS Golongan II berdasarkan tingkatan ruang dan masa kerjanya.
gaji-pns-golongan-IIa-IIb-IIc-IId
Gaji PNS Golongan II

Gaji PNS Golongan III

PNS yang memulai kariernya dengan kualifikasi pendidikan minimal D4 atau setara S-1 masuk dalam golongan III. Golongan III juga mempunyai empat tingkatan ruang dan pangkat. Pangkat untuk golongan III ruang a adalah Penata Muda, golongan III ruang b adalah Penata Muda Tingkat I, golongan III ruang c adalah Penata, dan golongan III ruang d adalah Penata Tingkat I. Berikut besaran gaji pokok PNS Golongan IIIa- IIId berdasarkan masa kerjanya.
gaji-pns-golongan-IIIa-IIIb-IIIc-IIId
Gaji PNS Golongan III

Gaji PNS Golongan IV

Golongan ini adalah golongan tertinggi bagi pegawai negeri sipil. Berbeda dengan golongan sebelumnya, golongan IV mempunyai lima tingkatan ruang dan pangkat. Pangkat untuk golongan IV ruang a adalah Pembina, golongan IV ruang b adalah Pembina Tingkat I, golongan IV ruang c adalah Pembina Muda, golongan IV ruang d adalah Pembina Madya, dan golongan IV ruang e adalah Pembina Utama. Berapa sih gaji PNS golongan IV? Berikut rinciannya.
gaji-pns-golongan-iva-ib-ivc-ivd-ive

Gaji PNS Golongan IV


Kepangkatan dalam PNS

Dalam kepegawaian sipil, ada jenjang karier yang jelas. Bukan berarti PNS yang memulai kariernya dari golongan dan ruang IIa akan selamanya berada di golongan dan ruang itu saja. Negara memberi penghargaan terhadap pegawai negeri sipil berdasarkan prestasi dan masa pengabdiannya. Setiap pegawai dinilai kinerjanya oleh atasan langsung atau pihak yang berwenang. Penilaian kinerja ini menjadi dasar untuk kenaikan pangkat ke tingkat yang lebih tinggi. Selain itu, jika Kawan Suzan mencermati tabel gaji PNS di atas, ada kenaikan gaji secara otomatis setiap dua tahun masa kerja, tentu saja dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Bagaimana?

Setelah mengetahui tabel daftar gaji pegawai negeri sipil, masihkah berminat jadi PNS? Kalau melihat besaran gaji pokoknya, gaji PNS itu eggak besar. Gaji awal PNS dengan kualifikasi pendidikan S-1 saja hanya Rp2.579.400 di bawah UMK Kota Semarang yang saat ini yang sudah mencapai Rp2.715.000. Jadi, pertimbangkan baik-baik kalau Kawan Suzan memang mau jadi PNS ya!
Nah, kalau Kawan Suzan sudah mantap pengen jadi PNS jangan lupa simak kiat sukses CPNS ala Mamak Mahajeng ya!

Susana Devi Anggasari
Hai, saya Susana Devi. Mamak dari Duo Mahajeng, Mahajeng Kirana dan Mahajeng Kanaya. Saya ibu rumah tangga yang nyambi jadi PNS. Untuk menjalin kerja sama, silakan hubungi saya.

Pos Terkait

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter