Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menjaga Kesehatan Mata Ketika Tak Bisa Lepas dari Gadget

eyevit

Menjaga Kesehatan Mata–Kesehatan mata itu penting sekali. Tanpa mata yang sehat, banyak aktivitas terganggu. Ini kerasa banget setelah saya akhirnya harus menggunakan kacamata. Tanpa kacamata, saya tidak terlalu jelas melihat tulisan. Jelas ini mengganggu sekali. Apalagi, jika saya terpaksa harus membaca tulisan yang kecil dan tidak jelas sementara saya lupa menaruh kacamata. Kalau sudah begini, biasanya cuma bisa uring-uringan.😂

Mata Sehat Mendukung Aktivitas Hebat

Menjadi ibu yang nyambi jadi buruh negara sekaligus sok-sokan pengen jadi blogger benar-benar menuntut mata sehat. Agar tugas negara sebagai ibu rumah tangga tidak terbengkalai, maka begadang menjadi satu-satunya pilihan yang mungkin dilakukan. Setiap malam, urusan rumah sebisa mungkin sudah dicicil agar tidak terlalu berat dikerjakan pagi hari. 

Menjadi guru, terlebih guru di masa pendemi seperti ini sungguh berat. Sejak 16 Maret 2020 sekolah tidak diperbolehkan mengadakan tatap muka. Semua serba daring, serba online. Bukan hanya administrasi yang membutuhkan pengoperasian komputer, tetapi dimulai dari rencana, proses, hingga evaluasi pembelajaran murni secara daring. Otomatis, mata lebih sering menatap layar monitor dan ponsel. 

Ngeblog ternyata bukan perkara sekadar menulis di blog. Ada banyak sekali ilmu yang harus dipelajari. Saya mulai belajar ngeblog dengan serius sejak April 2020. Bermula dari perkenalan saya dengan SEO Moms. Selesai SEO Moms, semesta menjerumuskan saya kembali di Kelas 30 Hari DA Naik. Ini adalah dua kelas yang mengubah cara pandang saya tentang ngeblog. Dua kelas ini pula yang membuat saya lebih sering begadang. 😂

menjaga kesehatan mata

Menjalani 3 peran ini sekaligus membuat saya harus pandai mengatur waktu dan tentunya menjaga kesehatan mata. Sebisa mungkin saya harus bisa memanfaatkan waktu luang. Saya juga harus memastikan bahwa mata saya bekerja sesuai dengan takarannya. Jangan sampai ia terpaksa kerja rodi. Karena saya yakin, jika saya memaksanya bekerja terlalu berat, saya pula nanti yang akan menanggung akibatnya.

Cara Menjaga Kesehatan Mata

Tiada hari tanpa menatap layar monitor, baik laptop maupun ponsel. Bekerja dengan laptop atau ponsel itu mengharuskan mata fokus. Akibatnya, mata yang seharusnya berkedip 18 kali per menitnya menjadi berkurang, bahkan hingga setengahnya. Kondisi ini menyebabkan mata kering dan panas. Makanya enggak heran, terlalu lama menatap layar monitor membuat mata gampang lelah terkadang terasa perih dan gatal.

Eyevit Tablet

Menyadari bahwa mayoritas pekerjaan saya di depan layar monitor, saya harus menjaga kesehatan mata. Berikut ini adalah cara saya menjaga kesehatan mata.

1. Jaga Jarak Pandang

Kawan Suzan pasti setuju jika menatap cahaya yang ada di layar monitor laptop atau ponsel terlalu lama tidak bagus untuk kesehatan mata. Oleh karena itu, tugas kita adalah bagaimana membuat piranti ini lebih bersahabat dengan mata. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengatur jarak antara mata dengan layar monitor.

Jarak mata yang terlalu dekat dengan layar monitor akan menyebabkan kelelahan mata. Jarak layar monitor sebaiknya 40-75 cm. Usahakan bagian atas monitor sejajar dengan arah pandangan mata. Kemiringan layar monitor sebaiknya 20⁰. Layar monitor yang terlalu rendah atau terlalu tinggi akan memberi tekanan pada leher.

2. Atur Pencahayaan

Untuk bisa bekerja dengan maksimal, penerangan ruangan harus sesuai. Jika ruangan kurang terang akan menyebabkan Astenophia atau kelelahan mata, pun begitu jika ruangan terlalu terang. Silau yang disebabkan penerangan yang berlebihan juga membuat mata mudah lelah. Lantas, berapa ukuran penerangan yang pas?

Pencahayaan ruangan untuk seseorang yang bekerja dengan komputer atau laptop adalah 300-400 lux atau setara dengan 1 buah lampu LED dengan 48 watt pada ruang 4x3 meter. Bagaimana jika ruangan lebih luas atau lebih sempit? Maka ukuran watt pada lampu bisa disesuaikan.

3. Gunakan Jurus 20-20-20

Terlalu lama menatap layar monitor akan membuat kedipan mata berkurang. Kondisi ini membuat mata kehilangan kelembapan dan kering. Oleh karena itu, ini pentingnya menggunakan juru 20-20-20.

Jurus ini adalah jurus untuk mengistirahatkan mata setelah 20 menit menatap layar dengan memandang sesuatu dengan jarak 20 kaki atau enam meter selama 20 detik. Jadi, 20 menit sekali kita harus mengistirahatkan mata dari layar monitor. Cara ini cukup ampuh untuk mengurangi kelelahan pada mata.

4. Penuhi Nutrisi Mata

Vitamin A sangat bagus untuk kesehatan mata. Oleh karena itu, perbanyaknya mengkonsumi makanan yang mengandung beta karoten.  Di dalam tubuh, beta karoten ini akan diubah menjadi vitamin A. Wortel, kangkung, brokoli, ubi jalar, labu, sawo, dan aprikot adalah sumber pangan alami yang kaya akan beta karoten. 

Selain dari bahan pangan alami, nutrisi mata juga dapat dilengkapi dengan mengkonsumsi suplemen mata. Ada banyak sekali vitamin mata yang bisa kalian pilih. Saat ini saya mengonsumsi Eyevit Tablet sebagai sahabat mata saya.

Eyevit untuk Mata Tetap Fit

Masalah utama bagi orang-orang seperti saya yang lebih banyak di depan layar monitor adalah mata mudah lelah, perih, dan pandangan kabur. Formula Eyevit mampu meningkatkan sirkulasi oksigen pada pembuluh darah mata. 

vitamin mata

Kandungan Eyevit

Vitamin mata ini memiliki delapan nutrisi penting yang dibutuhkan oleh mata, yaitu bilberry, lutein, zeaxanthin, beta caroten, retinol, selenium, zinc, dan vitamin E. Mengapa kandungan nutrisi ini sangat penting bagi mata? Berikut penjelasannya!

Tabel Manfaat Kandungan Eyevit
KandunganManfaat
Bilberry mengandung zat aktif yang disebut antosianosida yang bermanfaat mengatasi gangguan pembuluh darah dan penyakit mata
Luteinmenjaga mata minus tidak bertambah dan memperkuat retina
Zeaxanthinmelindungi area makula dari radikal bebas berbahaya, menyerap sinar biru yang membahayakan mata, serta melindungi mata dari degenerasi dan katarak.
Beta Carotenmenjaga permukaan mata atau kornea tetap lembap dan sehat, menurunkan risiko kehilangan penglihatan akibat degenerasi makula, dan membuat penglihatan lebih tajam
Retinolmeningkatkan produksi kolagen yang berfungsi menjaga kesehatan kulit di sekitar mata
Selenium dan Zincsebagai antioksidan sekaligus membantu melepaskan vitamin A yang disimpan untuk dijadikan zat aktif vitamin A
Vitamin Emencegah terjadinya age-related macular degeneration (AMD) dan katarak

Melihat manfaat yang ada dalam kandungan utama Eyevit inilah yang menjadikan kegunaan Eyevit sangat baik untuk kesehatan mata.

Penggunaan Eyevit

Eyevit adalah suplemen untuk memelihara mata. Aturan pakai yang tertera pada kemasan adalah 2-3x1 tablet dalam sehari. Sebagai suplemen, tentu saja penggunaannya sesuai kebutuhan. 

Apakah nutrisi-nutrisi yang diperlukan untuk kesehatan mata sudah tercukupi dengan sumber pangan alami? Jika belum, maka mengonsumsi suplemen menjadi perlu. Jika sudah, tetapi dirasa belum memenuhi maka konsumsi suplemen sesuai dosis yang dibutuhkan.

Saya sendiri tidak setiap hari mengonsumi suplemen ini. Jika saya rasa kebutuhan nutrisi tidak terpenuhi dengan maksimal dari makanan yang saya makan, saya mengonsumsinya 2 kali dalam sehari, yakni pagi hari dan malam menjelang tidur. Bagi saya pribadi, dosis ini sudah cukup untuk merasakan kegunaan Eyevit. Mata jadi lebih segar dan tidak mudah gatal ketika harus menatap layar terlalu lama.

Apakah  Efek Samping Eyevit?

Untuk obatnya sendiri aman, tak ada efek yang berarti. Sampai saat ini tidak ada laporan terkait efek samping Eyevit. Hanya perlu diperhatikan, sebelum mencoba meminum suplemen untuk menjaga kesehatan mata ini pastikan Kawan Suzan tidak hipersensitif terhadap kandungan-kandungan yang terdapat di dalamnya.

Bagaimana Mendapatkan Eyevit

kegunaan Eyevit

Eyevit sangat mudah didapatkan. Eyevit dapat dibeli melalui Shopee, Alfamart, Guardian, Watson, Apotek Kimia Farma, Apotek K-24, maupun apotek/ toko obat terdekat. Saya sendiri membeli Eyevit Tablet  di apotek langgangan saya. Harga 1 strip Eyevit berisi 6 tablet ini hanya Rp36.000.

Penutup

Kesehatan mata dapat diusahakan dengan pola perilaku yang ramah mata sekaligus pemenuhan nutrisi yang dibutuhkan. Coba deh cek apakah makanan yang kamu makan sudah mengandung  nutrisi yang dibutuhkan mata. Jika belum, maka suplemen ini bisa menjadi solusi untuk menjaga mata tetap sehat. Apalagi, untuk orang-orang yang kesehariannya tidak bisa lepas dari gadget seperti blogger, pekerja yang harus kerja dari rumah, pedagang online, juga siswa, mahasiswa, guru, dan dosen yang harus belajar daring karena adanya pandemi..

Salam,
susana devi
Susana Devi Anggasari
Susana Devi Anggasari Hai, saya Susana Devi. Mamak dari Duo Mahajeng, Mahajeng Kirana dan Mahajeng Kanaya. Saya ibu rumah tangga yang nyambi jadi PNS. Untuk menjalin kerja sama, silakan hubungi saya.

Berlangganan via Email