Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tahu Manfaat Utama Pada Kolagen, Makanan Ini Bakal Sering Dikonsumsi!

manfaat utama pada kolagen

Tahu Manfaat Utama Pada Kolagen, Makanan Ini Bakal Sering Dikonsumsi!‒2020, usia saya sudah lebih dari tiga dasawarsa ternyata. Sebagai wanita normal, wajar dong kalau saya mulai khawatir dengan datangnya penuaan. Namanya wanita, siapa yang enggak takut keriput.  😅

Saya pun akhirnya iseng mencari tahu bagaimana cara merawat kulit agar tetap sehat dan elastis. Ternyata, salah satu nutrisi yang dibutuhkan kulit untuk tetap kencang dan awet muda adalah kolagen. Enggak heran, di setiap produk perawatan kulit sering kita jumpai ada kandungan kolagen. 

Namun, manfaat kolagen sebenarnya bukan hanya untuk kulit. Kolagen juga penting untuk tulang dan persendian

Mengenal Kolagen

Kolagen adalah protein terbesar yang ada dalam tubuh manusia. Protein ini sangat penting untuk tulang, gigi, sendi, otot, dan kulit. Secara alami, tubuh dapat memproduksi protein ini. Namun, seiring bertambahnya usia, produksi alami ini semakin berkurang. 

Nutrisi yang Dibutuhkan untuk Produksi Kolagen

Agar tubuh mempunyai cukup pasokan kolagen dan tentunya mendapat manfaat kolagen dengan sempurna, tubuh perlu mendapat tambahan kolagen, baik dari sumber pangan langsung maupun suplemen. Saya pribadi, kalau memang ada sumber alaminya, ya sebisa mungkin dicukupi dulu. 

Mencukupi kolagen dengan sumber pangan alami tentunya kita harus paham apa saja nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk memproduksi kolagen. 

Makanan yang mengandung asam amino sangat penting. Tubuh membentuk prokolagen dengan bahan dasar asam amino. Asam amino terdapat dalam makanan berprotein tinggi. Vitamin C, antosianin, dan mineral seperti zinc dan tembaga sangat baik untuk memproduksi kolagen.

Makanan yang Mengandung Kolagen

Agar dapat menyediakan kebutuhan kolagen dalam tubuh kita harus menjaga tubuh untuk bisa memproduksi kolagen secara alami. Caranya adalah mengonsumsi makanan yang mengandung nutrisi-nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk memproduksi kolagen.

Berikut ini adalah daftar makanan yang bisa Kawan Suzan konsumsi untuk membantu tubuh memproduksi kolagen secara alami.

1. Kaldu Tulang

makanan yang mengandung kolagen

Kaldu tulang memang dikenal sebagai sumber makanan yang mengandung kolagen tinggi. Cara membuatnya pun mudah. Kalau Kawan Suzan ada waktu, coba buatlah kaldu dari tulang sapi atau ayam. Gunakan sebagai campuran membuat sup atau dinikmati langsung. 

2. Ikan

makanan yg mengandung kolagen

Kawan Suzan pasti tahu dong kalau kandungan asam amino di dalam ikan sangat tinggi. Asam amino ini sangat penting bagi tubuh memproduksi kolagen alami. 

Selain itu, kulit ikan juga mengandung kolagen tipe 1. Kolagen tipe ini sangat baik untuk kulit, tulang, tendon, tulang rawan fibrosa, jaringan ikat, juga gigi.

3. Daging Sapi

collagen adalah

Daging sapi kaya akan kandungan zinc dan asam amino. Dua zat ini sangat bagus untuk merangsang tubuh memproduksi kolagen secara alami.

4. Daging Ayam

makanan mengandung kolagen

Seperti sapi, daging ayam pun tinggi asam amino. Mengonsumsi daging ayam sama halnya menyediakan asam amino sebagai salah satu bahan memproduksi kolagen alami dalam tubuh.

5. Tiram

makanan yang mengandung collagen

Tiram mempunyai kandungan tembaga yang tinggi. Seperti yang kita tahu, tembaga menjadi salah satu bahan untuk memproduksi kolagen secara alami. Buat Kawan Suzan penyuka seafood, ini adalah "kado" terindah untu tubuh. 

6. Telur

kolagen untuk kulit

Saya yakin ini adalah salah satu bahan yang pasti ada di kulkas. Selain karena ekonomis, ini adalah salah satu bahan makanan yang praktis untuk diolah.

Ternyata, putih telur mengandung banyak asam amino yang sangat baik untuk produksi kolagen. Sementara, kuning telur tinggi kolagen. 

Mengkonsumsi telur adalah paket lengkap untuk menyiapkan kolagen secara ekonomis dan praktis. 😂

7. Berri

kolagen terbaik

Semua buah keluarga beri-berian seperti blackberry, blueberry, rasberi, dan stroberi dikenal memiliki kandungan vitamin C dosis tinggi. Oleh karena itu, buah ini sangat bagus dikonsumsi untuk kamu yang ingin memastikan produksi kolagen dalam tubuh cukup.

8. Tomat

kolagen ikan


Buah apa yang murah meriah tetapi memiliki kandungan vitamin C yang tinggi? Tomat. 

Selain kaya vitamin C, buah yang sering menjadi pelengkap memasak ini juga mengandung antioksidan likopen ampuh untuk melindungi kulit dari kerusakan kolagen.

9. Jeruk

buah kolagen

Segala jenis jeruk memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Oleh karena itu, buah ini sangat dianjurkan untuk dikonsumi agar kebutuhan kolagen dalam tubuh terpenuhi.

10. Sayur Hijau

kolagen itu apa

Sayuran hijau terutama sayur berdaun hijau gelap sangat penting dikonsumsi. Zat hijau dalam sayuran mampu meningkatkan jumlah prokolagen dalam tubuh. Selain itu, kandungan vitamin C juga dibutuhkan tubuh untuk memproduksi kolagen.

11. Paprika Merah

minuman yg mengandung kolagen

Kandungan vitamin C di paprika merah lebih tinggi dibanding dengan jenis paprika lainnya. Oleh karena itu, untuk memenuhi kebutuhan kolagen, paprika merah baik untuk dikonsumsi.

12. Buncis


kolagen alami untuk wajah

Salah satu sayur kacang-kacangan ini kaya akan zinc dan vitamin C. Dua zat ini sangat baik dikonsumsi.

13. Kacang-kacangan

kolagen berasal dari

Kacang-kacangan adalah makanan yang tinggi protein, asam amino, dan tembaga. Kandungan gizi yang ada dalam kacang sangat baik untuk merangsang tubuh memproduksi kolagen. 

Penutup

Sebenarnya kebutuhan kolagen dapat dipenuhi dengan makanan yang kita konsumsi sehari-hari. Asal makanan kita sudah mencakup lauk, sayur, dan buah kita tidak perlu khawatir. Pola makan sehat menjadi kunci. Kalau kebutuhan nutrisi tercukupi, kita pun akan merasakan manfaat kolagen dengan sempurna. 

Dengan mencukupi nutrisi melalui makanan mengandung kolagen, Kawan Suzan tidak perlu lagi suplemen atau minuman yang mengandung kolagen. Kalau bisa alami, ya yang alami-alami saja. Ya, kan? Cuma butuh nyiapin waktu buat masak walau sibuk bekerja dan tentunya nyari ide masakan biar enggak bosan saja. 😁


Salam, 

Susana Devi
Susana Devi Anggasari
Susana Devi Anggasari Hai, saya Susana Devi. Mamak dari Duo Mahajeng, Mahajeng Kirana dan Mahajeng Kanaya. Saya ibu rumah tangga yang nyambi jadi PNS. Untuk menjalin kerja sama, silakan hubungi saya.

Posting Komentar untuk "Tahu Manfaat Utama Pada Kolagen, Makanan Ini Bakal Sering Dikonsumsi!"

Berlangganan via Email