Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Sajikan Masakan Keluarga Walau Sibuk Bekerja

tips-memasak-ibu-bekerja

Tips Sajikan Masakan Keluarga Walau Sibuk Bekerja–Menjadi ibu rumah tangga sekaligus ibu pekerja itu harus pintar mengatur waktu, terlebih manajemen untuk dapur. Apalagi pengikat ibu terhadap keluarganya selain masakan? 

Ibu tak pandai memasak. Namun, Ibu berusaha agar kamu selalu merindukan masakan Ibu. Kau tahu kenapa? Agar kau selalu bergegas pulang menemui Ibu.

Sesibuk-sibuknya ibu bekerja, makanan yang diracik sendiri akan memiliki tempat di hati anak-anak dan suami. Makanya, penting sekali untuk seorang ibu tetap menyajikan masakan sendiri. Dengan waktu yang terbatas, ibu yang bekerja hanya perlu menyiasati bagaimana caranya agar tetap dapat menyajikan makanan yang sehat dan enak, tapi tak membutuhkan waktu lama dalam menyajikan.

Berikut tips menyiapkan makanan praktis ala Mamak Mahajeng yang bisa Kawan Suzan coba

1. Buat Perencanaan Menu Seminggu 

rencana-menu-seminggu-ibu-bekerja

Hal yang tampak sederhana tapi rumit bagi seorang ibu adalah memikirkan mau masak apa hari ini. Ini yang harus dipahami. Ibu bekerja harus bisa menyiasatinya. Jangan sampai membuang waktu untuk memikirkan menu makanan yang akan dihidangkan. 

Luangkan waktu untuk memikirkan menu apa saja yang akan dihidangkan selama seminggu. Cara ini juga sangat efektif untuk menyiasati waktu wanita karier yang tak banyak di rumah. 

2. Buat Bumbu Dasar 

Meracik bumbu juga cukup memakan waktu. Karena itu, buatlah bumbu dasar. Bumbu dasar cukup praktis untuk memghemat waktu di dapur. 

Ada banyak jenis bumbu dasar yang bisa dicoba. Kalau saya, saya hanya menyiapkan bumbu dasar putih. Soalnya, bumbu dasar putih itu paling cocok untuk memasak berbagai hidangan. 

Jika mau memasak yang agak ribet, seperti opor atau soto, tinggal tambahkan bumbu pelengkap. Sesuaikan saja dengan menu yang akan dimasak. 

3. Siapkan Malam atau Bangun Lebih Pagi

Jam pagi itu bagi wanita karier adalah jam yang sangat sibuk. Apalagi kalau anak juga sudah sekolah. Lebih baik, siapkan bahan makanan malam harinya. Kupas atau potong-potong bahan yang akan dimasak esok hari, simpan di kulkas. Kalau tidak, bangun lebih pagi. Saya bahkan kadang memasak malam harinya untuk masakan yang agak ribet. Jadi, pagi harinya tinggal angetin saja. 

4. Siapkan Masakan Setengah Jadi 

Ini tak kalah penting. Gunakan waktu libur untuk menyediakan masakan setengah jadi seperti ayam ungkep. Jadi, sewaktu-waktu ingin menyiapkan makanan dan waktunya mepet, tinggal goreng. 

5. Masaklah yang Simpel

Andalan keluarga: gongseng atau ca. Praktis dan cepat. Jika memang tak memiliki waktu yang banyak, masaklah makanan-makanan yang simpel dan mudah. 

6. Sediakan Makanan Cepat Saji dan Frozen Food 

Makanan cepat saji bisa menjadi andalan ketika terdesak. Sarden bisa menjadi andalan. Kalau tidak, sambal kacang. Cukup rebus sayuran sebentar, lalu hidangkan degan sambal kacang. 

Untuk anak-anak, frozen food bisa menjadi pilihan. Kebanyakan ibu pasti pernah menyediakan frozen food di kulkas. Selain karena mudah penyajiannya, rata-rata anak-anak sangat menyukainya. 

Kawan Suzan bisa membeli frozen food atau membuatnya sendiri Ketika ada waktu. 

7. Buat Makanan Tahan Lama dalam Jumlah Besar 

Ini sangat membantu, terutama ketika terburu-buru dan tidak sempat memasak. Buatlah makanan tahan lama seperti kering tempe, kentang mustafa, atau dendeng dalam jumlah agak banyak. Masakan ini tahan lama dan dapat disajikan kapan saja. sangat membantu ketika ibu tidak sempat memasak.

Bagaimana, mudah bukan? Selalu ada jalan menuju Roma. Begitu pula untuk ibu bekerja, selalu ada cara menyiapkan makanan untuk keluarga tercinta. Tak ada alasan untuk menunjukan cinta pada keluarga. 😊

Intinya, ibu bekerja harus merencanakan menu, memilih jenis masakan yang simpel dan praktis, serta pandai mengatur waktu.
Susana Devi Anggasari
Susana Devi Anggasari Hai, saya Susana Devi. Mamak dari Duo Mahajeng, Mahajeng Kirana dan Mahajeng Kanaya. Saya ibu rumah tangga yang nyambi jadi PNS. Untuk menjalin kerja sama, silakan hubungi saya.

Posting Komentar untuk "Tips Sajikan Masakan Keluarga Walau Sibuk Bekerja"

Berlangganan via Email