10 Tempat Andalan untuk Mencari Resep Masakan Sehari-hari

Tempat Andalan untuk Mencari Resep Masakan Sehari-hari


Udah mau  Ramadan, sudah nyiapin apa saja nih Kawan Suzan? Sebagai emak-emak, rasanya kurang afdal kalau tidak mencari variasi masakan. Bahannya sih biasa-biasa saja. Sama kaya bulan-bulan lainnya. Tapi enggak tahu kenapa, rasanya kalau di bulan ini wajib banget kreatif mengolah menu. Adakah yang begitu?


Berhubung Mamak Mahajeng tuh belum terlalu jago masak, makanya saya butuh tempat buat mencari ide dan resep masakan harian.  Untung saja zaman serba canggih.  Mau masak apa dan bagaimana resepnya bisa dicari dengan tunyuk-tunyuk HP saja. Hahaha


Buat Kawan Suzan yang kebetulan senasib sama saya, tak kasih bocoran di mana saja saya biasanya menemukan ide masakan dan resepnya. Biasanya, saya cari resep masakan sehari-hari di tempat-tempat ini.


1.      Just Try and Taste


Orang yang pernah nyari resep masakan di internet pasti pernah mampir ke blog ini. Dan saya yakin, kebanyakan bakal kembali dan kembali. Karena, begitu pula yang saya lakukan.


Blog yang dikelola Endang Indriani ini istimewa bagi saya. Ia bukan hanya membagi resep, tapi juga memastikan bahwa semua orang, termasuk yang sedang belajar, bisa mengikuti resepnya. Ia memberikan foto mengenai detail setiap prosesnya termasuk tips memasak. Dijamin deh, enggak rugi  deh mampir ke sini.


 


2.      Diah Didi


Awal perkenalanku dengan blog ini adalah awal saya menikah. Jadi, aku memang bener-bener belajar masak sejak menjadi istri. Beruntung, Pak Tadjie adalah tipe suami yang mau dengan sabar melihat proses istrinya belajar. Jadi, dia ngerasain bagaimana rasanya tahu bacem yang kaya upil atau sayur lodeh yang kaya kolak.


Nah, tempat yang sering aku datangi ya blognya Mbah Diah Didi ini salah satunya. Soalnya, resep-resep yang ada di blognya memang sesuai dengan kebutuhanku. Resep buat masakan sehari-hari. Selain blog, Kawan Suzan juga bisa mampir ke Instagram maupun chanel Youtubenya. Jangan salahkan saya ya kalau nantinya ketagihan!


Lihat postingan ini di Instagram

Pagi, Sarapan dulu yukkk...Mangut Versi Pacitan ...πŸ’•πŸ˜‹ Biar berasa kulineran walau di rumah saja πŸ˜…πŸ€£ Sayur Kalakan Bahan : 5 potong ikan asap ( apa aja boleh..aslinya ikan hiu..hihi..atau pari, manyung..dll ) 2 lembar daun salam 2 cm lengkuas, memarkan 4 buah bawang merah, iris tipis 2 siung bawang putih, iris tipis 5 buah cabai merah besar , iris tipis 1 sendok makan gula merah ( sesuai selera ) 2 sendok teh kaldu ayam ( optional ) Garam sesuai selera Santan 800 ml Bumbu halus : 4 buah bawang merah 2 siung bawang putih 2 cm kunyit 4 butir kemiri sangrai 2 cm kencur 5 cabai merah 5 cabai rawit Cara membuat : Tumis bawang merah dan putih, hingga layu dan harum, masukkan bumbu halus, tumis kembali hingga benar2 matang, masukkan cabai iris, aduk hingga cabai layu. Masukkan santan dan bumbu2 lain. Tunggu hingga mendidih, lalu masukkan ikan asap. Masak sambil sesekali di aduk dengan api kecil hingga kuah meresap ke bahan dan santan berkurang. Koreksi rasa. Sajikan

Sebuah kiriman dibagikan oleh Diah Didi (@bunda_didi) pada



3.      Bunda Nina


Agustina Dwi, tapi lebih dikenal dengan nama Bunda Nina.  Selain melalui blognya, ia juga berbagi resep melalui bukunya yang berjudul 100 resep andalan Dapur Bunda Nina. Selain hobi meracik resep, ia juga gemar fotografi. Enggak heran kalau gambar-gambar di blog dan instagramnya keren, mengundang siapa pun yang melihat tergoda untuk mencicip  makanannya.


Sesuai nama blognya, Catatan Nina, isinya tuh resep makanan sehari-hari yang ia olah. Bisa banget jadi referensi kalau kita bingung mau masak apa.


Lihat postingan ini di Instagram

MARTABAK (13April2020) . . Assalamualaikum . Martabak kala itu waktu niat banget bikinnya, sekarang suka ngeles kalau ada yg minta bikin ini. Mungkin karna banyak yg jual sih yaa. Tapi karna sekarang #dirumahaja mungkin bisa masuk list PR yg mau dibikin yaa . Martabak Telur Source : Buku “Resep Favorit Keluarga ala Dapur Bunda Nina” . Bahan kulit 200 gr terigu protein tinggi 1/2 sdt garam 140 ml air Minyak goreng secukupnya utk merendam . Cara membuat 1. Campur & aduk rata terigu & garam, tuang air sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga kalis 2. Bagi adonan menjadi beberapa bagian, bulatkan 3. Rendam di minyak diamkan 1 jam . Bahan isian 250 gr daging giling 3 bawang putih, haluskan 2 bawang merah haluskan 1/2 bawang bombay, cincang halus 1 sdt bubuk kari (optional) 1 sdt garam 1/2 sdt merica bubuk 2 batang daun bawang, iris 3 telur 2 sdm minyak . Cara membuat 1. Panaskan minyak tumis duo bawang hingga harum dan layu lalu masukkan daging giling. Aduk hingga berubah warna 2. Bumbui garam, merica dan bubuk kari. Masak hingga matang, dinginkan 3. Kocok lepas telur, masukkan daging giling dan daun bawang. Tambahkan lagi garam secukupnya, aduk rata . Penyelesaian 1. Ambil adonan kulit, pipihkan hingga tipis 2. Panaskan minyak di wajan datar, letakkan kulit yg sudah dipipihkan, beri isian & lipat bagian tepi. Siram2 dgn minyak hingga berubah warna, balikkan. Goreng hingga matang 3. Angkat & tiriskan . . @uploadkompakan #uploadkompakan #ukgowengand #bundnina2020uk #kompakerskediri #kompakerskotatahu

Sebuah kiriman dibagikan oleh Bunda Nina|Food & Photography (@bundnina_kitchen) pada

 


4.      Isna Sutanto


Pernah Membaca Resep Makanan Rumahan Ala Dapur Isna? Nah, inilah sosok dibalik buku tersebut. Isna memang dikenal dengan resep-resep rumahannya. Kalau bingung mau masak apa, meluncurlah ke akun IG-nya. Kawan Suzan dijamin bakal dapat ide.




5.      Tintin Rayner


Pemilik nama asli Kristin Yuliana ini mempunyai banyak follower di instagramnya. Kebanyakan resep yang ia bagikan adalah kue, camilan, dan minuman. Ia memulai debut memasaknya dari hobinya mencoba-coba resep di buku. Sekarang, ia pun bisa menelurkan buku resep masakan sendiri.


Lihat postingan ini di Instagram

ROTI ABON / FIRE FLOSS BREAD Empukkk berhari2,Recomended😍😍😍 Made by @tintinrayner Pagiii mommiesss, Dah lama nda bikin roti abon yaa hihihi terakhir uda 1.5th lalu..seperti biasa pakai resep roti unyil andalan uda cucooo bangettt...cuma karena pengen cepet selesai saya timbang 30gr..rata2 roti unyil beratnya kalau bikin sendiri 15-20gr nah kalau yang di bakery roti unyil terkenal itu sekitar 10gr aja..kalau gede2 kayak di breadt*lk bisa 50-60gr ❤ Buat mommies yang bingung ngitung hasil jadi rotinya bisa pakai cara ini ya mom..semisal tepung kering 500gr..nah nanti setelah nyampur bahan basahnya mis telur,susu dll beratnya bakal 2x lipatnya..jadi 1000gr..nah tinggal dibagi aja berapa berat per adonan yang kita kehendaki..misal mau buat unyil 20gr an tinggal 1000gr:20gr jadi hasilnya 50pcs momπŸ’ͺπŸ€— Kali ini saya cuma maem 2 aja rotinya soalnya diet..tapi anak mbarep dan paksu lahap bangett hihi..dari 1 resep ini bisa mom bikin semua jenis roti unyil ya mom..sampai 3 atau 4 hari pun tetep empukk ga usa diangetin mom..kuncinya patuh step dan pastikan kalis elastis ya mommii Cusss Answer and Question nanti di postingan sebelah ya mommiess ❤❤❤ BAHAN 350 gr Tepung Cakra 150 gr Tepung Segitiga 125 gr Gula Pasir 3 butirKuning Telur 1 butir Putih Telur 75 cc Susu Cair 150 cc Air Es (air dingin banget) 10 gr Ragi Instan 10gr Susu Bubuk Bahan Ke2 : 5 gramGaram 100 gram Butter TOPPING : Abon ayam/sapi Mayonaise (Mayonaise dicampur Susu Kental Manis perbandingan 3:1) LANGKAH 1 Aduk semua bahan 1 kecuali butter ya,sampe kalis 2.Masukkan butter dan garam,lanjut uleni sampe kalis elastis tandanya ndak robek kalau dibentangkan 3. Istirahatkan sampe mengembang 2xlipat sekitar 45 mnt 4. Kempiskan adonan, timbang dan bulatkan adonan 20-40gr sesuai selera 5. Istirahatkan lagi 15 menit 6. Gilas,bentuk adonan oval 7. Istirahatkan 1 jam lagi sampai mengembang 2x lipat 8 .Panggang dengan suhu 190 derajat selama 12 menit atau sesuaikan oven sendiri,oles butter,topping dengan mayo dan abon(foto step) Enjoy #rotiabon #reseprotiabon #fireflossbread #tintinraynerrotiabon #tintinraynerfireflossbread #resepfireflossbread #rotiunyil #reseprotiempuk #cakedankue #reseprotounyilabon

Sebuah kiriman dibagikan oleh Tintin Rayner (@tintinrayner) pada

 


6.      Frida Join Coffe


Kalau yang ini nyarinya di Instagram juga ya! Namanya bekennya, Mak Frida. Kalau dia lebih ke spesialis camilan kayanya. Soalnya, banyak banget resep camilan yang ia bagi. Sebagai keluarga yang suka nyemil, tentu saja saya wajib buat kepoin akun  yang satu ini.


Lihat postingan ini di Instagram

Resep kulit risoles ini Mak Frida udah ga ganti2 lagi. Udah cucok, karena memang lentur, dan ga gampang robek, Alhamdulillaah. Asalkan matengnya pas yaa, kalo kurang mateng, bakalan robek karena terlalu lembut, sebaliknya kalo mateng terlalu kering gampang robek. .. .. . Risoles Mayonais paling gampaaaaaang, ga usah ribet bikin ragout. Anak Mak Frida yg bungsu doyan banget, tadi baru beres goreng ada, langsung makan 4 sekaligus. Uenaaaaakkk, maaakk!! .. .. . Risoles Mayonais by @fridajoincoffee Bahan Kulit : 1 butir telur 100 gr terigu protein sedang 1/4 sdt garam 150 ml susu cair 50 ml air 1 sdm margarin, cairkan Bahan Isi: 2 butir telur rebus, potong2 3 buah sosis, potong Keju quick melt, potong dadu Mayonais Cara Membuat Kulit: 1. Campurkan semua bahan, aduk hingga rata dan licin. 2. Panaskan teflon datar, diameter 20 cm, tuangkan adonan sebanyak 1 sendok sayur, buat dadar tipis. 3. Lakukan hingga adonan tersisa sedikit untuk bahan pencelup. Penyelesaian: 1. Ambil 1 lembar kulit, isi dengan telir, sosis, keju dan mayonais. Lipat rapi. 2. Celupkan risoles ke dalam sisa adonan kulit, hingga berbalut tipis tapi rata. Lalu gulingkan ke tepung panir. Boleh simpan di kulkas dulu 30 menit supaya tepung panir nempel, tidak mudah rontok sewaktu digoreng. 3. Goreng dengan minyak panas hingga kuning keemasan. 4. Resep untuk 12 risoles. .. .. .

Sebuah kiriman dibagikan oleh MAK FRIDA (@fridajoincoffee) pada

 


7.      Xander's Kitchen


Buat Kawan Suzan yang suka dengan makanan khas nusantara, kalian wajib follow akun yang dikelola Junita ini. Selain di Instagramnya, ia juga membagi resep-resep makanan di cookpad. 


 


8.       Dhila Sina

Salah satu akun yang juga sering membagi resep masakan menu rumahan adalah Dhila Shina. Bagi yang suka sekali sama masakan lokal, intip deh akun IG-nya. Ia termasuk yang lebih banyak membagikan resep makanan lokal.


Lihat postingan ini di Instagram

Assalamu'alaykum Annyeong yorobunn😘 . . Hari terakhir bulan April niiih Ayo berdayakan apa yang ada di kulkas 😁 Cobain cara masak yg beda dari biasanya biar ga bosen. . Contohnya iniiii.. BOBOR BAYAM 😍 Pasti banyak yg belum tau dan belum pernah bikin. Kaya gimana sih rasanya? . Hmmm.. Bisa dibilang ini mirip lodeh yg lebih encer dan lebih simpel isinya. Yang jadi khasnya adalah wangi kencur di kuahnyaa 😍 maasyaa Allah bikin selera makan, maaak. Ditemenin sama ayam goreng dan sambel cuco pisaaan. Cobain deh. . . BOBOR BAYAM ala @dhilasina Bahan: 1 ikat bayam, siangi daunnya 1 buah labu siam, potong kotak 1 lembar daun salam 1 batang serai, geprek 1 cm lengkuas, geprek 65 ml santan kental (1 pack) 300-400 ml air Garam, gula, merica Bumbu halus: 2 siung bawang merah 1 siung bawang putih 1 ruas kencur (aku suka, jadi aku pake 2 ruas) 1 butir kemiri 1/4 sdt ketumbar Cara membuat: - dalam panci masak air, santan, daun salam, serai, lengkuas dan bumbu halus sampai mendidih - masukkan labu siam, garam, gula dan merica, masak sampai labu siam empuk - masukkan bayam, masak sebentar sampai warnanya menjadi terang. Matikan api - angkat sayurannya dan pindahkan ke wadah. Siram kuahnya sesaat sebelum disajikan. . PS: - ini versi sedikit dari yg ada di buku #40setmenuseharihari yaa.. - bayam bisa diganti kangkung . . #dd_boborbayam #dd_ramadhan1441h #bobor#boborbayam#masakansunda#menuramadhan#menuakhirbulan#menubukapuasa#bukapuasa#reseppraktis#resepmudah#ramadhan1441h#dhilasina#uploadkompakan#kompakersbandunggareulis#masakanindonesia#menurumahan#masyaallahtabarakallah#doyanmasak#masakanrumahan#foodie#antimatigayadidapur#bukuresep#masuba1441h

Sebuah kiriman dibagikan oleh #homecooking Influencer (@dhilasina) pada



9.      Safira Devina

Satu lagi akun yang suka membagikan menu masakan sehari-sehari. Devina sering berbagi resep masakan rumahan yang biasa di santap sehati-hari termasuk dengan tips memasaknya. Ia juga sering berbagi resep kue dan minuman segar. Masakan Devina itu akrab dengan lidah masyarakat dan gampang dicoba. Dijamin ketagihan datang dan datang lagi.


Lihat postingan ini di Instagram

Pampis Ikan Cakalang Source: @dee_devina . Hari ini aku bikin pampis ikan cakalang buat isian panada dan nasi bakar yg mau aku bikin besok. Aku beli cakalang fufu (ikan cakalang yg udah dibakar) di Ranch Market Pesanggrahan yaa. Ada di bagian chiller makanan Jepang. Dikemas pake vacuum pack, jd tinggal pas mau dimasak tggl disuwir2 gtu guys. Ikannya boleh disuwir aja atau dihaluskan kyk punyaku. Mnrtku, utk isian panada lebih enak pake yg agak halus. Rasanya enaaaakkkk πŸ‘ Manis, gurih, asem dapet smuaaa. Yuk dicoba . Bahan 500 gr cakalang fufu 1 batang serai 10 lembar daun jeruk 1 lembar daun kunyit 1 lembar daun pandan 3 lembar daun salam 3 ikat kecil kemangi, ambil daunnya Garam, gula secukupnya 1 buah jeruk nipis, peras airnya . Bumbu Halus 10 butir bawang merah 5 siung bawang putih Cabe sakarepmu 3 cm kunyit 2 cm jahe . Proses 1. Haluskan bumbu dengan food chopper @mitochiba.id 2. Haluskan ikan cakalang fufu smpe bentuknya sprt abon 3. Tumis bumbu halus hingga harum. Masukan daun2an, masak hingga matang 4. Tmbhkan sedikitttt air , masukan ikan dan masak dgn api besar smpe kering 5. Masukan seluruh sisa bahan. Cicipi dan koreksi rasanya 6. Angkat dan sajikan . #dapurdevina_olahanikan

Sebuah kiriman dibagikan oleh Safira Devina Ng (@dee_devina) pada



10.      Masak Darurat

Dari namanya saja kita bisa menerka-nerka bagaimana konsep memasak yang diusung akun ini kan? Akun yang dikelola Bahtiar Sigar ini memang mengusung konsep darurat, memasak dengan bahan dan alat ala kadarnya. Cocok sekali untuk Kawan Suzan yang tinggal diperantauan.



Nah, itu dia tempat-tempat andalan saya mencari ide menu masakan. Biar ramadan besok enggak dipusingin mau masak apa hari ini, sok bookmark tulisan ini. Perlu Kawan Suzan tahu, penting banget loh buat emak-emak macam saya memvariasikan menu masakan.

 


Tips Mengatur Menu Masakan di Rumah


Kawan Suzan pasti tahu bagaimana membingungkannya mengatur menu harian agar variatif.  Nah, saya punya tips bagaimana agar kita tidak kesulitan mengatur menu harian.

 

Cara paling mudah adalah dengan merencanakan menu mingguan. Memang sih kalau belum terbiasa rasanya kok repot banget. Tapi percaya deh, kalau konsisten dilakukan dalam satu minggu pasti menjadi hal yang menyenangkan.

 

Langkahnya begini:


1. Buat pemetaan bahan masakan selama satu minggu

Karena menjelang Ramadan, maka pemetaanya menggunakan waktu buka dan saur ya! Jadi, kita bikin semacam peta konsep bahan makanan yang akan dimasak selama seminggu.


Misal untuk hari Senin kita pengen masak udang sama kangkung untuk saur, lalu untuk buka mau masak ikan mujair dan sayur asem. Usahakan setiap memasak ada lauk dan sayuran ya! Sebenarnya mematakan bahan makanan ini tujuannya adalah memastikan semua unsur gizi kita terpenuhi.

 

2. Intip akun-akun IG di atas untuk mendapatkan ide, kalau perlu dicatat

Nah, untung sekali kita tuh hidup di zaman serba canggih. Enggak perlu repot beli buku resep masakan untuk cari ide memasak. Kepo-kepo akun media sosial yang sering membagikan olahan makanannya. Kalau perlu, catat resep yang menarik.


3.      Tentukan menu masakan dalam seminggu

Nah, kalau sudah. Langkah selanjutnya adalah menentukan menu apa saja yang akan diolah untuk satu minggu. Misalnya di hari Senin kita pengen masak udang sama kangkung. Nah, bahan ini mau diolah apa. Ca Kangkung dan udang goreng tepung atau tumis kangkung campur udang, misalnya.

 

Kalau keluarga Kawan Suzan suka ngemil, jangan lupa rajin bebikin  camilan. Untuk menu camilan kita juga harus variatif. Pada bulan puasa, kurma biasanya menjadi barang yang wajib ada sebagai pembatal puasa. Namun, kalau selama tiga puluh hari kita hanya makan buah kurma utuh saja, pasti rasanya bosan. Kawan Suzan bisa kreatif mengolah kurma menjadi sajian yang menggoda untuk disantapJadi, walaupun bahannya sama, kalau diolah dengan cara yang berbeda, pasti deh enggak bakal bosen.

 

Lakukan tiga langkah di atas deh! Tapi, kok repot banget ya? Kelihatannya memang repot. Namun, yaikn deh jika kita berhasil menerapkannya dijamin semua anggota keluarga kita akan selalu rindu masakannya kita.

 

Kalau masakan kita hanya itu-itu saja, pasti anggota keluarga akan bosen. Mereka memilih jajan ketimbang makan di rumah. Hayo, enggak mau begitu kan? Udah capek-capek masak, eh enggak ada yang makan!

 


Susana Devi Anggasari
Hai, saya Susana Devi. Mamak dari Duo Mahajeng, Mahajeng Kirana dan Mahajeng Kanaya. Saya ibu rumah tangga yang nyambi jadi PNS. Untuk menjalin kerja sama, silakan hubungi saya.

Related Posts

4 komentar

  1. Thanks susan... Ini bermanfaat banget. Jadi pengen kepoin deh. Akunnya recomended ini

    BalasHapus
  2. Bagoooss, baca ulasan ini aku langsung auto menggendats. Hahaha
    Btw, makasih ya inspirasinya. Beberapa sudah aku follow sih instagramnya. Cuman ngikutin, gak praktik juga hahaha

    BalasHapus
  3. wah ini bermanfaat sekali terutama dalam mengurangi kebosanan di musim pandemi ini

    kepingin banget nyobain roti abon kayaknya enak buat takjil pas buka puasa nanti

    BalasHapus

Posting Komentar

Sugeng rawuh di susanadevi.com. Silakan tinggalkan jejak di sini. Semua jejak yang mengandung "kotoran" tidak akan ditampilkan ya!

Subscribe Our Newsletter