Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini Alasan Saya Suka Mengikuti Kelas Online Gratis

kelas-online-gratis

Saat ini banyak kelas-kelas online yang diselenggrakan. Pandemi seperti membawa perubahan besar-besaran dalam mengubah paradigma mengenai belajar. Walau sebelum pandemi kelas online sudah mulai menjamur, tapi tak sesemarak saat ini. Kini, bahkan instansi Pemerintah dan Badan Kementerian juga sering menyelenggarakan berbagai bimtek dan diklat secara daring.

Saya termasuk banyak orang yang suka gratisan, apalagi soal ilmu. Yups, sejak mengenal kelas on line, ketika saya menjadi ibu rumahan, saya termasuk pemburu kelas online gratisan. Mengapa saya suka sekali dengan kelas gratisan? Berikut alasan utama saya suka mengikuti kelas-kelas gratis.

Kalau ada yang Gratis, Ngapain Bayar?

Prinsip apaan ini?🙈Namun sebagai salah satu penganut paham Emak Irit, prinsip ini perlu dipegang. Kalau mau jeli, banyak banget orang yang bersedia kelas gratis. Motif mereka banyak banget. Ada yang bener-bener murni karena ingin berbagi, ada yang untuk membangun branding, ada yang sebagai ucapan rasa syukur, dan ada pula yang memiliki udang di balik bakwan.😁

Saya pribadi sih enggak ada masalah jika ada penyelenggara kelas online yang akhirnya menawarkan sesuatu untuk "dibeli". Toh, baru nawarin, jika cocok dan ndelalah sesuai kebutuhan tinggal beli. Jika belum pas, mungkin bisa lain kali.

Kelas Gratis Enggak Bisa Main-Main

Nah, ini. Namanya juga gratis, kan jadi ironis kalau kita seenaknya sendiri.Yang saya suka, biasanya kelas gratis tuh suka ada aturan-aturan nyleneh. Namun, sebenernya sih aturan tersebut sih untuk kebaikan pesertanya. Misal nih, saya pernah ikut kelas gratisnya Mas Irwin, Cara Meningkatkan Domain Authorithy

Ada cerita menarik di kelas ini. Jadi, pernah ada masa di kelas itu bahwa dia akan menerima tendangan madun jika teman dalam satu kelompoknya masih melakukan kesalahan. Intinya, dia sendiri salah tak mengapa, asal jangan orang lain. Jika setiap orang berpikir dan memikirkan orang lain, pasti semua akan sukses. Karena teman dalam satu kelompok akan saling memastikan bahwa teman mereka tak melakukan kesalahan. Dan jujur, saya sangat senang dengan pemikiran ini. 

Kelas Gratis Membantu Orang Lain Bersedekah

Beberapa orang yang rela membagi illmunya dengan cuma-cuma sedang berusaha menebar pahala, terlepas dari apa motifnya. Mengikuti kelas-kelas online gratis adalah salah satu upaya melancarkan niat orang lain mendapatkan pahala. Jangan lupa doakan dengan tulus agar mereka yang sudi membagi ilmunya tanpa mematok imbalan ini.

Bersinggungan dengan orang-orang yang pernah membagi ilmunya tanpa meminta bayaran sepeser pun membuat saya berpikir bahwa suatu saat saya ingin bisa seperti mereka. Mereka mengajarkan bagaimana nikmatnya berbagi tanpa pamrih.

Penutup

Jadi, jangan sia-siakan jika kalian melihat peluang untuk belajar gratis. Kalau ada kelas gratis yang sesuai sama minat kalian, ikuti saja. Banyak loh sekarang kelas gratis yang isinya daging banget. Kalau udah dapet dasaran di kelas gratis, kalian bisa meng-upgrade ke kelas berbayarnya. Tentu saja ada beberapa hal yang harus kalian perhatikan kalau mau ikut kelas berbayar.
Susana Devi Anggasari
Susana Devi Anggasari Hai, saya Susana Devi. Mamak dari Duo Mahajeng, Mahajeng Kirana dan Mahajeng Kanaya. Saya ibu rumah tangga yang nyambi jadi PNS. Untuk menjalin kerja sama, silakan hubungi saya.

Posting Komentar untuk "Ini Alasan Saya Suka Mengikuti Kelas Online Gratis"

Berlangganan via Email