Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kuota Belajar: Belajar Daring Enggak Pusing

kuota-edukasi


Pembelajaran daring sebagai solusi yang dipilih untuk pendidikan di masa Corona masih dijalankan. Banyak yang mengeluhkan mahalnya biaya yang harus dikeluarkan untuk menyiapkan kuota untuk putra-putrinya. Apakah Kawan Suzan salah satunya?

Tenang! Beberapa operator seluler di Indonesia menyediakan kuota belajar yang bisa dimanfaatkan untuk belajar daring. Jadi, seharusnya tak ada lagi keluhan bahwa biaya daring itu mahal. 

Mau tahu siapa saja yang menyediakan kuota belajar dan cara menggunakannya? Baca tulisan ini sampai selesai ya! 😀

Operator Penyedia Kuota Belajar

Pembelajaran online tentunya membutuhkan harga kuota yang murah dan terjangkau untuk semua kalangan masyarakat. Hal ini disadari beberapa operator seluler di Indonesia. Oleh karena itu, di tengah pandemi ini mereka membuat gebrakan untuk membantu mencerdaskan bangsa dengan program kuota belajar atau kuota edukasi.

Kuota belajar adalah paket internet yang disediakan untuk belajar. Layanan ini hanya diperuntukan mengakses aplikasi atau website edukasi. Jadi, jangan harap kuota belajar bisa digunakan untuk hal selajar kegiatan belajar dan mengajar.

Kuota Belajar Telkomsel

Telkomsel meluncurkan program Kuota Belajar Telkomsel: Paket Belajar untuk E-Learning untuk membantu guru dan siswa merdeka belajar jarak jauh. Hanya dengan Rp10 pelanggan sudah memperoleh 10 GB. Dilansir dari website resmi Telkomsel, kuota belajar ini berlaku dari tanggal 21 Agustus hingga 31 Desember 2020. Selama periode program, pelanggan hanya mempunyai satu kali kesempatan mengaktifkan kuota belajar dengan syarat pelanggan belum pernah mengaktifkan paket Ilmupedia 10GB/ Rp10.

Dengan kuota belajar telkomsel, akses layanan ilmupedia dan conference seperti Google Classroom, Rumah Belajar, Zenius, Quipper, Udemy, Duolingo, Sekolah.mu, Cakap, Bahaso, Cambridge Assessment English, Kipin School 4.0, Pijar Sekolah, AyoBlajar, Zoom, Google Meet, CloudX, UMeetMe, Microsoft Teams, Cisco Webex, dan ratusan e-learning kampus/ sekolah dapat dinikmati dengan biaya yang sangat terjangkau.

Untuk menggunakan kuota belajar Telokomsl 10 GB, kamu dapat mengaktifkannya melalui aplikasi MyTelkomsel atau UMB *363*844#. Buat Kawan Suzan yang menggunakan Telkomsel, tunggu apa lagi?

Kuota Belajar Indosat

Dukungan terhadap para pelajar dan mahasiswa juga dilakukan oleh Indosat Ooredo melalui IM3 Ooredoo. Indosat memberikan akses data gratis ke sebagian besar portal online universitas di Indonesia dan platform belajar online seperti Ruang Guru, Quipper, Sekolahmu.com dan Rumah Belajar.

Bagi Kawan Suzan pengguna IM3 ooredo, kalian dapat mengakses gratis kuota 30 GB yang dapat digunakan selama 30 hari sejak masa aktivasi. Kuota ini dapat digunakan untuk mengakses lebih dari  60 platform e-learning resmi dan situs web universitas di Indonesia secara gratis. Aktifkan kuota gratis Indosat paket edukasi 30 GB melalui aplikasi myIM3 atau *123*369#.

Kuota Belajar XL

PT XL Axiata Tbk juga mempunyai program untuk mendukung belajar dari rumah dengan layanan XTRA Conference dan XTRA Edukasi. Paket XTRA Conference dapat digunakan untuk mengakses Teams, Zoom, Google Hangout, Google Meet, dan Google Classrom sementara XTRA Edukasi diperuntukan mengakses website dan aplikasi pendidikan. Paket belajar dari XL ini bisa diaktifkan melalui aplikasi myXL.

Kuota Belajar Axis

Operator seluler yang masih saudaraan dengan XL ini juga menyediakan kuota belajar dengan harga terjangkau. Kawan Suzan pelanggan Axis dapat membeli paket t Axis Boostr Edukasi dan Boostr Conference. Ada tiga pilihan paket yang ditawarkan, yaitu 2GB/hari seharga Rp800, 5GB/7hari seharga 2900, atau 15GB/7hari seharga Rp8.900.

Paket Boostr Edukasi bisa digunakan untuk mengakses aplikasi Udemy, Ruangguru, Zenius, Sekolahmu, dan halaman resmi Kemendikbud. Sementara itu, paket Boostr Conference dapat digunakan untuk mengakses aplikasi konferensi, seperti Zoom, Teams, Google Meet, hingga Google Classroom. Paket ini dapat dibeli melalui aplikasi AXISnet.

Kuota Belajar Tri

Tri  memberikan kuota sebersar 33MB yang akan dijatah sebesar 1GB/hari yang diberikan secara gratis untuk pelanggan yang mengatifkan kuota AlwaysON. Cara mendapatkan kuota gratis 3 ini sangat mudah. Kamu cukup membeli perdana AlwaysON atau mengaktifkannya melalui aplikasi Bima Plus atau nomor USSD *123*5*4#. Kuota belajar dapat digunakan untu mengakses aplikasi Ruang Guru, Edmodo, Zenius, dan juga Google Classrom.

Kuota Belajar Smartfren

Smartfren adalah provider sahabat pelajar. Banyak sekali paket yang ramah di kantong pelajar. Untuk mendukung belajar dari rumah, Smartfren luncurkan paket 10N+ yang masa aktifnya hingga satu tahun. Salah satu kelebihan paket ini adalah adanya bonus mingguan ketika melakukan pembelian paket data atau voucher. 

Selain paket tersebut, masih banyak paket lain yang menunjang pelaksanaan pembelajaran daring. kunjungi smartfren.com atau unduh aplikasi mySF.

Bantuan Pulsa Gratis Untuk Siswa, Mahasiswa, Guru, dan Dosen

Kemendikbud memberi bantuan internet gratis kepada siswa, mahasiswa, guru, maupun dosen. Penginputan nomor dilakukan melalui sistem dapodik. Bantuan rencananya akan diberikan selama empat bulan sejak September-Desember 2020 dengan rincian siswa mendapat 35 GB per bulan, guru mendapat 42 GB per bulan, mahasiswa mendapat 50 GB per bulan, dan dosen mendapat 50 GB per bulan.

Penutup

Seharusnya kuota tak lagi menjadi masalah untuk belajar dari rumah. Pemerintah sendiri sedang berupaya memberikan bantuan internet gratis untuk pelaku pendidikan. Sementara itu, banyak provider internet yang juga memberikan paket atau program belajar. Kuota internet memang penting untuk menunjang pembelajaran daring. Namun, niat dan kemauan belajar menjadi kunci keberhasilan belajar. Pendampingan belajar dari orang tua pun sangat dibutuhkan. 

Salam, 



Susana Devi Anggasari
Susana Devi Anggasari Hai, saya Susana Devi. Mamak dari Duo Mahajeng, Mahajeng Kirana dan Mahajeng Kanaya. Saya ibu rumah tangga yang nyambi jadi PNS. Untuk menjalin kerja sama, silakan hubungi saya.

Posting Komentar untuk "Kuota Belajar: Belajar Daring Enggak Pusing"

Berlangganan via Email