Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Gapai Kampus Impian Bersama Ruang Belajar dari Ruang Guru

aplikasi belajar online

Kepikir enggak sih, enggak berasa sekolah tahu-tahu sudah kelas 12? Emh, pandemi benar-benar membuat sekolah terasa cepet. Ya iyalah cepet, masuk kelas kagak pernah tiba-tiba naik kelas saja.

Bisa enggak dengan kondisi kaya gini, saya masuk kampus impian saya? Bisa enggak dengan kemampuan ala kadar, saya nembus kampus yang sudah saya cita-citakan sejak kecil?

Pandemi bukan alasan untuk berhenti belajar. Pandemi tidak bisa dijadikan permakluman untuk tidak berusaha menggapai cita-cita. Saya pernah membahas kelebihan dan kekurangan belajar online. Salah satu yang saya soroti adalah kesenjangan kemampuan. Yang mau belajar, pasti melejit. Yang malas-malasan, pasti terjengkelit. 

Pembelajaran di era pandemi tentu jauh berbeda dengan pembelajaran tatap muka. Bukan hanya soal media penyampaian, waktu belajar tentu tidak bisa seintens belajar konvensional di sekolah. Oleh karena itu, jika Kawan Suzan ingin mendapat kampus impian, kamu harus berusaha dari sekarang. 

Rahasia Masuk Kampus Impian

Mengapa seleksi masuk perguruan tinggi menjadi sangat bergengsi? Karena kampus-kampus terbaik hanya memiliki beberapa kuota yang akan diperebutkan oleh ribuan calon mahasiswa. Kamu menjadi yang terbaik atau bye!

Buat Kawan Suzan yang sudah punya target nih mau melanjutkan pendidikan ke mana, saya bocorin rahasianya. 😄

1. Komunikasikan Orang Tua

Klise sih, tapi memang begitu adanya. Doa orang tua itu mustajab. Jadi, apapun hal besar yang ingin kamu raih, komunikasikan ke orang tuamu. 

aplikasi belajar online terbaik

Ketika kamu menyampaikan bahwa kamu ingin masuk ke kampus tertentu, percaya deh, bukan hanya doa, orang tuamu pasti akan memberi banyak bantuan. Mereka tentunya akan mempersiapkan fasilitas belajar dan segala yang mendukungmu mencapai impian.

2. Persiapkan Mental

Sadari sejak awal bahwa sainganmu menembus kampus impian itu berat. Hanya ada dua kemungkinan: berhasil atau gagal. Dengan memahami hal itu, kamu bisa mengukur sejauh mana kamu harus berusaha. 

Ingat! Yang mau masuk kampus bukan hanya lingkup kelurahan atau kecamatan, tapi N-A-S-I-O-N-A-L. Kalau kamu ingin berhasil, tentu kamu harus berusaha lebih kuat dibanding saingan kamu.

3. Tambah Jam Belajar, Cari Tempat Belajar Tambahan

Setelah memahami poin dua, tugas kamu adalah menambah usaha kamu. Kamu dapat menambah jam belajar kamu dan kamu mencari tempat belajar tambahan. 

Mengandalkan apa yang kamu dapat dari sekolah saja tentu tak terlalu kuat untuk bersaing, terlebih di era pandemi ini. Kamu perlu sekali mencari "partner belajar" sebagai bekal bertarung.

Tembus Kampus Impian dengan Belajar di Ruang Belajar 

Namanya juga pandemi,akses menjadi terbatas. Tatap muka di sekolah saja enggak diperbolehkan, masa iya mau nyari bimbel konvensional? Terlalu berisiko!

Hal yang paling mungkin untuk mencari partner belajar yang tepat adalah secara daring. Ada enggak sih layanan belajar online terbaik  yang bisa memberikan bantuan belajar secara maksimal? Ternyata Ruang Guru memiliki Ruang Belajar yang cocok sekali untuk diandalkan sebagai teman belajar.

Mengapa Ruang Belajar dari Ruang Guru?

Sebagai teman belajar, Ruang Belajar dari Ruang Guru memiliki banyak kelebihan yang bisa cukup diperhitungkan.

1. Layanan Belajar Mandiri Terlengkap

layanan belajar online terbaik

Bergabung dengan Ruang Guru, kamu bisa mengakses semua materi pelajaran dari semua tingkat. Kamu juga bisa melihat video pembelajaran yang menarik untuk membantu pemahaman kamu terhadap materi. Selain itu, kamu juga dimudahkan dengan adanya infografis dan rangkuman setiap materi yang kamu pelajari. Untuk mengetahui kadar pemahamanmu, kamu dapat mengerjakan ribuan soal yang ada di Bank Soal. 

2. Belajar di Mana saja Kapan Saja

Belajar dapat dilakukan di mana pun dan kapan pun. Ruang belajar benar-benar aplikasi belajar online yang fleksibel. Kamu bisa mengatur sendiri waktu belajarmu. Kamu bisa mengakses materi-materi yang diperlukan kapan pun kamu punya waktu luang. 

3. Aman dan Nyaman di Rumah Saja

Masa pandemi seperti ini, kamu sebaiknya tidak bepergian jika tidak perlu. Walaupun kamu tidak kemana-mana, jangan khawatir. Ruang Guru tetap bisa diandalkan. Kamu bisa belajar di kamar kamu yang nyaman. 

4. Live Teaching

belajar online termurah

Buat kamu yang merasa baru paham kalau dijelaskan secara langsung, jangan khawatir. Ruang Belajar mempunyai program Live Teaching. Di sini kamu bisa berinteraksi langsung dengan guru melalui aplikasi. Kamu bisa menanyakan materi yang belum kamu pahami dengan belajar mandiri.

5. Kelas UTBK dan Ujian Mandiri

Nah, ini cocok banget buat kamu yang memang lagi mengejar kampus impian. Persiapkan diri kamu dengan mempelajari materi-materi dan soal-soal UTBK dan Ujian Mandiri. Kamu bisa menganalisa jenis soal dan berlatih menyelesaikan soal-soal tersebut.

6. Tes Minat Bakat

Salah satu fitur baru yang sangat cocok untuk kamu yang mau melanjutkan pendidikan ke yang lebih tinggi. Dengan memanfaatkan fitur ini,  kamu dapat memperkirakan karier yang sesuai dengan diri. Hasil dari tes ini dapat memberi gambaran jurusan-jurusan sesuai minat kamu yang ditunjang oleh bakat yang kamu miliki.

7. Paket Plus-Plus

Ruang Belajar dari Ruang Guru memiliki banyak fitur lainnya yang bisa memaksmimalkan belajarmu untuk meraih kampus yang kamu idam-idamkan. Kamu dapat mengatur waktu belajarmu dengan Jadwal Belajar. Mau menguji pemahaman materi dengan cara yang menyenangkan? Kamu bisa mencoba Asah Otak. Akan ada video-video pembelajaran yang disesuikan dengan hasil kerjaanmu. Buat kamu yang hobi nge-game, jangan khawatir. Ruang Guru mempunyai Ruang Adventure. Belajar tak lagi membosankan karena kamu seperti diajak bermain game. Menyenangkan sekali, bukan?

Kampus Impian Bukan Lagi Angan

Kalau ada yang bilang masuk kampus favorit itu sulit? B-E-N-A-R. Namun, percayalah! Di setiap kesulitan pasti ada jalan untuk memudahkan. Kamu hanya perlu mempersiapkan dengan baik. 

Sediakan waktu dan tenagamu lebih banyak. Ikuti pembelajaran di sekolah dengan baik. Tambah amunisi dengan mempelajari materi-materi dari aplikasi belajar online terbaik. Niscaya, jalanmu menuju kampus yang dambaanmu menjadi lebih mudah.


Salam,

susana-devi


Susana Devi Anggasari
Susana Devi Anggasari Hai, saya Susana Devi. Mamak dari Duo Mahajeng, Mahajeng Kirana dan Mahajeng Kanaya. Saya ibu rumah tangga yang nyambi jadi PNS. Untuk menjalin kerja sama, silakan hubungi saya.

Berlangganan via Email