Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Selain Menyesuaikan Jenis Sisir Rambut, Ini Tips Agar Rambut Tetap Sehat

jenis-sisir-rambut

Menyisir bukan hanya soal memilih jenis sisir rambut. Ternyata ada banyak hal yang harus diperhatikan ketika menyisir. Agar rambut tetap terawat dan bagus, ada yang sebaiknya dilakukan dan ada yang sebaiknya dihindari ketika menyisir.

Jangan Lakukan Ini ketika Menyisir Rambut

Ternyata bukan hanya pemilihan sampo dan bahan kimia yang digunakan pada rambut, salah cara menyisir juga dapat mengakibatkan rambut rusak. Agar rambut kamu tetap sehat, sebaiknya perhatikan rambu-rambu apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan.. 

1. Jangan Menyisir Ketika Rambut Basah

Kandungan air ketika rambut basah membuat rambut lebih rapuh. Makanya, ketika menyisir setelah keramas, rambut yang rontok lebih banyak dibandingkan jika kondisi rambut setengah kering. Usahakan jangan menyisir ketika rambut masih basah. Tunggu hingga setengah kering atau kering betul.

2. Jangan Terlalu Sering Menyisir Rambut

Ternyata terlalu sering rambut membuat rambut mudah patah dan bercabang. Alih-alih mendapatkan rambut yang lembut, rambut justru terancam kesehatan. Cukup sisir seperlunya. Sesuaikan dengan jenis rambut masing-masing.

3. Jangan Gunakan Sisir yang Terlalu Rapat

Ada berbagai jenis sisir. Masing-masing jenis sisir memiliki peruntukannya sendiri. Jika memang tidak untuk keperluan membentuk rambut gunakan sisir yang sesuai. Jangan gunakan sisir yang terlalu rapat. Sisir yang terlalu rapat mengakibatkan rambut rontok.

4. Jangan Gunakan Sisir yang Kotor

Berapa kali biasanya kalian menyisir rambut? Menggunakan sisir yang kotor akan memindahkan kotoran dari sisir ke kulit kepala. Paling tidak, sisir harus dicuci satu minggu sekali.

5. Jangan Menyisir dari Pangkal Rambut

Jangan menyisir langsung dari pangkal rambut. Sisir rambut beberapa senti dari pangkal rambut. Hal ini untuk menjaga agar akar rambut tidak  ikut tercabut.

6. Jangan Menyisir Ketika Rambut Kusut

Biasanya orang menyisir karena rambutnya kusut. Namun, menyisir rambut kusut secara langsung sangat berbahaya bagi kesehatan rambut. Bukannya rambut menjadi lebih lembut, tetapi rambut justru banyak yang patah. Untuk rambut kusut, cobalah mengurai rambut terlebih dahulu dengan tangan. Baru setelah dirasa tidak terlalu kusut, barulah disisir.

7. Jangan Menggunakan Sisir yang Bergigi Tajam 

Kadang maksud hati menyisir dengan sisir bergigi tajam agar sisir menjangkau sampai ke akar-akarnya. Menyisir dengan sisir bergigi tajam justru akan melukai kulit kepala. Kulit kepala yang luka akan menyebabkan rambut tidak sehat. 

Lakukan Ini Ketika Menyisir Rambut

Agar rambut sehat, sisirlah rambut dengan cara yang benar. Berikut adalah hal yang sebaiknya dilakukan ketika menyisir.

1. Pilih Sisir Sesuai Jenis Rambut

Gunakan sisir sesuai jenis rambut. Memilih sisir sesuai jenis rambut akan mengurangi risiko kerontokan dan kerusakan pada rambut.

2. Sisir Ketika Rambut Setengah Kering

Saat terbaik untuk menyisir rambut adalah ketika rambut setengah kering. Ketika basah, rambut lebih rapuh. Sementara itu, ketika kering rambut menghasilkan listrik statis yang akan membuat rambut lebih mengembang.. 

3. Tambahkan Vitamin Rambut

Bila perlu, tambahkan vitamin rambut ketika menyisir. Menambahkan vitamin rambut ketika menyisir akan membuat vitamin rambut merata ke seluruh kepala.

4. Sisir Rambut dari Ujung

Ternyata, menyisir lebih baik jika dilakukan dari ujung rambut ke pangkal rambut. Dengan menyisir dari ujung, rambut yang kusut akan lebih mudah terurai.

5. Sisir Pagi Hari

Pagi hari adalah waktu yang tepat untuk menyisir. Pasalnya pada pagi hari, minyak alami rambut sedang benyak-banyaknya. Menyisir rambut di pagi hari akan membuat minyak alami rambut merata dan rambut akan menjadi lebih lembut.

Penutup

Sekarang Kawan Suzan sudah tahu mana kebiasaan yang bagus untuk rambut kan? Menyisir walaupun sepele ternyata sangat mempengaruhi kesehatan rambut. Mulai sekarang, biasakan menyisir rambut dengan benar. Rambut yang sehat akan membuat kita lebih percaya diri dan lebih bahagia.

Salam, 



Susana Devi Anggasari
Susana Devi Anggasari Hai, saya Susana Devi. Mamak dari Duo Mahajeng, Mahajeng Kirana dan Mahajeng Kanaya. Saya ibu rumah tangga yang nyambi jadi PNS. Untuk menjalin kerja sama, silakan hubungi saya.

8 komentar untuk "Selain Menyesuaikan Jenis Sisir Rambut, Ini Tips Agar Rambut Tetap Sehat"

  1. Yap, setuju mbak. Kalau dulu mikirnya semakin sering rambut disisir maka semakin mudah diatur gitu ya kan, padahal malah jadi berdampak gak baik kalau keseringan menyisir rambut, hehe

    BalasHapus
  2. Siap mengikuti petunjuk ... kakak ...

    BalasHapus
  3. Wah aku baru tahu yg nomer 5 terakhir. Aku malah jarang menyisir rambut gara-gara rontok. Jadi takut buat nyisir.

    BalasHapus
  4. Yang paling sering kulakukan adalah menyisir rambut Saat basah

    BalasHapus
  5. Terima kasih tipsnya, Kak. Semangat dan sukses selalu. 🙏😊

    BalasHapus
  6. Terima kasih kak atas tips nya.
    Sangat bermanfaat terutama untuk wanita yang berambut panjang

    BalasHapus

Berlangganan via Email