Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Kerja Sampingan On Line dari Rumah

tips-kerja-sampingan-on-line-dari-rumah

Siapa yang tidak tahu bahwa bisnis online adalah bisnis yang menjanjikan? Banyak yang tergiur dengan gurihnya bisnis ini. Kerja online tentunya memikat sebagian orang, terutama ibu rumah tangga. Bagaimana tidak? Selain bisa dikerjakan di mana saja, kerjaan ini dapat mendatangkan incone yang tak terhingga karena memiliki jangkauan pemasaran yang luas. 


Macam-Macam Kerja Sampingan Online dari Rumah

Ada banyak pilihan pekerjaan sampingan online yang bisa dijalankan dari rumah. Kawan Suzan dapat bekerja sesuai bidang keahlian atau latar belakang pendidikan. Kawan Suzan juga bisa bidang lain yang bertolak belakang tetapi sudah sangat disukai, misalnya saja hobi memasak.

Berikut ini adalah berbagai contoh pekerjaan on line yang banayk digeluti.

Berjualan Makanan On Line

Maraknya dunia digital dan media sosial menjadikan jualan online sebagai salah satu bisnis on line yang patut diperhitungkan. Belum lagi, berbagai platfoarm berjualan on line yang semakin menjamur. Hal ini tentu saja peluang bagi sebagian orang, terutama mereka yang hobi memasak. Barang apa yang bisa diproduksi dengan modal yang tidak terlalu besar tetapi disukai banyak orang? Makanan!

Cukup modal bahan baku masakan, selebihnya alat masak cukup gunakan alat masak yang ada di rumah. Tidak perlu menyewa gedung untuk membuka toko atau resto. Asal punya HP dan bisa menggaet konsumen melalui media sosial dan belajar digital marketing, bisnis sudah bisa dijalankan.

Kawan Suzan bisa membuat makanan kemasan tahan lama dan dapat dikirim ke mana saja atau makanan siap saji hanya bisa dijual dalam wilayah lokal. Kawan juga bisa memilih untuk memproduksi setiap hari atau pada hari tertentu. Tentu saja selain mempertimbangkan kemampuan produksi, hal ini untuk membeli "eksklusivitas" produk.

Membuka Toko Online

Jika Kawan Suzan tidak memiliki minat dengan dapur, maka solusinya adalah jangan menjual makanan. Banyak produk yang sekarang bisa dijual secara on line, dari baju, mainan, bahkan tanaman. Kawan Suzan juga tidak harus selalu mempunyai produk sendiri. Ada banyak sistem berjualan on line seperti dropshipper atau reseller.

Kawan Suzan dapat memanfaatkan media sosial, marketplace, atau blog dan website sebagai tempat memajang barang-barang jualan. Kunci keberhasilan usaha ini adalah menjaga kepercayaan pelanggan dan konsisten. Banyak orang yang bisa meraup uang puluhan juta hingga ratusan juta hanya dengan menjalankan pekerjaan ini.

Menjadi Freelancer On Line

Tidak dapat menyediakan produk tapi Kawan Suzan punya keahlian yang bisa ditawarkan? Ya sudah, juallah saja! Bahasa kerennya pekerjaan ini adalah freelancer. Apa keahlian Kawan Suzan? Apakah kalian jago membuat desain grafis, membuat pogram, atau menulis? Semua itu bisa dijual sekarang. 

Jika Kawan bingung bagaimana memulainya, bergabunglah dengan situs-situs freelance Indonesia. Jika ingin penghasilan yang lebih menggiurkan, coba bidik platform freelance luar negeri karena nanti bayarannya dollar 😃.


Tips Sukses Kerja Sampingan On Line

Sebenarnya, kerja on line juga membutuhkan usaha yang sama dengan pekerjaan lainnya. Jika mau sukses tentunya dibutuhkan usaha yang serius dan kegigihan yang besar tentunya. Namun, banyak yang akhirnya menyerah ketika pekerjaan online yang mereka tekuni belum juga menunjukan hasil. Pada akhirnya, banyak yang memutuskan berhenti dan kembali memilih menjadi pekerja.

Ketika memutuskan bekerja secara on line artinya Kawan Suzan tidak mempunyai atasan, target, dan peraturan kerja yang harus ditaati seperti ketika bekerja di perusahaan seperti biasa. Kesuksesan pekerjaan ini semua tergantung Kawan Suzan sendiri.

Bagi kalian yang mau menekuni pekerjaan on line sebagai sampingan, berikut tips yang bisa dilakukan.

1. Mengasah Skill

Mengerjakan apa pun tanpa ilmu ibarat orang buta yang berjalan tanpa tongkat. Oleh karena itu, wajib hukumnya bagi kalian yang ingin bekerja sampingan secara on line untuk selalu belajar. Dunia digital berkembang sangat cepat. 

Tak ada kata senior bagi pekerja on line. Semua wajib update ilmu jika ingin maju dan sukses. Karena, sedetik saja berhenti, akan ada puluhan langkah Kawan Suzan bisa tertinggal.

2. Disiplin Diri

Tidak memiliki atasan dan target kerja yang mengikat adalah keuntungan sekaligus kerugian bagi pekerja on line. Keuntungan karena artinya Kawan Suzan tidak harus tunduk pada siapa pun. Namun, jika ini tidak di manajemen dengan baik, Kawan Suzan akan sulit untuk berkembang.

Ini pentingnya Kawan Suzan memiliki target. Untuk menunjang pencapaian target, Kawan Suzan dapat membuat jadwal atau rencana kerja. Tentu saja, disiplin sangat dibutuhkan.

Bekerja on line terlebih bekerja di rumah tentu saja banyak distraksi. Pekerjaan rumah yang tak kunjung selesai, anak yang rewel, atau tamu yang datang silih berganti. Inilah pentingnya membuat jadwal rutin. Kawan Suzan pastinya tahu kapan waktu paling tepat untuk melakukan pekerjaan on line. Untuk waktu-waktu yang tidak mungkin digunakan, ya sudah. Jangan buat jadwal di waku tersebut. Pemetaan waktu ini tentu sangat berpengaruh dalam pencapaian target.

3. Riset Produk 

Tetapkan produk yang mau dijual, mau menjual barang atau jasa? Riset produk dengan saksama. Amati pangsa pasar dan kompetitir produk serupa. Gunakan jurus ATM: amati, tiru, dan modifikasi.

Misal, produk yang dijual makanan. Cek minat pasar. Minta talong orang terdekat seperti saudara, kawan, atau tetangga untuk tes rasa makanan. Pastikan rasa makanan bisa diterima banyak orang. Jika tes rasa sudah dilakukan, beri kesan eksklusif. Buat kemasan yang menarik dan lain dari yang lain. Untuk strategi promosi, buat doto dan video yang menarik. Kekuatan dari berjualan on line adalah pada foto atau video promosi. Bukankah kesan pertama selalu dihadirkan oleh apa yang pertama diihat?

4. Ikuti Komunitas

Salah satu belajar paling ampuh dan juga menjaga konsistensi adalah bergabung dengan komunitas. Bersama teman-teman di komunitas, Kawan Suzan mempunyai banyak teman sefrekuensi yang akan membuat kamu menjaga mimpi. Selain itu, biasanya akan banyak diskusi menarik juga ilmu yang dibagikan antaranggota. Kebanyakan juga akan saling memotivasi dan membantu jika teman dalam komunitasnya mendapat masalah.

5. Buat Portofolio atau CV (Khusus Freelancer)

Untuk Kawan Suzan yang fokus menjadi freelancer sebagai pekerjaan sampingan on line, pikirkan untuk membuat portofolio semenarik mungkin. Portofolio adalah alat untuk menggaet orang menggunakan jasa kamu. Dengan adanya portofolio, klien akan melihat keprofesionalan calon freelancer yang akan mereka pilih. Ada banyak tempat untuk membuat portofolio. Kawan Suzan dapat memanfaatkan LinkedIn. Ingat untuk senantiasa memperbarui portofolio yang dibuat!

Selain menyiapkan portofolio, siaakan juga curriculum vitae. Walaupun sebenarnya semua sudah dapat terbaca melalui portofolio dan berbagai biodata yang bisa ditulis di platform freelance online, tak ada salahnya menyiapkan daftar riwayat hidup yang berisi keahlian dan pengalaman kerja. Kawan Suzan dapat membuat daftar riwayat hidup yang menarik dengan menggunakan Canva. Salah satu aplikasi andalan untuk membuat desain grafis karena memiliki beragam template yang menarik.


Penutup

Bagaimana? Minat menambah pengahsilan melalui kerja sampingan on line? Jika iya, berjuanglah. Peluang mendapat penghasilan melalui digital sangat besar saat ini. Coba cari peluang usaha rumahan yang sekiranya dapat dilakukan dan tentunya menjanjikan.


Susana Devi Anggasari
Susana Devi Anggasari Hai, saya Susana Devi. Mamak dari Duo Mahajeng, Mahajeng Kirana dan Mahajeng Kanaya. Saya ibu rumah tangga yang nyambi jadi PNS. Untuk menjalin kerja sama, silakan hubungi saya.

Posting Komentar untuk "Tips Kerja Sampingan On Line dari Rumah"

Berlangganan via Email