Peluang Usaha Rumahan Ketika Pandemi Corona


Enggak kerasa udah pekan keempat kerja dari rumah. Berangkat ke sekolah paling kalau pas piket atau ada kepentingan saja. Bagi Mamak Mahajeng dan suami yang kebetulan sama-sama abdi negara, virus Corona tidak terlalu berdampak pada pemasukan.Paling-paling pada pengeluaran bulanan yang membengkak saja. Namun, bagi sebagian warga Indonesia, apalagi yang pendapatannya harian, pasti sangat terdampak.

Di lingkaran keluarga dan pertemanan kami, banyak orang-orang seperti ini. Kalau hari ini enggak kerja, ya enggak makan.  Saya sama suami tuh suka sedih banget. Semoga saja virus Corona di Indonesia ini segera bisa berakhir. Kami tuh sering berdiskusi tentang berbagai hal, termasuk peluang usaha yang cukup menjanjikan si tengah pandemi Corona.

Mau tahu apa saja contoh peluang usaha yang kami diskusikan? Baca sampai akhir ya!


1.      Bisnis Masker Kain

peluang usaha rumahan


Sejak merebaknya isu virus yang katanya berasal dari Cina ini, harga masker tidak terkendali. Miris. Bahkan saat Indonesia diterjangan badai Corona, kawan-kawan medis kesulitan untuk menemukan masker. Pemerintah sudah mengimbau bahwa masker bedah hanya untuk tenaga medis dan orang sakit. Untuk orang sehat, gunakan masker kain saja.

Nah, buat kalian yang bisa menjahit di rumah, ini saatnya kamu jadi pahlawan keluarga sekaligus pahlawan negara. Buat masker kain sebanyak-banyaknya. Dapur tetap ngebul, kalian juga bisa membantu orang lain menggunakan masker untuk menghindari virus Corona.

 

2.      Bisnis Jasa Belanja Sayur dan Kebutuhan Pokok

menciptakan peluang usaha di desa

Gara-gara takut akan penyebaran virus Corona ini, banyak yang jadi males ke pasar. Apalagi memang masyarakat diimbau untuk menjauhi kerumunan. Di kota-kota besar sudah ada banya aplikasi untuk belanja sayur dan kebutuhan pokok secara online. Berhubung aplikasi-aplikasi ini jangkauannya belum sampai ke pelosok, Kawan Suzan bisa memanfaatkan momentum ini: membuka jasa belanja.

Peluang usaha yang satu bisa dicoba buat kamu yang tinggal di desa. Kawan Suzan dapat membuat sistem semi-online.  Jadi, Kawan bisa menawarkan jasa dan berinteraksi melalui WA atau media sosial lainnya.

Pesen Mamak cuma satu: HATI-HATI. Patuhi protokol bepergian. Pakai masker dan jangan lupa mandi jika sampai rumah. Bagaimanapun, dapur memang tidak bisa dibiarkan tidak mengepul. Bagi siapapun yang memang harus cari nafkah dengan keluar rumah, semoga Allah selalu melindungi.

 

3.      Bisnis Camilan

peluang usaha makanan

Siapa yang setuju bahwa stock camilan di rumah penting sekali untuk menjaga semua anggota keluarga tetap waras? Sejak kami kerja di rumah, camilan yang sedianya dipersiapkan buat seminggu ludes hanya dalam 2 hari. Tapi, ya tak mengapa. Wong nyatanya juga dimakan dan bikin seneng.

Enggak semua ibu-ibu sempat membuatkan camilan untuk keluarganya, saya misalnya. Makanya, ini adalah peluang bisnis yang menjanjikan. Bisnis camilan akan selalu laris manis dan selalu saja ada penggemarnya. Kebanyakan orang Indonesia suka nyemil, apalagi kalau enggak ngapa-ngapain.  Ayo emak-emak, siap mengambil peluang usaha rumahan yang satu ini?

 

4.      Bisnis Frozen Food

peluang usaha makanan ringan

Hampir semua anak suka dengan frozen food.  Kirana dan Kanaya juga begitu. Nugget, bakso, sempolan, sosis dan semacamnya menjadi persedian wajib yang harus ada di kulkas.

Kalau Kawan Suzan pandai dan hobi masak, mengapa enggak melirik peluang usaha makanan yang satu ini? Hobi tersalurkan, dompet juga terselematkan. Enggak perlu memasarkan jauh-jauh. Jalankan saja secara online. Pasarin di lingkungan tetangga sekitar dan teman terdekat melalui status Whatsapp pasti sudah lumayan.

 

5.      Bisnis Makanan  yang Tidak Mudah Basi

peluang usaha makanan kreatif

Cjiah, kenapa dari tadi yang dibahas peluang usaha makanan mulu ya? Karena memang dasarnya, biar betah di rumah “senjata penyelamat perut” harus aman dulu? J

Sejak kerja dari rumah, saya jadi sering masak. Sehari bisa dua-tiga kali, kadang lebih.

Padahal tadinya belum tentu sehari sekali. Kadang, pas males pasti larinya ke makanan yang awet semacam abon, kering tempe atau kentang, dendeng, ayam ungkep yang tinggal ngegoreng atau manasin sebentar.

Nah, ini bisa jadi peluang bisnis yang menjanjikan kan? Apalagi menjelang ramadhan. Ini juga merupaka salah satu peluang usaha makanan yang modalnya kecil. Made by order saja. Jadi, Kawan Suzan cukup bikin sejumlah pesanan saja.

 

6.      Bisnis Minuman Herbal

peluang usaha bisnis minuman

Sejak Indonesia diserang Virus Corona, rempah-rempah jadi laris manis di pasaran. Harganya pun melejit. Konon rempah-rempah ini mampu menangkal Corona. Padahal sih menurut Mamak Mahajeng, rempah-rempah itu memang sudah lama dikenal bermanfaat untuk menjaga stamina tubuh. Tubuh yang staminanya tinggi, imunitasnya akan baik. Corona bye-bye deh.

Nah, jadi peluang bisnis yang menjanjikan kan? Kawan Suzan bisa membuat paket wedah uwuh maupun minuman serbuk jahe, kunyit, dan sejenisnya. Saya sendiri saja kalau mau mengonsumsi wedang jahe ketimbang bikin repot-repot, mending beli yang sudah jadi serbuk saja. Tinggal seduh, jadi deh! J

 

7.      Bisnis Madu

peluang usaha terbaru dan terlaris

Madu adalah barang wajib yang harus ada di rumah kami. Apalagi sekarang. Saat ini banyak yang sadar pentingnya menjaga daya tahan tubuh. Madu adalah produk alami yang dipercaya mampu melakukan itu. Makanya, bisnis yang satu ini dijamin bakal menjanjikan. Coba saja deh!

 

8.      Bisnis Pulsa

peluang bisnis rumahan

Pandemi Corona membuat berbagai aktivitas harus dilaksakan secara daring alias online. Pembelajaran daring, aktivitas rapat melalui telekonferensi, belanja online, bahkan ghibah pun secara online. J

Makanya, kuota internet harus aman.

Ada peluang usaha yang cukup menjanjikan lagi kan? Walaupun ruang gerak kita terbatas gara-gara wabah Corona, ide dan peluang usaha itu bisa saja ditemukan.

Asal inget ya! Kalau menjalankan bisnis ini, jangan sekali-kali membiarkan pelanggan utang. Bisa-bisa enggak untung, malah buntung.

 

9.      Digital Printing

peluang usaha ketika Corona

Kawan Suzan jago desain grafis? Jangan lewatkan kesempatan yang kalian punya. Di kondisi seperti ini akan banyak banget instansi terutama instansi pemerintah maupun perusahaan besar yang akan berlomba-lomba untuk mengedukasi masyarakat. Edukasi paling sederhana yang bisa menjangkau semua kalangan adalah dengan pamflet dan brosur. Kalau kalian bisa menangkap peluang, virus corona tidak akan menghalangi jalan rezeki kalian kok. Ibarat kata, Tuhan menutup pintu tapi Dia menyediakan jendela. Jadi, pinter-pinternya kita saja menangkap peluang.

 

10.  Blogger

peluang usaha rumahan


Nah ini, peluang usaha paling fleksibel yang bisa ditekuni ketika kalian diimbau untuk diam di rumah.Dulu banget, susanadevi.com dibuat ketika Mamak menjalani masa-masa jadi ibu rumahan. Nah, momen ini serasa membuat saya de javu.

Untuk catatan saja: jika dijalani serius, blogger termasuk salah satu profesi yang menjanjikan lho! Banyak banget teman yang akhirnya memutuskan menjadi full time blogger.

Emangnya dari mana sih blogger dapat penghasilan? Banyaaaaak. Kalian dapat memperoleh penghasilan dari content placement, menang lomba, ataupun iklan. Jadi, daripada bingung mau ngapain, yang punya blog mari bersihkan sarang agar blog kalian kembali menghasilkan! Hahaha ini aslinya ngomong sama diri sendiri

 

11.  Copywriter

Peluang Usaha Menulis

Siapa yang jago kata-kata buat ngiklan? Ternyata eh ternyata, ada loh pekerjaan yang kerjaannya enak banget. Yang suka bucin, suka nulis-nulis, suka update status. Nah, keahlian ini bisa banget loh bikin dompetmu tebel. Dari cerita salah satu kawan yang nyambi jadi copywriter,dia dibayar Rp3000 untuk setiap copywrite yang ia tulis. Kecil? Jangan salah. Ia bisa membuat hingga delapan copywrite setiap harinya. Jadi, sebagai pekerjaan sampingan lumayanlah ya?

 

12.  Penulis Artikel

Peluang Usaha Menulis

Semenjak jadi ibu rumahan, saya baru tahu kalau jurusan saya itu adalah jurusan yang paling mudah menciptakan peluang usaha. Peluang usaha rumahan yang bisa dilakukan siapa saja ya menulis. Menurut sahabat saya yang masih nerima job artikel, ia dibayar Rp20-30ribu per artikel yang ia tulis. Sebulan, ia bisa dapet Rp500.000-an hanya dari job artikel ini. Padahal ini hanya pekerjaan sampingan. Gimana kalau bener-bener ia jadikan pekerjaan utama.

 

13.  Penulis di Platform Menulis

peluang usaha menulis

Kalau minat kamu di menulis tinggi, coba deh menulis di platform menulis yang lebih serius. Seperti kawan yang satu ini. Mak Sheila Mu. Sejak Desember 2019, ia menulis di dreame. Menurutnya, nulis di sini lumayan lah kalau cuma buat ngebulin dapur. Pasalnya, bayarannya pake dollar lho! 

Tulisan dengan jumlah kata 30.000 dapet bonus 30$; cerita tamat dapet bonus yang disesuaikan jumlah kata; bisa dapet royalti setelah dapet 500 like, royaltinya lumayan loh: 8%, Gaes!  Buat kamu yang lagi merintis karier penulisan, layak dicoba deh nulis di platform berbagi tulisan kaya ini.  Oh iya, yang penasaran sama tulisannya, bisa cek tulisannya yang berjudul Kania dan Kekasih Bayangan.

 Siapa yang mulai tertarik sama peluang usaha yang satu ini? Hobi tersalurkan, dapet pahala lagi. Kok bisa? Soalnya jadi nyediain bahan bacaan online gratis buat orang lain. J

14.  Penulis di Surat Kabar

Peluang Usaha Menulis

Menulis di koran atau surat kabar maupun media online masih menjadi peluang usaha di bidang tulis menulis yang sangat menjanjikan. Karena honornya lumayan, maka usahanya pun lebih berat, kecuali kamu sudah cukup punya nama. J

Honor paling kecil yang bisa kamu dapet adalah Rp100.000. Di Mojok, saya pernah baca tulisan seseorang di Quora honor tulisan katanya sekitar Rp250-300ribu. Lumayan kan?

 

15.  Gamer

Gamer peluang kaya

Geng Rebahan mana suaranya? Hampir setiap hari status WA saya dipenuhi status anak-anak sedang bermain game online. Yah, daripada keluyuran enggak masalah lah bermain game online. Toh, jika ditekuni game online bisa menjadi salah satu cara medapatkan penghasilan.

Salah satu murid saya, Ages Wiratama,  sering menang lomba. Bahkan dia mengaku pernah dapat hadiah Rp2juta untuk game yang dia ikuti. Bukan angka yang kecil mengingat ia masih duduk di bangku SMP.

Nah, kalau Kawan Suzan suka nge-game, jangan sampai deh nge-game-nya Cuma buat ngisi waktu saja. Kalau memang suka sama seuatu, tekuni! Bukan hanya ngisi waktu, tapi syukur-syukur bisa ngisi dompet. J

 

16.  Youtuber

Peluang Kaya jadi Youteber

Saya yakin semua orang punya kelebihan. Kenapa enggak mengeksplorasi kekuatan yang dimiliki? Kalau sudah tahu apa kelebihan kita, bagikan video-video yang bermanfaat buat orang lain sesuai dengan kelebihan yang kita milki. Suka masak misalnya, buat chanel Youtube yang berisi konten-konten masakan. Sedekah dengan membagi pengalaman dan pengetahuan tapi bisa dapat uang, mengapa tidak?

 

17.  Bisnis Hand Sanitizer dan Disinfektan

Peluang Usaha ketika ada Corona

Semua juga tahu semenjak adanya Corona, hand sanitizer dan disinfektan jadi barang langka. Saya rasanya, jika Kawan Suzan melirik usaha ini pasti ada saja yang membeli. Cuma pesen Mamak, kalau kalian mau ambil peluang usaha yang ini: Jangan banting harga dan jual produk palsu ya!

Nah, Kawan Suzan. Itu tadi peluang usaha yang cukup menjanjikan untuk dilakukan di tengah pandemi Corona saat ini. Mudah-mudahan bisa jadi inspirasi dan bermanfaat. Patuhi imbauan Pemerintah untuk diam di rumah adalah keharusan. Namun, menjaga kestabilan rumah tangga juga tidak boleh diabaikan. Oh iya, jika masih butuh ide atau peluang usaha lain, bisa lihat artikel yang ditulis sahabat saya: Peluang Kerja dari Rumah yang Nggak Bikin Mati Gaya Saat Coronavirus Melanda.

Semoga siapa pun yang mengalami masa-masa sulit mendapatkan penghasilan, dimudahkan dan ditemukan pintu lain untuk mendapatkan rezeki.


Susana Devi Anggasari
Hai, saya Susana Devi. Mamak dari Duo Mahajeng, Mahajeng Kirana dan Mahajeng Kanaya. Saya ibu rumah tangga yang nyambi jadi PNS. Untuk menjalin kerja sama, silakan hubungi saya.

Pos Terkait

1 komentar

Posting Komentar

Sugeng rawuh di susanadevi.com. Silakan tinggalkan jejak di sini. Semua jejak yang mengandung "kotoran" tidak akan ditampilkan ya!

Subscribe Our Newsletter