Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghilangkan Garis Merah di Word

cara-menghilangkan-garis-merah-di-word

Sadar tidak ternyata ketika mengetik sesuatu di Word, ada garis merah bergelombang di bawah setiap kata yang ditulis. Terkadang garis merah itu tampak mengganggu, terlebih jika kita membutuhkan tangkapan layar untuk suatu keperluan. 

cara-menghilangkan-garis-merah-di-word
Garis Merah di Microsoft Word

Coba garis merah pada tangkapan layar di atas! Tampak tidak bersih dan tidak nyaman untuk dibaca bukan? Sebenarnya apa sih fungsi garis merah tersebut? Lalu, bagaimana cara menghapus garis merah tersebut?

Fungsi Garis Merah di Word

Kebanyakan dari kita pasti lebih akrab menulis menggunakan Microsoft Word. Coba perhatikan, ketika menulis Kawan Suzan akan melihat garis gelombang berwarna merah. Nah, ternyata ini salah satu fitur yang ada di Word. Fitur ini dinamakan proofread. Mengaktifkan fitur ini memungkinkan Kawan Suzan mengecek ketepatan penulisan. Biasanya, jika terdapat kesalahan ejaan atau typo akan muncul garis merah bergelombang ini. Ini tergantung pengaturan bahasa yang digunakan ya! Kawan Suzan dapat melihatnya di bagian option.

Cara Menghilangkan Garis Merah di Word

Meskipun membantu dalam penulisan, terkadang fitur ini mengganggu untuk suatu keperluan. Misal suatu waktu saya membutuhkan tangkapan layar untuk keperluan penulisan soal pada ulangan harian. Tulisan yang ada pada tangkapan layar jadi susah terbaca. Oleh karena itu, fitur ini sementara bisa dimatikan. 

1. Pilih -Option-

menghilangkan-garis-merah-di-word

Langkah pertama menghilangkan garis merah di Microsoft Word ini adalah dengan menemukan menu -Option-.  Untuk beberapa versi Microsoft, tampilan dan letaknya bisa saja berbeda. Kawan Suzan bisa menemukannya di menu -File-  atau -Office Button-. Setelah itu, pilih menu -Option-.

2. Ubah Pengaturan Proofing

Langkah selanjutnya adalah memilih pengaturan proofing. Setelah membuka menu -Option-, klik bagian -Proofing-. Untuk menghilangkan garis merah di Word, hilangkan centang pada Check Spelling as You Type. Sebaliknya, klik kembali untuk memunculkan tanda centang jika ingin memunculkan garis merah di Word. Bagian ini berguna untuk mengatur pemeriksaan ejaan. Sesuaikan bahasa yang digunakan di opsi Language. 

cara-menghilangkan-garis-merah-di-word



Jika selain garis berwarna merah ada garis berwarna hijau yang juga ingin dihilangkan, hilangkan centang pada bagian Mark Grammar Error as You Type. Klik kembali untuk memunculkan. Kalau sudah selesai melakukan pengaturan, klik -OK-. Lihat hasilnya, bersih kan? 😀

cara-menghilangkan-garis-merah-di-word-2016

Penutup

Ternyata mudah sekali kan cara menghilangkan garis merah di Word? Sebenarnya sih yang paling penting adalah Kawan Suzan paham apa fungsi dan manfaat yang ada di fitur Microsoft Word. Jadi, sewaktu-waktu Kawan Suzan dapat mengubah pengaturannya sesuai dengan kondisi yang dibutuhkan. Jika Kawan Suzan butuh bantuan untuk mengecek ejaan dan tata bahasa, maka aktifkan Check Spelling as You Type dan Mark Grammar Error as You Type. Namun, jika membutuhkan tampilan Word yang bersih, matikan saja opsi tersebut di fitur Proofing. Semoga bermanfaat!


Salam, 

susana-devi-melukis-jejak-membaris-makna



Susana Devi Anggasari
Susana Devi Anggasari Hai, saya Susana Devi. Mamak dari Duo Mahajeng, Mahajeng Kirana dan Mahajeng Kanaya. Saya ibu rumah tangga yang nyambi jadi PNS. Untuk menjalin kerja sama, silakan hubungi saya.

Posting Komentar untuk "Cara Menghilangkan Garis Merah di Word"

Berlangganan via Email