Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Percantik IG dengan Template Feed Instagram

template-feed-instagram

Percantik IG dengan Template Feed Instagram-Instagram menjadi salah satu media sosial yang menjanjikan. Jika dikelola dengan baik, instagram bisa menjadi ladang pundi-pundi.

Kalau Kawan Suzan ingin menghasilkan uang dari instagram, sudah saatnya memikirkan untuk merapikan feed Instagram kamu.  Feed Instagram adalah tampilan keseluruhan foto yang tampak di akun kita.  Feed Instagram yang menarik tentu akan memikat orang yang mengunjungi akun kita untuk klik tombol "follow". Nah, kalau jumlah follower kita banyak, yakin deh banyak yang menghampiri untuk ngasih rezeki. 😅

Jadi, jangan salah! Media sosial tuh tidak melulu jelek. Banyak juga kok manfaat media sosial.

Berbeda dengan story instagram yang akan hilang setelah 1x24 jam, foto yang kamu posting di feed akan tetap ada dan dapat dilihat siapa saja selama belum kamu hapus atau arsipkan. Tampilan feed yang menarik dan keren akan memberi kesan dan jejak tersendiri bagi mereka yang ngintip IG kamu. Cocok banget untuk kamu yang sedang membangun branding.

Macam-Macam Feed Instagram

Poin paling penting dalam menata feed adalah pola. Jika sudah ada pola yang dipakai, maka tampilan feed akan menarik. 

Terkadang, kita tuh kalau dapat foto yang bagus pengennya segera posting. Iya sih, bisa dapat like dan comment yang tinggi. Sayangnya, kalau tidak dipikirkan konsepnya secara matang, bisa ngancurin feed  kita. Padahal, sebagian besar orang yang memutuskan untuk menjadi follower adalah orang yang mengunjungi profil kita. 

macam-macam-feeds-instagram
Sumber: IG Adorableprojects

Ada berbagai gaya feed Instagram yang bisa Kawan Suzan gunakan. Beberapa referensi ini mungkin bisa dicoba. 

1. Border yang Sama

Kamu enggak mau ribet dengan konsep dan edit foto? Tema feed  yang satu ini cocok untuk kamu. Foto apapun bisa kamu posting kapan pun. Syaratnya mudah. Cukup buat border atau bingkai yang sama untuk setiap postingan yang kamu unggah.

2. Tema yang Sama

Untuk feed yang satu ini, kamu perlu membuat perencanaan. Kawan Suzan wajib membuat konsep branding seperti apa yang ingin ditampilkan. Nantinya, foto yang diunggah di feed Instagram adalah foto-foto yang berkaitan dengan tema-tema yang menguatkan branding yang ingin dibanngun.

Misalnya saja, Kawan Suzan ingin dikenal sebagai traveller. Maka, setiap foto yang yang diposting lebih baik foto-foto tentang perjalanan atau tempat-tempat yang dikunjungi. Atau, jika Kawan Suzan ingin dikenal sebagai seorang yang fokus pada parenting, maka kamu bisa mengunggah foto-foto yang berkaitan seputar dunia anak dan pengasuhan, pendidikan, dan semacamnya. Biasanya, akun yang sudah jelas temanya akan lebih sering dikunjungi kembali karena memberi impresi yang baik .

3. Filter dan Tint yang Sama

Ingin membuat feed Instagram keren tapi enggak mau ribet? Kamu bisa menggunakan cara ini. Cukup gunakan filter dan tint yang sama untuk semua foto yang kamu unggah.

Dengan menerapkan satu filter khusus, kamu seperti memberi "jati diri" untuk feed Instagrammu. Kamu hanya perlu konsisten. Jika kamu konsistem, maka tampilan feed Instagrammu bakal punya nyawa.

4. Garis Horisontal

Masing-masing baris pada feed Instagram terdiri atas 3 foto. Kamu bisa memanfaatkannya dengan mengunggah foto yang memiliki kesamaan pada masing-masing baris. Kamu bisa menyamakan objeknya, polanya, bordernya, atau apalah. Intinya adalah setiap baris itu memiliki kesamaan. 

5. Papan Catur

Apa yang terlinta ketika mendengar "papan catur"? Bidang yang selang-seling. Nah, Kawan Suzan juga bisa memanfaatkan konsep ini untuk mempercantik tampilan feed. Kamu bisa mengganti antara foto dan gambar quote misalnya. Kamu juga bisa mengunggah foto, kemudian selingi layar kosong. Jika konsisten dilakukan, maka tampilan feed  Instagrammu bakal seperti papan catur.

6. Puzzle

Puzzle  tidak akan berarti tanpa potongan yang lain. Begitu pun feed yang ditata dengan metode ini. Penataan feed dengan cara ini adalah dengan memecah sebuah gambar atau foto menjadi beberapa bagian. Ada banyak aplikasi grid yang tersedia di playstore dan dapat diunduh secara gratis. 

Jika kamu memilih cara seperti ini, postingan gambarmu kemungkinan akan mendapat sedikit like. Hal ini dikarenakan terkadang satu bagian yang terposting tidak terlihat bermakna sebelum melihat bagian lain. Namun, jangan khawatir. Feed  dengan tampilan puzzle masih mengundang follower. 

Kalau kamu ingin menggunakan cara ini, sebaiknya cukup pada postingan tertentu, Jangan semua postingan kamu buat model puzzle.

7. Warna Terpusat

Untuk merapikan feed Instagram dengan cara ini cukup mudah. Posting foto atau gambar-gambar yang memiliki satu atau beberapa warna yang sama. Merapikan feed dengan cara seperti ini akan membuat tampilan Instagrammu makin keren.

Dari beberapa pola di atas, kamu bisa memilih mana yang paling "kamu banget". Kawan Suzan juga bisa kok menggabungkan beberapa pola. Intinya, K-O-N-S-I-S-T-E-N. Mau pilih cara yang mana, jika teratur digunakan maka feed Instagram akan terlihat ciamik. 😅


Template Feed Instagram Enggak Basi dengan Bantuan Aplikasi

Aduh, susah oey! Kalau mau Instagram cantik, harus jago desain. 
Kayanya, serahkan ke ahlinya saja deh. Sekarang banyak kok penyedia jasa rapiin feed IG

NO!
Tidak!
Jangan!
Enggak Usah!

Zaman serba canggih gini mah, apa sih yang sulit. Mau jago desain tapi enggak punya bakat apalagi ilmunya? Bisa! Serahkan saja ke aplikasi atau cari template yang bisa diunduh di situs-situs penyedia desain!😅 

Masalahnya, kamu tahu enggak aplikasinya? Ngerti enggak di mana tempat download template feed Instagram? Kan begitu? Nah, banyak kok aplikasi yang bisa membantu kamu buat mempercantik tampilan feed  Instagram. Banyak juga template yang bisa di-download gratis, jadi kamu enggak perlu bingung untuk mulai dari awal.

1. Postylish 

Aplikasi pembuat pos untuk Instagram ini menjadi salah pilihan aplikasi untuk merapikan feed. Banyak sekali pilihan template yang bisa digunakan. Setiap bagian template sudah memiliki kesamaan. Jadi, mudah. Kamu cukup mengisi dengan foto yang sesuai dan tulisan yang pas saja.

2. Puzzle Star

Seperti namanya, aplikasi ini menyediakan template feed Instagram model puzzle. Kamu bisa memilih template kolase-kolase yang disesuaikan dengan gaya kamu. Ada berbagai pilihan template yang tersedia. Kamu bisa memilih puzzle dengan 1 barus, 3 baris, 6 baris, atau 9 baris.Penggunaannya sangat mudah dan simpel. tertarik mencoba?

3. Canva

Siapa yang enggak kenal aplikasi ini? Ini menjadi aplikasi andalan untuk para blogger, influencer, dan orang-orang yang berkecimpung di dunia "permedsosan". Dengan canva, urusan desain-mendesain menjadi mudah. 😅

Canva menyediakan banyak sekali template cantik yang bisa kamu gunakan untuk mempercantik feed Instagram. Kamu hanya perlu memikirkan konsep saja. Jika dengan Postylish dan Puzzlestar kamu udah dapet template yang jadi, dengan Canva kamu baru memiliki setengahnya. Setengahnya lagi, ya konsep itu. Tinggal pilih saja jenis feed yang mau kamu kembangkan.

template-feed-instagram-free

Situs Penyedia Template Feed Instagram Gratis 

Aku enggak suka ngedit pakai HP. Gambarnya burem, pecah!

Oh, tenang saja! Kamu bisa kok ngedit pakai laptop. Yang penting, kamu cukup punya dasar untuk menggunakan Adobe Illustrator atau Adobe Photoshop. Enggak harus mahir kok, namanya saja template ya pasti mudah digunakan. File bentuk EPS bisa diedit dengan Adobe Illustrator dan file PSD bisa diedit dengan Adobe Photoshop.

Kalau kamu mau coba merapikan feed Instagram dengan cara ini, silakan kunjungi situs-situs berikut.

1. Freepik.com

Siapa sih yang enggak kenal agensi mikrostock ini? Nah, di sini Kawan Suzan ternyata juga bisa menemukan template desain yang cocok untuk mempercantik feed Instagram. Tinggal download saja template dalam bentuk PSD-nya, lalu edit deh di laptop kesayangan kamu.

2. BrandPacks.com

Cari template untuk diedit di Adobe Illustrator? Ke BrandPacks saja! Lengkap, termasuk template untuk mempercantik Instagrammu. Banyak sekali pilihannya. Kamu bisa manfaatkan versi gratisnya atau mau yang berbayar. Jangan bilang, kalau ada yang gratis, ngapain bayar!😁

3. Dribbble.com

Dribbble.com adalah tempat para desainer dan ilustrator berkunpul. Selain mencari informasi, kamu juga bisa mendapatkan template yang akan membuat Instagrammu makin kece. Beberapa desainer terkadang membagikan desain mereka secara gratis.

4. Pixelbuddha.net

Ini juga gudangnya template. Download sepuasnya, gratis. Cuma modal subscribe saja. Pastikan punya email cadangan untuk hal begini, jadi email utama tidak penuh dengan pemberitahuan. Kalau enggak punya email cadangan ya enggak masalah sih. Setelah dapat template, kamu bisa berhenti langganan juga sewaktu-waktu.😅

5. Vecteezy.com

Tempat lain yang bisa kamu gunakan untuk mendapatkan tempate feed Instagram gratis adalah Vecteezy.com. Di sini cukup banyak template yang bisa kamu temukan karena hampir setiap hari para desainer mengunggah hasil karyanya. Pilih deh yang sesuai dengan selera kamu.

Bagaimana?

Bukan hal sulit bukan mempercantik tampilan Instagrammu, Beragam template feed Instagram bisa kamu dapatkan melalui aplikasi android atau situs-situs desain. Kamu tinggal pilih, nyaman pakai ponsel atau PC untuk meraciknya? 

Salam, 
feed-instagram-keren


Susana Devi Anggasari
Susana Devi Anggasari Hai, saya Susana Devi. Mamak dari Duo Mahajeng, Mahajeng Kirana dan Mahajeng Kanaya. Saya ibu rumah tangga yang nyambi jadi PNS. Untuk menjalin kerja sama, silakan hubungi saya.

Posting Komentar untuk "Percantik IG dengan Template Feed Instagram"

Berlangganan via Email