Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini Lho Manfaat Positif Media Sosial!

manfaat media sosial

Di era digital sekarang ini, siapa sih yang tidak akrab dengan media sosial? Hampir sebagian orang pasti menjadi pengguna media sosial, baik aktif ataupun pasif. Tujuan setiap orang menggunakan media sosial tentu berbeda-beda. Ada yang digunakan untuk penjenamaan (branding), bisnis, atau sekadar menunjukan eksistensi diri.

Akhir-akhir ini gencar sekali pembatasan akan penggunaan media sosial. Hal ini dikarenakan dampak negatif yang ditimbulkan media sosial.

Namun, bukankah orang yang cerdas adalah orang yang bisa memanfaatkan sumber daya di sekitarnya dengan baik? Demikian juga dalam memanfaatkan media sosial. Ada banyak manfaat positif yang dapat diberikan media sosial. Ini lho manfaat positif media sosial yang wajib kawan-kawan tahu!

Manfaat Media Sosial

Siapa bilang kalau media sosial adalah sesuatu hal yang buruk. Banyak juga kok orang-orang yang mampu memanfaatkan sosial media dengan bijak. Mereka melihat bahwa media sosial adalah sarana yang memiliki nilai-nilai positif yang bisa dimanfaatkan.

1. Penyebaran Informasi Lebih Cepat

Seperti kita ketahui bahwa dengan pesatnya perkembangan media sosial, setiap orang dapat dengan bebas menyebar dan mengakses informasi. Informasi yang dibagikan kepada publik dapat dinikmati orang lain dalam hitungan detik.

Hal itu tentu saja menjadi keuntungan tersendiri bagi kita. Kebutuhan menyebarkan informasi penting dan mendesak dapat dipenuhi dengan kehadiran media sosial. Sebaga contoh nih, ketika terjadi gempa di Lombok kemarin. Dalam hitungan detik kita sudah memperoleh informasi tersebut. Informasi ini penting sekali untuk mengingatkan orang-orang di sekitar Lombok untuk berhati-hati.

2. Memperluas Pergaulan

Media sosial memungkinkan kita menjalin komunikasi dengan siapa saja dan di mana saja. Dengan memanfaatkan media sosial dengan baik, kita dapat memperluas pergaulan.

Memperluas pergaulan itu penting banget, lho! Pernah denger pepatah “banyak teman,banyak rezeki?”
Benar sekali. Mempunyai banyak teman adalah rezeki tersendiri. Rezeki tidak melulu berhubungan dengan uang. Namun, uang dapat datang karena teman kita. Bener enggak?

Media sosial memungkinkan kita bergaul dengan siapa saja, bahkan beberapa orang yang sebenarnya tidak kita kenal sebelumnya. Bergaul dengan beberapa orang di luar sana akan menambah wawasan kita. Kita dapat belajar banyak hal dari teman-teman yang kita temukan melalui media sosial.

Saya nih cukup banyak belajar mengenai blogging dari Mas Febriyan Lukito ini. Walaupun belum mengenal beliau secara langsung, saya merasa beruntung sempat nyasar di blognya. Terima kasih sharing ilmunya ya, Mas.

3. Produktivitas Meningkat

Sebagian orang sudah paham benar bagaimana memanfaatkan media sosial. Orang-orang semacam ini adalah orang yang dapat melihat peluang besar dengan gaya hidup sekarang ini.

Media sosial merupakan salah satu penunjang bisnis yang tidak bisa diremehkan. Dengan branding yang bagus, bisnis akan mudah membesar. Bahkan, bukan tidak mungkin unggahan-unggahan di media sosial mampu meningkatkan pengunjung toko.

4. Menghimpun Massa

Kalau kamu mau mencari pengikut, aktiflah di media sosial. Sungguh, menghimpun massa dan pengikut di media sosial itu mudah, sentuh saja hatinya. Hahaha

Enggak heran deh makanya sering banget kan terjadi black campaign di jejaring sosial. Jejaring sosial sebagai salah satu media sosial adalah kolam yang empuk untuk memancing massa. Enggak perlu saya beberkan alasannya, kalian pasti setuju kan?

Jika dimanfaatkan dengan baik, kemampuan menghimpun massa yang luar biasa ini merupakan salah satu manfaat positif media sosial, lho! Kenal emaknya Andini? Sahabat saya, Santy Amboro Wati Diliana mampu menjual ribuan novel perdananya dengan memanfaatkan media sosial. Keren bukan?

5. Menciptakan Lapangan Pekerjaan Baru

Jika melihat ada seseorang yang tidak pernah ngantor, kerjaannya di rumah hanya bermain gawai tetapi bisa memiliki ini-itu, please jangan menduga mereka punya tuyul atau pesugihan lainnya.

Di era serba digital saat ini, mudah sekali mendapatkan uang. Pesatnya kemajuan media sosial memberi peluang lapangan pekerjaan baru untuk orang-orang kreatif dan berpikir maju.

Lowongan pekerjaan paling tidak pernah disangka sebelumnya, buzzer. Buzzer adalah orang-orang yang dibayar untuk mempromosikan barang orang lain di jejaring sosial seperti Facebook atau Instagram. Cocok sekali untuk orang-orang yang hobi yang nulis status.


Selain buzzer, ada juga istilah influencer untuk orang-orang yang mempunyai pengaruh besar di sosial media. Mereka umumnya akan dibayar mahal untuk memengaruhi orang menggunakan produk tertentu. Siapa sangka, keisengan bermain media sosial ternyata dapat menebalkan kantong, bukan?

Penutup

Nah, ternyata media sosial ini mempunyai beragam manfaat positif kan untuk penggunanya. Sebenernya sih, semua kembali ke diri masing-masing pengguna. Jika kita dapat memanfaatkan media sosial dengan baik dan membatasinya dari hal-hal yang buruk, tentu kita akan dapat merasakan dampat positif media sosial ini.

Kalau Kawan Suzan sendiri bagaimana, apa manfaat positif media sosial bagi kalian? Share yuk di kolom komentar!

Susana Devi Anggasari
Susana Devi Anggasari Hai, saya Susana Devi. Mamak dari Duo Mahajeng, Mahajeng Kirana dan Mahajeng Kanaya. Untuk menjalin kerja sama, silakan hubungi saya.