Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Aktifitas atau Aktivitas, Manakah Penulisan yang Tepat?

aktifitas-atau-aktivitas

Aktifitas atau aktivitas—Menurut Kawan Suzan mana yang tepat? Aktifitas menggunakan "f" atau aktivitas menggunakan "v"?

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia terbaru, kata aktivitas adalah bentuk baku dari aktifitas. Jadi, yang bener adalah yang menggunakan "ve"[v], bukan "ef"[f], apalagi "pe"[p] ya! 😁

Penulisan Aktifitas atau Aktivitas Sesuai PUEBI

Jika mengacu pada Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia, untuk menentukan mana yang lebih tepat antara kata aktifitas atau aktivitas, maka kita harus mencermati kaidah penulisan unsur serapan. 

Dasar penentuannya adalah penggunakan kaidah berikut.
  • -ive (Inggris), -ief (Belanda) menjadi -if
  • -ty (Inggris), -teit (Belanda) menjadi -tas
aktivitas-atau-aktifitas

Kaidah 1

Semua kata serapan yang asalnya katanya berakhiran -ive (Inggris) dan  berakhiran -ief (Belanda) maka diserap dalam bahasa Indonesia dan diubah bentuknya menjadi if. Jadi, penulisan kata yang tepat adalah aktif bukan aktiv.

Bahasa Asal Bahasa Indonesia
active aktif
effective efektif
selective selektif
communicatief komunikatif
descriptief deskriptif

Kaidah 2

Semua kata serapan yang asalnya katanya berakhiran -ty (Inggris) dan  berakhiran -teit (Belanda) maka diserap dalam bahasa Indonesia dan disesuaikan bentuknya menjadi -tas. 

Bahasa Asal Bahasa Indonesia
university universitas
universiteit universitas
quality kualitas
qualiteit kualitas

Jadi, 

Kata aktif adalah kosakata yang diserap dari kata active. Sementara itu, kata aktivitas adalah kata yang diserap dari kata activity. Bukan, kata aktif yang mendapat akhiran-itas. 

Penyerapan yang terjadi pada kata activity adalah penyerapan dengan penyesuaian bentuk akhiran secara utuh. Oleh karena itu, semua bentuk kata dari bahasa Inggris yang berakhiran -ty akan diserap dengan akhiran -itas.

Bahasa Asal Bahasa Indonesia
actuality aktualitas
ambiguity ambiguitas
elasticity elastisitas
fertility fertilitas

Mudah kan? Jadi, penulisan kata yang benar adalah beraktivitas bukan beraktifitas. Bagaimana kalau efektif, mana penulisan yang benar: efektifitas atau efektivitas? Hayo coba dijawab!

Kawan Suzan juga bisa mengasah keterampilan berbahasa kalian dengan mendata kata-kata serapan yang menerapkan kaidah serupa di kolom komentar ya!😀
Susana Devi Anggasari
Susana Devi Anggasari Hai, saya Susana Devi. Mamak dari Duo Mahajeng, Mahajeng Kirana dan Mahajeng Kanaya. Untuk menjalin kerja sama, silakan hubungi saya.