Cara Mudah Membuat Menu di Blog Tanpa Edit HTML

cara membuat menu dropdown di blog


Dari mana sejatinya belajar dimulai? MASALAH.  

Ya, saya bilang masalah adalah asal muasal pembelajaran. Darinya awal semua pelajaran dimulai. Semua pengetahuan saya mengenai blog dimulai ketika saya menemui masalah. Saya cukup beruntung menikmati dunia yang dimudahkan dengan teknologi. Banyak hal dapat ditanyakan melalui Google atau pun sahabat yang bahkan belum pernah kita temua di dunia nyata. Inilah salah satu manfaat media sosial yang saya syukuri.

Kali ini saya ingin berbagi mengenai cara membuat menu dan sub menu blog paling asyik. Tanpa ribet. Menurut saya, ini adalah cara membuat menu di blog paling mudah karena tanpa edit html yang bikin kepala pusing tujuh keliling.


Menu dan Submenu di Blog


cara membuat menu di blog tanpa edit html
Menu dan Submenu Blog


Melihat gambar di atas, apakah kawan Suzan sudah memiliki gambaran mengenai menu dan submenu pada tampilan blog?

Menu adalah pilihan agar pengunjung blog kita mudah menemukan artikel sesuai kategori tulisan. Sementara submenu adalah daftar pilihan dari menu utama. Keberadaan menu dan submenu tentunya akan memudahkan navigasi untuk pengunjung blog kita.

Awal saya memakai blogger, saya kesulitan ketika ingin membuat menu dan submenu ini. Di Google banyak sekali tutorialnya, tapi kebanyakan menggunakan kode html. Jujur, saya sering gagal ketika harus mengotak-atik kode html.

Untungnya ada banyak sahabat sesama blogger yang bisa ditanya. Nah, apa yang saya tulis ini adalah jawaban dari Mbak Marita. Sengaja saya tulis biar yang sedang mengalami masalah seperti yang saya alami enggak bingung lagi.


Membuat Menu dan Submenu dengan Gadget Daftar Link



cara membuat menu di blog tanpa edit html pada blogger
Cara Membuat Menu Pada Blogger

Untuk membuat menu ini, silakan Kawan Suzan masuk ke tata letak pada dashboard blogger. Pada bagian paling atas atau mainnav, tambahkan gadget Daftar Link.

Sebelum membuat ini, ada baiknya Kawan Suzan sudah mempunyai rancangan menu dan submenu yang ingin ditampilkan. Jadi, kerja kalian akan lebih mudah dan cepat.


1. Membuat Menu

Untuk membuat menu ada dua langkah yang harus dilakukan.

a.      Nama situs diisi dengan nama menu yang ingin ditampilkan

b.      Url situs baru diisi dengan alamat link pencarian sesuai label, misal 

https://www.susanadevi.com/search/label/Ruang Imaji

Silakan ganti https://www.susanadevi.com/ dengan nama blog kalian dan Ruang Imaji dengan label yang kalian kehendaki. Ulangi langkah ini sesuai dengan jumlah menu yang dikehendaki


cara membuat menu bar di blog untuk pemula
Membuat Menu dan Submenu dengan Gadget Daftar Link

2. Membuat Submenu

Untuk membuat submenu atau dikenal dengan menu dropdown, caranya mudah sekali. Cukup tambahkan tanda "_" (garis bawah) di depan nama/ judul menu yang dikehendaki. Prosesnya sama dengan membuat menu ya.

a.      Nama situs diisi dengan nama menu yang ingin ditampilkan

b.      Url situs baru diisi dengan alamat link pencarian sesuai label

 

3. Mengatur Menu dan Submenu dengan Gadget Daftar Link

Untuk mengatur menu dan submenu, Kawan Suzan tinggal mengurutkan dengan cara menaikturunkan menu sesuai dengan urutan yang diinginkan. Untuk submenu, letakkan dibawah menu yang dikehendaki. Misal untuk menu Ruang Imaji saya menghendaki submenu Puisi dan Prosa, maka submenu Puisi dan Prosa harus di bawah Ruang Imaji. Ingat, tanda "_" (garis bawah) jangan sampai lupa ya! Tanda itu digunakan untuk membuat situs itu menjadi submenu

Bagaimana? Ternyata mudah bukan? Kawan Suzan tidak perlu bingung otak-atik kode html untuk membuat menu dan submenu di blog. Setuju kan kalau ini adalah cara membuat menu bar di blog yang sangat cocok untuk pemula? Mudah dan pastinya tanpa ribet.

Selamat mencoba dan semoga berhasil.

 


Susana Devi Anggasari
Hai, saya Susana Devi. Mamak dari Duo Mahajeng, Mahajeng Kirana dan Mahajeng Kanaya. Saya ibu rumah tangga yang nyambi jadi PNS. Untuk menjalin kerja sama, silakan hubungi saya.

Pos Terkait

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter