Menjelang Tahun Baru, Begini Cara Membuat Resolusi

Resolusi 2020


Sudah di penghujung tahun. Enggak kerasa 2019 tinggal beberapa hari saja. Bagaimana tahun 2019 kalian, Kawan Suzan? Bagi Mamak Mahajeng, tahun 2019 adalah tahun yang luar biasa.

Beberapa mimpi yang bahkan sebenarnya sudah dikubur justru tercapai dengan mudah. Beberapa target pengembangan diri banyak melesat. Namun apa pun itu, Mamak Mahajeng bersyukur untuk setiap hal yang sudah terjadi di 2019.

Menjelang tahun baru identik dengan resolusi. Hampir sebagian postingan di media sosial atau tulisan di blog membahas tentang ini. Sebenernya apa sih pengertian resolusi?

Apa Sih Resolusi Itu?


Arti resolusi
Makna Resolusi Berdasarkan KBBI

Kalau secara leksikal alias makna kamus, resolusi mempunyai tiga pengertian. Coba deh Kawan Suzan perhatikan! Sama sekali enggak ada kaitannya dengan pengharapan atau pencapaian, bukan?

Makna Pertama


re.so.lu.si1 /résolusi/
n putusan atau kebulatan pendapat berupa permintaan atau tuntutan yang ditetapkan oleh rapat (musyawarah, sidang); pernyataan tertulis, biasanya berisi tuntutan tentang suatu hal: rapat akhirnya mengeluarkan suatu -- yang akan diajukan kepada pemerintah.


Kawan Suzan pasti akrab dong dengan Resolusi PBB? Nah, penggunaan  kata resolusi pada Resolusi PBB menurut Mamak Mahajeng merujuk pada pengertian ini.

Makna Kedua

re.so.lu.si2 /résolusi/
n Komp pengukuran tingkat ketajaman gambar yang dihasilkan oleh pencetak atau monitor.

Ketika Kawan Suzan membaca ulasan mengenai HP, pasti Kawan Suzan pernah menemui kalimat semacam ini. Resolusi kamera mencapai 20 MP membuat kualitas gambar yang dihasilkan sangat tajam.  Nah, kata resolusi pada kalimat tersebut merujuk pada makna kedua kata resolusi: banyak piksel yang mampu ditangkap sensor kamera (digital). 

Makna Ketiga

re.so.lu.si3 /résolusi/
n proses atau tindakan memisahkan materi seperti senyawa kimia atau sumber radiasi elektromagnetik ke dalam bagian penyusunnya.

Nah, kalau makna yang ketiga ini berkaitan dengan ilmu kimia. Mamak Mahajeng enggak bisa menjelaskan. Intinya resolusi adalah istilah dalam bidang kimia.

Nah, lho? Enggak ada benang merahnya sama sekali antara makna resolusi berdasarkan KBBI dengan resolusi yang dimaknai sebagai pengharapan ketika menyambut tahun baru.


Perluasan Makna Resolusi


Kalau kita mau tahu sejarah penggunaan kata resolusi sebagai bentuk pengharapan atu apa saja yang akan kita capai di tahun yang baru, kita bakal nemuin banyak artikel. Salah satunya yang mengaitkan penggunaan kata resolusi dengan tahun baru adalah masyarakat Babilonia ketika perayaan Akitu ribuan tahun silam. Kalau Kawan Suzan penasaran, kawan-kawan bisa berselancar sendiri. 

Jika dilihat dari makna leksikalnya, tentu saja kata resolusi tidak tepat jika dikaitkan dengan tahun baru. Namun, yang namanya bahasa itu dinamis Saudara. Bahasa adalah penanda manusia. Manusia selalu bergerak, berkembang; tak heran jika bahasa pun demikian.

Merujuk pada makna pertama, resolusi mengandung unsur tuntutan. Bisa dibilang bila resolusi adalah tuntutan terhadap diri sendiri di masa mendatang, di tahun yang baru. Jadi, ya enggak masalah juga lah ya kata resolusi dikaitkan dengan tahun baru. Kalau disambung-sambungin, masih bisa kok. 😃

Tapi, kalau Kawan Suzan enggak setuju, mungkin Kawan Suzan bisa menyebutnya sebagai Tekad Tahun Baru, sepert Goenawan Muhamad.




Strategi Membuat Resolusi


Pernah enggak dapat komentar, kamu tiap tahun bikin resolusi tapi isinya sama mulu. Enggak ada yang berhasil dong? Aku dong, sering! Namanya juga usaha. 

Tahun 2020 aku enggak mau asal bikin resolusi. Ada beberapa hal yang aku pertimbangin. Nah, ini cara Mamak Mahajeng menyusun resolusinya. 

1. Wajar


Kata orang kalau mimpi yang gede sekalian. Seandainya semesta mengamini, enggak nyesel mimpinya terlelu receh. 

Bener, sih. Tapi, kalau untuk resolusi enggak deh.  Kalau pegawai, tiap awal tahun ada penyusunan SKP tuh. Belum tentu rencana SKP yang muluk-muluk hasilnya oke. Sama dengan bikin resolusi. Ketimbang bikin resolusi super wah tapi sampai akhir tahun enggak terlaksana, mending bikin resolusi yang realistis saja.

Apa resolusi paling wajar untuk tahun  2020 buat Mamak Mahajeng?
Mamak Mahajeng pengen banget bisa kirim tulisan ke media. Mudah-mudahan saja berhasil, ya!

2. Rinci


Resolusi tahun baru harus rinci. Tujuannya apa? Agar tepat sasaran. Misalnya nih resolusi tahun 2020 Mamak Mahajeng pengen punya berat bada ideal, yakni 55 kg. Untuk resolusi yang ini, tolong diamini ya temen-temen!

3. Terukur


Artinya, ada standar yang jelas. Pencapaian seperti apa yang ditargetkan.  Misalnya nih, tahun 2020, Mamak Mahajeng pengennya minimal satu minggu bisa posting satu tulisan di susanadevi.com.

4. Komitmen


Ini paling penting, Kawan. Apapun, tanpa komitmen yang kuat tidak akan tercapai. Kalau aku sendiri sih biasanya suka nulis apa saja yang mau aku capai. Tujuannya sih sederhana, kalau enggak sengaja membaca lagi jadi timbul tekad untuk mencapai apa yang sudah ditargetkan.

5. Bagikan 


Bagi Mamak Mahajeng, penting sekali ada orang lain yang tahu resolusi yang kita targetkan. Untuk apa? Untuk mengawasi dan mengingatkan. Aku sih biasanya menceritakan apa saja yang ingin kucapai kepada Pak Tadjie. Jadi, Pak Tadjie bisa jadi satpam dan membunyikan alarm kalau aku ngelakuin hal yang bakal membuat targer 2020 gagal. Misal nih, Mamak Mahajeng tuh suka banget ngemil. Kalau Pak Tadjie lihat Mamak asyik sama camilannya, doi pasti bilang, “Katanya mau diet?”
Enggak tahu kenapa, camilannya jadi pahit!

Makanya, kalau Kawan Suzan punya resolusi untuk tahun 2020 jangan sungkan berbagi. Melalui postingan ini ,Mamak Mahajeng juga mau membagi Target tekad Tahun Baru, ah. Semoga aj bisa jadi pengingat dan penyemangat untuk mencapai.


Resolusi 2020 Mamak Mahajeng


1. Minimal satu minggu satu kali harus punya waktu yang berkualitas bersama Duo Mahajeng

Entah bikin mainan bareng, jalan-jalan tipis, atau kruntelan seharian di kasur. 

Kirana tuh masih suka drama. Liburan kali ini dia bilang “Nana seneng Ibuk di rumah. Nana enggak mau main di luar, ah. Nana kangen Ibuk!”

Aduh … duh … duh, Na! Mamakmu tuh rasanya mau salto kalau kamu ngomong gini, Nduk.
Tapi, emang PR banget sih buat Mamak Mahajeng dan Pak Tadjie. Pokoknya wajib banget ini mah ngeluangin waktu sehari full buat Duo Mahajeng.

2. Minimal satu minggu satu kali menerbitkan tulisan di blog ini


Aku enggak mau bayar domain sia-sia. Eh …

Enggak, sih! Menulis itu menurutku kebiasaan juga. Kalau sudah terlalu lama mandek, rasanya susah buat mulai lagi. 

3. Minimal sampai bulan Juni, tulisanku bisa nembus media


Mamak Mahajeng tuh lagi getol banget belajar nulis. Mudah-mudahan bisa membuat tulisan yang masuk kriteria media.

4. Minimal sampai Desember nyantol lomba blog


Enggak harus juara 1 sih, tapi kalau jadi juara enggak nolak juga.

5. Punya usaha sampingan yang kerannya mengucur deras


Jadi, kalau ada orang datang mau pinjem duit enggak kesulitan nyari alasan karena uang di dompet tinggal selembar.

Bismillah, semoga apa pun yang dipanjatkan sampai ke langit, diamini semeta, dan diijabah Sang Pemilik Segala Keputusan.

Nah, Mamak Mahajeng sudah membagi resolusi 2020-nya. Kalau Kawan Suzan sendiri, apa resolusi kalian untuk tahun depan?

Susana Devi Anggasari
Hai, saya Susana Devi. Mamak dari Duo Mahajeng, Mahajeng Kirana dan Mahajeng Kanaya. Saya ibu rumah tangga yang nyambi jadi PNS. Untuk menjalin kerja sama, silakan hubungi saya.

Related Posts

2 komentar

  1. Semoga salah satu resolusinya terwujud, ya, Mamak. Selalu kagum dengan setiap pencapaianmu. Terima kasih sudah menularkan banyak ilmu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin. Makasih sayangkuuuu. Begitu pun denganmu.

      Hapus

Posting Komentar

Sugeng rawuh di susanadevi.com. Silakan tinggalkan jejak di sini. Semua jejak yang mengandung "kotoran" tidak akan ditampilkan ya!

Subscribe Our Newsletter