Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ide Main Bersama Anak dari Instagram


ide-main-anak


Ide Main Bersama Anak dari InstagramGara-gara pandemi virus Corona atau Covid-19 semua orang dimbau untuk di rumah oleh Pemerintah. Sebagai abdi negara yang baik, tentu Mamak Mahajeng harus patuh dong. Setidaknya, ada beberapa hal yang harus saya syukuri dengan adanya kondisi ini. Emang bener sih di setiap ada kesulitan, pasti ada hikmah yang dapat diambil.

Gara-gara imbauan “Kerja dari Rumah”  saya jadi punya waktu lebih banyak di rumah. Ada banyak hal yang tadinya susah dan mewah untuk saya, sekarang bisa dilakukan. Apalagi kalau bukan bermain bersama Kirana dan Kanaya?

Emh… masalahnya, yang namanya anak-anak itu kan mudah bosen. Makanya, Mamak harus punya stok ide: mau bermain apa ya hari ini? Untung saja Mamak adalah aktivis media sosial (red: orang yang aktif bermain media sosial [LoL]). Ada banyak banget inspirasi bermain bersama anak yang bisa dicari dari media sosial. Kalau saya, tempat favorit saya nyari masih di Instagram.

Banyak kok ide main di rumah yang bisa dicontoh atau diadopsi. Jenis-jenis permainan yang ada rata-rata bersifat mendidik dan menanamkan nilai-nila yang bagus banget untuk pondasi belajar ke tahap berikutnya. Mau tahu siapa saja sih akun instagram yang sering Mamak kepoin untuk mencari ide bermain saat di rumah bersama anak-anak? Ini dia!


1.        @sekolahkudirumah

sekolahku di rumah
Sekolahku Di Rumah

Akun yang dikelola @indah_ummukhadijah yang menaruh perhatian besar pada pendidikan anak di rumah ini menyuguhkan kegiatan bermain yang bisa dicontoh. Dengan prinsip “ibu adalah sekolah pertama”, rasanya @indah_ummukhadijah ini ingin menguatkan pondasi pendidikan dari dalam rumah. Ia punya slogan "Sekolahku ... Ya di Rumah". Katanya, penting sekali mempersiapkan anak di usia awalnya di rumah sebelum tiba saatnya memasuki sekolah umum. Wuih, kalau semua berpikir begini, tugas guru di sekolah akan lebih ringan nih. 


2.        @olabanana.id

ide main bersama anak
Olabanana.id

Di sini, Kawan Suzan bakal nemuin banyak ide mainan ala-ala montessori begitu. Paling seneng berkunjung di sini itu karena semua bahan yang digunakan bermain adalah barang-barang yang biasanya ada di rumah, seperti gelas, terigu, pewarna makanan, dan sejenisnya.

3.        @khayli_montesstory

ide main bersama anak
Khayli Montesstory

Ibu dari Kaylila ini membagikan pengalamannya melakukan pendidikan montessori di rumah melalui feed instagramnya. Saya termasuk yang senang dengan pendidikan menggunakan metode ini. Dengan metode ini, anak diajak belajar melalui pengalaman nyata yang menyenangkan.


4.        @1001idebermainanak

Ide Bermain Bersama Anak

1001 Ide Bermain Anak


Seperti nama akunnya, akun ini berisi banyak sekali ide main yang bisa dilakukan bersama anak. Akun ini me-repost postingan yang memiliki #1001idebermainanak. Jadi, kita enggak repot-repot nyari aktivitas menarik untuk bermain di rumah dari akun-akun ig yang lain.


5.        @idemainanak.id

Ide bermain bersama anak

Ide Main Anak


Konsep yang diusung akun ini sama dengan akun sebelumnya. Admin memposting ulang posting akun-akun IG dengan #idemainanak.Jadi, kita tinggal pilih deh hari ini mau mengadopsi ide yang mana?


6.        @tutorialmainankardus

ide main di rumah
Tutorial Main Kardus

Akun yang dikelola @uchywidya ini fokus pada mainan-mainan yang bisa dibuat dengan bahan kardus. Kalau saya butuh usaha lebih buat mainan beginian. Biasanya saya nyari-nyari gambar, lalu minta Pak Tadjie buat eksekusi.


7.        @rumahmainstream

ide bermain bersama anak
Rumah Main STREAM

Rumah main STREAM adalah tempat bermain dan belajar Science, Technologi/ Traditional, Art, Mathematics. Di feed Instagramnya, banyak sekali aktivitas bermain yang juga melatih kemampuan otak. Penasaran? Langsung meluncur ke TKP saja, ya!


8.        @geassa.panggalih

ide bermain bersama anak
Geassa Panggalih

Kalau Kawan Suzan punya anak balita, maka kalian wajib ikuti #kegiatangeassa untuk dicontoh. Pasalnya kegiatan bermain yang dilalukan Geassa ini bener-bener bukan sekadar buat senang-senang, tapi edukatif. Enggak sabar menuju ke akunnya pasti, kan?


9.        @happytoddlerplaytime

ide bermain bersama anak
Happy Toddler Play Time

Akun yang dikelola Mandisa, ibu 3 anak, ini kerap membagikan aktivitas bermain anak-anaknya. Berbagai kegiatan bermain untuk bayi, balita, dan anak prasekolah ada di sini.


10.    @rumahmainanak

Rumah Main Anak
Rumah Main Anak

Siapa sih yang enggak kenal Buku Rumah Main Anak-nya Julia Sarah Rangkuti? Kalau saya bingung mau bermain apa hari ini, kadang saya bertandang ke akun ini. Hanya sayang, sejak 12 Frebruari 2019 belum ada postingan terbaru di akun ini.

Wah .. Banyak juga kan akun Instragram yang bisa diintip-intip untuk menemukan ide bermain bersama putra-putri. Silakan berkunjung ke akun-akun tersebut dan buat rencana bermain selama masa kerja di rumah ya!


Susana Devi Anggasari
Susana Devi Anggasari Hai, saya Susana Devi. Mamak dari Duo Mahajeng, Mahajeng Kirana dan Mahajeng Kanaya. Saya ibu rumah tangga yang nyambi jadi PNS. Untuk menjalin kerja sama, silakan hubungi saya.

4 komentar untuk "Ide Main Bersama Anak dari Instagram"

  1. Waaah mbaa, berguna niih bbrp akunnya bisa aku follow utk cari ide main Ama anak :D. Selama Wfh, aku jg kdg puyeng mau bikin apa lagi sama anak.kalo kmrn2 seringnya masak bareng :D. Sbnrnya aku jg ga jago masak. Tp nth Napa selama Wfh, jd suka cari resep mudah buat dibikin cemilan utk kluarga. Naah aku suka ajakin anak2 supaya ikutan bantu2 :D. So far mereka seneng, tp ga bisa jg tiap HR begitu :D.

    Jd kalo aku kehabisan ide, aku liat dr akun2 di atas deh :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah ... Seneng dengernya, eh bacanya. :)

      Hapus

Berlangganan via Email