Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dekorasi Rumah Kecil agar Terlihat Luas

dekorasi-rumah-kecil-dan-sempit


Perumahan-perumahan bersubsidi semakin menjamur. Sayangnya, semakin ke sini kok keliatannya semakin sempit ya rumahnya. Tapi, mau beli rumah yang ukurannya sesuai di hati juga butuh perjuangan. Nah, solusinya adalah pada bagaimana mendekorasi rumah sehingga menampilkan kesan luas, lapang, dan lega. 

Trik Dekorasi Rumah untuk Rumah Mungil

Beberapa trik dekorasi yang dilakukan bisa membuat ruangan yang sempit tampak lebih luas, lho! Apa saja yang bisa kamu lakukan agar ruangan-ruangan sempit yang kamu miliki tampak lebih lapang dan terasa lega?

1. Pemilihan Warna

Pemilihan warna cat interior dan eksterior ternyata sangat berpengaruh. Warna-warna muda dan cerah akan memantulkan cahaya ke seluruh ruangan. Jadi, jika Kawan Suzan memilih warna cat interior seperti ini ruangan yang sempit akan terkesan lebih luas. Sebaliknya, jangan pilih warna-warna gelap jika Kawan Suzan mempunyai ruangan yang tidak luas. Warna-warna ini akan membuat ruangan terasa lebih sempit. 

dekor rumah minimalis

Untuk menyiasati ruangan sempit agar tampak lebih luas, pilihlah warna putih, krem atau warna-warna pastel yang cerah dan terang sebagai warna cat interior rumah Kawan Suzan.

2. Pemilihan Perabotan 

Pilihlah perabot rumah tangga yang ukurannya proposional dengan ruangan yang dimiliki, Kawan Suzan tidak perlu lantas membeli barang-barang dengan ukuran kecil, tapi pilihlah perabotan yang memang dibutuhkan dan pas ukurannya.

Selain itu, Kawan Suzan juga bisa memilih memilih perabot yang multifungsi, misalnya rak yang ternyata bisa difungsikan sebagai pembatas ruangan atau meja yang ternyata bisa digunakan sebagai rak penyimpanan. memilih perabot multifungsi akan menghemat tempat untuk satu atau dua barang yang harusnya diletakan.

3. Gunakan Material Transparan atau Reflektif

Material transparan atau refelhtif ini mampu memberi efek visual karena sifatnya memantulkan cahaya. Kawan Suzan dapat memanfaatkan material akrilik atau kaca pada dekorasi rumah. Pintu geser atau dinding yang terbuat dari kaca bisa menjadi solusi untuk memberi efek lega pada ruangan.

4. Pencahayaan yang Baik

Pencahayaan menjadi salah satu hal penting yang harus kamu perhatikan dalam menata rumah mungil. Ruangan yang terang akan terasa jauh lebih luas.

Kawan Suzan dapat memanfaatkan setiap bukaan pada rumah untuk mendapatkan cahaya alami. Maksimalkan penggunaan kaca pada jendela dan daun pintu sehingga cahaya dapat masuk walau dalam keadaan tertutup.Namun, jika itu tidak memungkinkan, Kawan Suzan bisa melirik "skylight" sebagai alternatif pilihan desain sehingga cahaya tetap bisa menyelinap masuk.

Jika pencahayaan alami tidak mungkin dimaksimalkan, pilihan satu-satunya adalah memaksimalkan pencahayaan buatan. Selain menggunakan lampu utama cukup terang, Kawan SUzan dapat menambahkan lampu-lampu hias pada sudut ruangan yang biasanya minim terkena cahaya.

Penutup

Percayalah setiap masalah pasti hadir sepaket dengan solusinya. Jika saat ini Kawan Suzan baru bisa memiliki rumah mungil, jangan berkecil hati. Penataan rumah yang tepat akan membuat ruangan tetap bisa tampak lebih luas dan lega, kok! Kawan Suzan tertarik mempraktikan trik di atas?

Susana Devi



Susana Devi Anggasari
Susana Devi Anggasari Hai, saya Susana Devi. Mamak dari Duo Mahajeng, Mahajeng Kirana dan Mahajeng Kanaya. Untuk menjalin kerja sama, silakan hubungi saya.