Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apertemen: Solusi Hunian yang Aman dan Nyaman

Solusi Hunian yang Aman dan Nyaman

Hunian yang nyaman kini menjadi kebutuhan yang wajib dipenuhi. Tempat tinggal bukan lagi sebatas tempat untuk pulang setelah letih dari kerja seharian. Namun, lebih dari itu. Hunian yang nyaman adalah hunian yang mampu memberi rasa aman dan mendukung pekerjaan.

Mengapa Apartemen?

Apartemen menjadi opsi yang banyak dipilih oleh manusia modern. Pasalnya, ada banyak keuntungan dibanding rumah konvensial.

1. Tidak Ribet

Membangun rumah, selain menyita biaya, juga menguras tenaga dan pikiran. Iya sih, bisa kok menyerahkan pada ahlinya, tapi tetap saja otaknya ada di kita. Nah, kalau apartemen, kita cukup memilih apartemen yang sesuai sama selera kita. Ibarat kata, asal punya uang, kita tak perlu repot memikirkan ini-itu, cukup beli atau sewa apartemen yang kita mau.

2. Anggaran Fleksibel

Pernah dengar kalau kata orang, ngurusi rumah mah enggak bakal ada habisnya? Pengalaman beberapa orang terdekat saya nih, anggaran yang dikeluarkan ketika membangun rumah biasanya melenceng jauh dari anggaran yang direncanakan. Kalau tidak cermat, pembengkakannya bisa ngadi-adi. Lain dengan apartemen, cukup lihat katalog yang ada, sesuaikan saja sama “ketebalan” dompet kita. Beres!

3. Aman

Hari gini, sering banget kan ada berita kemalingan. Mending kalau cuma rumah dimaling, kadang bahkan sampai terjadi pembunuhan. Mau bayar satpam di rumah, gaji belum seberapa.  Di apartemen, masalah keamanan bisalah untuk tidak perlu dikhawatirkan. Selain sistem keamanan seperti CCTV, kunci berlapis, pihak pengelola apartemen pasti menyediakan petugas keamanan. Jadi, kita enggak perlu takut di rumah sendirian.

Apa yang Harus Diperhatikan Ketika Memilih Apartemen?

Untuk menjadi hunian yang nyaman, memilih apartemen tidak bisa asal-asalan. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Pertanyaan berikut mungkin akan membantumu memilih apartemen yang pas.

1. Apakah Apartemen akan Digunakan dalam Waktu Sebentar atau Lama?

Mengapa pertanyaan ini perlu dijawab? Karena ini akan sangat penting untuk memilih apartemen. Jika hanya digunakan sementara, maka ada beberapa aspek yang mugkin bisa diabaikan. Namun, jika apartemen akan digunakan dalam waktu lama atau bahkan selamanya, maka pemilihan harus lebih hati-hati. Bukan hanya selera, tapi apartemen juga harus bisa memenuhi kebutuhan akan hunian yang nyaman.

2. Bagaimana Lokasi Apartemen?

Apakah apartemen dekat dengan tempat kerja? Apakah apartemen dekat dengan jalan raya dan pusat kebutuhan masyarakat seperti rumah sakit, sekolah, bandara, terminal, atau pasar? Apartemen yang mempunyai lokasi strategis tentunya akan lebih menguntungkan. 

3. Bagaimana Dokumen dan Status Tanah Apartemen?

Nah, ini perlu sekali diperhatikan. Banyak kasus apartemen berdiri di atas tanah sengketa. Jangan sampai, kita sudah membeli apartemen impian tetapi justru menjadi masalah di kemudian hari.

4. Posisi Lantai Mana yang Kamu Sukai?

Kamu termasuk orang yang mengepentingkan keindahan pemandangan apa fleksibilitas? Kalau kamu termasuk orang yang tidak mau ribet, sekali keluar langsung  menuju hall, lantai I menjadi pilihan. Namun, jika kamu ingin menikmati pemandangan, maka semakin atas lantai apartemenmu pasti akan menawarkan pemandangan yang lebih indah.

5. Siapa Saja yang Akan Tinggal Bersamamu?

Hal ini mempengaruhi kebutuhan ruang apartemen kamu. Apakah nantinya kamu akan tinggal sendiri atau bersama teman-temanmu. Apakah apartemen untuk keluarga dengan anak-anaknya. 

6. Apa Saja Fasilitas yang Kamu Harapkan

Saat ini, pengembang apartemen melengkapi apartemen dengan berbagai fasilitas yang memanjakan penghuninya. Kalau kamu suka olahraga, maka kamu butuh apartemen yang memiliki lapangan olahraga, taman, gym, atau kolam renang. Kalau kamu butuh tempat nyaman untuk menyelesaikan pekerjaan, kamu butuh tempat semanacam coworking space atau sekadar kafe yang nyaman.  Salah satu apartemen yang memiliki fasilitas yang lengkap adalah the parc. Mungkin ini bisa menjadi rekomendasi yang bisa kamu pikirkan. 

Simpulan

Hunian adalah hal vital dalam kehidupan. Jangan asal pilih. Pilih yang paling memberimu rasa nyaman. Nyaman untuk mengawali berangkat kerja, nyaman pula sebagai tempat pulang setelah lelah bekerja.

Salam,
susana-devi


Susana Devi Anggasari
Susana Devi Anggasari Hai, saya Susana Devi. Mamak dari Duo Mahajeng, Mahajeng Kirana dan Mahajeng Kanaya. Saya ibu rumah tangga yang nyambi jadi PNS. Untuk menjalin kerja sama, silakan hubungi saya.