Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Langkah Aman Menjaga Kulit Bayi


perawatan kulit bayi

Bayi yang baru saja lahir punya kondisi kulit sangat sensitif. Dibutuhkan perawatan yang ekstra untuk membantu menjaga kulit bayi tetap sehat dan bebas iritasi. Tentunya pemakaian produk perawatan kulit juga harus disesuaikan dan dipilih sesuai kebutuhan kulit sensitif si kecil.

Perawatan Kulit Bayi

Kulit bayi newborn masih sangat lembut juga begitu sensitif sehingga begitu mudah mengalami iritasi. Iritasi ini tentu akan merusak kondisi kulit sekaligus membuat bayi merasa tidak nyaman. Agar tidak mengalami iritasi, berikut ini adalah 5 langkah perawatan kulit bayi baru lahir yang bisa diterapkan:

1. Hindari Mandi Terlalu Sering

Bayi baru lahir ternyata tidak membutuhkan mandi dua kali sehari seperti orang dewasa. Anda bisa memandikan si kecil dua hingga tiga kali dalam satu minggu. Terlalu sering mandi ternyata bisa menyebabkan kulit bayi menjadi lebih kering. Kondisi kering ini dapat memicu munculnya iritasi yang akan merusak permukaan kulit bayi.

Selain itu, proses mandi juga harus dilakukan dengan baik. Gunakan air yang hangat, jangan terlalu panas. Suhu yang terlalu tinggi bisa memicu kekeringan pada kulit bayi. Pastikan Anda juga memakai sabun khsusus dan usahakan memiliki nilai pH 5.5 untuk menjaga kondisi kulit bayi dari iritasi. 

2. Pastikan Kulit Selalu Lembab

Sangatlah penting memastikan kulit bayi selalu dalam kondisi lembab. Kelembapan kulit bayi menjadi kunci untuk mencegah iritasi. Jika kulit bayi dalam kondisi kering, maka permukaan kulit akan terasa gatal. Kondisi ini juga akan memicu munculnya iritasi karena sistem pertahanan kulit yang kering ternyata jauh lebih rentan. 

Usapkan produk pelembap khusus bayi setiap hari. Produk pelembap ini akan membantu menutrisi kulit sekaligus mencegah kekeringan yang bisa memicu iritasi. Jika sudah terlanjur iritasi, maka pemakaian pelembap bisa ditunda dulu. Gunakan dulu krim yang bisa mengobati kondisi iritasi tersebut seperti krim Bepanthen yang aman untuk bayi.

3. Pilih Rangkaian Produk yang Tepat

Pastikan Anda menggunakan produk perawatan kulit bayi yang tepat dan memang formulanya khusus untuk kulit lembut si kecil. Ada banyak sekali pilihan produk perawatan kulit bayi yang bisa Anda temukan di pasaran saat ini. Pilihlah produk yang aman dan formulanya bisa memberi kelembapan ekstra.

Jenis produk yang bisa digunakan sangat beragam mulai dari losion, baby oil, minyak telon, cologne, dan masih banyak lagi. Jika pemakaian produk menunjukkan adanya reaksi alergi, maka segera ganti denga jenis produk lainnya. Usahakan juga produk perawatan kulit yang dipakai tidak mengandung terlalu banyak unsur pewangi. 

4. Gunakan Baju yang Lembut

Pilihkan baju yang berbahan lembut untuk bayi baru lahir. Jenis bahan pakaian yang dipakai ternyata juga berpengaruh pada kondisi kesehatan kulit. Gunakan baju yang berbahan lembut, menyerap kulit, dan memiliki sirkulasi yang baik untuk kulit bayi. Ini akan membantu bayi tetap merasa nyaman sekaligus menjaga kulitnya tetap sehat bebas iritasi.

Selain bahan bajunya harus dipilih dengan baik, Anda juga harus memastikan detergen yang digunakan khusus untuk bayi. Pilihlah produk detergen yang lembut dan hypoallergenic. Ini akan sangat membantu kulit bayi tetap sehat karena baju yang ia kenakan dicuci dengan detergen yang tepat.

5. Perhatikan Pemakaian Popok

Penggunaan popok sekali pakai memang sangat praktis namun hal ini paling sering memicu iritasi pada kulit bayi, terutama di area pantat. Gunakan popok dengan bijak dan hati-hati. Pastikan untuk memilih jenis popok sekali pakai yang berbahan lembut dan aman bagi bayi. Selain itu, perhatikan durasi pemakaian dan gantilah popok paling tidak 4 jam sekali.

Iritasi pada kulit pantat dan area paha sangat sering terjadi akibat penggunaan popok yang salah. Kondisi ini sebaiknya segera diatasi dengan salep popok bayi yang tepat. Anda bisa menggunakan produk salep yang dapat melindungi kulit dari ruam popok sehingga bayi akan kembali merasa nyaman.

Penutup

Itulah 5 tips efektif merawat kulit bayi baru lahir agar bebas iritasi. Tentunya iritasi kulit pada bayi bisa memberikan efek yang sangat buruk. Bayi bisa rewel karena merasa tidak nyaman dengan kondisi kulitnya. Jika tidak segera ditangani dengan tepat maka iritasi bisa bertambah parah. Itukah mengapa penting sekali untuk memberi perawatan terbaik bagi kulit bayi Anda.

Salam,


Susana Devi Anggasari
Susana Devi Anggasari Hai, saya Susana Devi. Mamak dari Duo Mahajeng, Mahajeng Kirana dan Mahajeng Kanaya. Untuk menjalin kerja sama, silakan hubungi saya.