Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Game Melatih Konsentrasi Ini Wajib Kamu Mainkan!

game melatih konsentrasi

Kemampuan game melatih konsentrasi sudah diakui oleh banyak orang. Rasanya, bermain game bukanlah hal yang harus dihindari. PR-nya hanyalah bagaimana membuat si pemain dapat mengatur waktu dengan baik. 

Saya sendiri termasuk orang yang sangat suka nge-game. Suka banget malah.😁

Kalau kerjaan sedang numpuk dan kepala rasanya penuh, maka game bisa jadi solusi untuk menyegarkan pikiran tanpa harus keluar rumah. 

Lagipula, ternyata banyak juga game yang memang dirancang untuk melatih otak. Bukan hanya meyegarkan pikiran, memainkan permainan-permainan ini akan membuat otak terasah. Prinsipinya, belajar sambil bermain, bermain sambil berlajar

1. Sudoku

Permainan asah otak dengan penalaran logika angka ini sangat menarik dan menantang. Jika kebanyakan orang tidak menyukai matematika dan hitung-hitungan, tetapu menyelesaikan Sudoku pasti bikin nagih. Menyelesaikan satu tantangan dalam game ini pasti tidak akan cukup. 😂 

Saat bermain Sudoku, seseorang bukan hanya memikirkan satu langkah penyelesaian tetapi harus mampu memikirkan 3-4 langkah sekaligus. Bukan hanya sekadar refreshing, bermain Sudoku sangat baik untuk melatih pemahaman logika, aritmatika, sekaligus pemahaman kuantitatif.

game asah otak

2. Lumosity

Belajar paling menyenangkan adalah belajar dengan bermain. Melaui permainan asah otak ini, Kawan Suzan dapat meningkatkan kemampuan dalam hal kecepatan, ingatan, perhatian, fleksibilitas, bahasa, dan pemecahan masalah. 

Game ini terlihat sederhana, tetapi game ini sudah dirancang sedemikian rupa oleh para ilmuwan. Memainkan game ini sangat bermanfaat karena otak seperti mendapat pelatihan secara terstruktur. Gunakan 10 menit untuk berlatih dan menyegarkan pikiran.

3. Memorado

Ingin mengasah otak agar tidak tumpul? Memorado dapat menjadi pilihan game android untuk kamu. Game ini sangat berguna dalam melatih ingatan, konsentrasi, dan pemecahan masalah. 

Ada berbagai jenis permainan dengan berbagai tingkatan yang sudah dirancang oleh neurosains untuk mempertajam kemampuan otak. Dengan Memorado, Kawan Suzan dapat merancang latihan harian yang bisa dipersonalisasikan sesuai preferensi masing-masing.

4. Brain Test

Seperti namanya, permainan ini menguji ketangkasan otak kamu. Permainan ini sangat saya sukai karena tidak seperti game sebelumnya yang lebih serius, game ini mengasah otak dengan cara yang kocak.

Beberapa jawaban membutuhkan analisan yang tajam dengan sudut pandang berpikir yang tidak lazim. Bukan, mungkin sebenarnya lazim, hanya mungkin sering diabaikan. 

Memainkan permainan android ini membuat kita terbiasa berpikir dari berbagai sudut pandang. Sangat bagus sih, apalagi buat pekerja seperti saya yang seharusnya selalu berusaha mencari solusi dari berbagai sudut. 😀

5. Words of Wonders: Teka-teki Silang dan Kosakata

Nah, ini permainan paling jadul tapi sangat saya suka. Sebelum zaman ada permainan ini di HP, saya rutin membeli buku TTS hanya untuk mengisi waktu luang. Game yang sederhana tapi sangat asyik dimainkan.

Memainkan game ini menambah perbendaharaan kosakata. Sangat bagus deh, terlebih untuk orang yang ngaku seneng nulis. 😉

Penutup

Ternyata, banyak juga game permainan di android yang bagus untuk melatih kemampuan otak. Bukan hanya menyegarkan pikiran, bermain game juga meningkatkan kecerdasan. 

Enggak ada yang salah kok dengan game online. Yang salah bukan permainannya atau HP-nya. Yang salah orangnya, enggak bisa ngatur waktu dengan baik. Kalau Kawan Suzan termasuk orang yang suka game, kamu harus bisa membuat skala prioritas. 

Kamu harus paham kapan waktu yang tepat untuk bermain, kapan kamu harus mengakhiri game yang kamu mainkan. Jangan sampai karena keasyikan nge-game akhirnya banyak pekerjaan terbengkalai. 

Salam, 

Susana Devi
Susana Devi Anggasari
Susana Devi Anggasari Hai, saya Susana Devi. Mamak dari Duo Mahajeng, Mahajeng Kirana dan Mahajeng Kanaya. Saya ibu rumah tangga yang nyambi jadi PNS. Untuk menjalin kerja sama, silakan hubungi saya.

Posting Komentar untuk "Game Melatih Konsentrasi Ini Wajib Kamu Mainkan!"

Berlangganan via Email