Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menata Ruang Kerja di Rumah Agar Semangat Kerja Tetap Membara

menata ruang kerja di rumah

Sejak adanya COVID-19 (Coronavirus Disease 2019), otomatis waktu bekerja saya jadi banyak di rumah. Apalagi, jika ditemukan adanya pegawai yang positif di beberapa instansi terkait pekerjaan, otomatis semua pekerjaan sebisa mungkin dilakukan di rumah. Mau ngajar, mau ikut diklat pengembangan diri, bahkan rapat dinas lebih seringnya dilakukan di rumah daripada di kantor.

Masalah yang mulai timbul adalah ternyata saya tidak mempunyai ruangan kerja di rumah. Enggak harus ruangan khusus sih, tapi ruangan yang memang diperuntukan buat kerja dengan aman dan nyaman. Aman dari distraksi anak-anak dan nyaman untuk mendukung produktivitas tentunya.

Jika Kawan Suzan tidak mempunyai ruang kerja dan terpaksa harus bekerja di rumah sejak pandemi ini, ada beberapa cara menata ruang kerja di rumah ala-ala yang mungkin bisa kalian lakukan.

Menentukan Ruang Kerja di Rumah

Ruang kerja menurut saya tidak harus ruang khusus. Ruang kerja adalah ruang yang memang digunakan untuk bekerja. Bisa ruangan tersendiri, bisa pula menyatu dengan ruangan lain tapi memang syarat utamanya harus nyaman buat bekerja. 

Ketika memilih ruang mana yang sekiranya pas untuk saya sulap sebagai ruang kerja, ada dua hal yang jadi pertimbangan utama.

ruangan kerja di rumah

1. Kenali Pola Kerja

Sama seperti halnya belajar, pola kerja tiap-tiap orang berbeda. Mengenali pola kerja itu penting sekali. Memahami pola kerja membatu kita memilih penempatan ruang kerja di rumah. Percuma memiliki ruang kerja yang bagus apabila pada akhirnya tidak nyaman digunakan.

Saya misalnya, saya termasuk orang yang hanya bisa bekerja dengan maksimal apabila berada di ruangan yang tenang. Oleh karena itu, ruang kerja saya harus jauh dari jalan dan tidak berada di sekitar tempat-tempat yang sering digunakan anak-anak bermain. Walaupun saya dan suami bekerja di profesi yang sama, menjadikan ruang kerja kami satu lokasi bukanlah hal yang tepat. 

Memahami pola atau gaya kerja menjadi hal utama yang harus dipikirkan. Setelah memahami pola kerja ini, Kawan Suzan bisa mengeksplorasi hal lain berkaitan dengan penataan ruang kerja di rumah

2. Kenali Sudut Rumah

Ada beberapa rumah yang memang sudah didesain sejak awal memiliki ruang kerja. Namun, banyak pula yang tidak.

Apabila rumah memang tidak memiliki ruangan kerja khusus, maka coba kenali setiap sudut rumah. Cari sudut yang dirasa paling pas disulap sebagai ruangan kerja di rumah. Sesuaikan dengan pola kerja masing-masing. 

Teman saya misalnya, ia lebih suka bekerja di tempat-tempat yang menyuguhkan pemandangan. Ia tidak suka bekerja di ruangan tertutup. Makanya, ia menjadikan teras belakang rumah sebagai ruangan favoritnya bekerja. 

Selain menyesuaikan gaya bekerja, sesuaikan pula dengan jenis rumah. Ruang kerja di rumah minimalis tentu berbeda dengan ruang kerja di rumah yang memiliki luas yang besar. Untuk rumah dengan luas yang tidak seberapa, mungkin ruang kerja minimalis di kamar atau menjadikan ruang tamu sekaligus ruang kerja dapat dijadikan alternatif.

Cara Menata Ruang Kerja di Rumah

Apa sih yang paling harus diperhatikan untuk menata ruang kerja di rumah? Yups, tepat! Kenyamanan. Ruang kerja yang ideal adalah ruang kerja yang nyaman. Agar memiliki ruang kerja yang nyaman, hal berikut ini dapat Kawan Suzan gunakan untuk menata ruang kerja di rumah.

1. Pilih Ruangan yang Sesuai

ruang kerja di rumah minimalis

Memilih ruangan yang tepat menjadi faktor utama yang harus diperhatikan. Pemilihan ruangan yang tepat akan sangat berpengaruh pada kenyamanan. Kenali gaya bekerja dan sudut rumah kalian untuk menentukan ruangan yang tepat.

Apakah Kawan Suzan termasuk orang yang lebih suka bekerja di ruang yang jauh dari distraksi atau justru butuh suasana yang ramai untuk mendatangkan ide? Sesuaikan dengan kondisi Kawan Suzan. Setiap orang memiliki standar yang tidak sama.

2. Pastikan Ruangan Memiliki Pencahayaan yang Bagus

ruang kerja di rumah kecil

Pencahayaan yang pas akan membuat kita lebih nyaman untuk bekerja. Pencahayaan alami tentu lebih bagus. Kawan Suzan bisa mencari atau membuat ruangan yang memiliki kaca lebar atau jendela yang bisa dibuka. 

Namun, jika ini tidak memungkinkan, Kawan Suzan dapat mencari lampu yang sesuai dengan ruangan. Jangan sampai terlalu redup, jangan pula terlalu terang.

3. Cat Ulang Ruangan dengan Warna Favorit

ruang kerja minimalis di kamar

Ini sih sifatnya tidak urgent, tapi tidak ada salahnya dilakukan. Konon, warna favorit membuat suasana hati menjadi lebih baik. Jika suasana hati baik, tentu produktivitas pun meningkat. Kalau sudah begini, pekerjaan jadi lebih ringan untuk dikerjakan. Iya, kan?

Kamu bisa berekspresi dengan warna. Pilih warna yang bisa membuat kamu lebih berenergi. Kamu juga bisa mengeksplorasi ruangan dengan menggabungkan warna yang berbeda. Namun, Kawan Suzan perlu hati-hati. Jangan sampai warna yang dihasilkan malah membuat sakit mata. Ada banyak situs yang bisa digunakan untuk menentukan perpaduan warna yang pas.

4. Pilih Furnitur yang Tepat

ruang kerja minimalis dalam rumah


Ada dua pertimbangan dalam memilih perabot untuk ruang kerja, yakni perabot sesuai fungsinya dan perabot untuk menambah estetika ruangan. Jika Kawan Suzan termasuk pekerja yang harus menggunakan banyak dokumen dalam bekerja, ada baiknya kamu menyediakan rak khusus atau tempat penyimpanan dokumen sehingga, ruangan kerja tetap rapi dan tidak berantakan. 

Kawan Suzan juga bisa menempatkan lukisan atau hiasan agar ruangan lebih indah. Atau kalau tidak, kamu bisa memilih perlengkapan kerja yang memang lucu dan menarik untuk dilihat.  

Penutup

Walau sepertinya sepele, menata ruang kerja itu bisa membuat semangat kerjanya membara lho. Apalagi saat pekerjaan sedang menumpuk, DL di mana-mana. Ruangan kerja yang nyaman tentu membuat mood lebih baik.

Kawan Suzan dapat melihat referensi-referensi ruang kerja di Instagram. Di sana banyak foto-foto keren yang bisa di-ATM (Amati-Tiru-Modifikasi). Sesuaikan saja dengan kondisi kamu. Dengan penataan yang pas, ruang kerja di rumah yang kecil tidak akan kalah kok dengan ruang kerja mewah. 

Nah, untuk furniture dan perlengkapan kerja, beli saja secara online. Hari gini mah, belanja online lebih disarankan. Pilih-pilih penjual terpercaya dan tentunya harga yang miring. Kawan Suzan bisa nih manfaatkan promo 12.12 Birthday Sale-nya Shopee. Lumayan gede diskonnya, sampai dengan 90%.

Bagaimana, mulai tertarik menata ruang kerja?


Salam,

Susana Devi



Susana Devi Anggasari
Susana Devi Anggasari Hai, saya Susana Devi. Mamak dari Duo Mahajeng, Mahajeng Kirana dan Mahajeng Kanaya. Saya ibu rumah tangga yang nyambi jadi PNS. Untuk menjalin kerja sama, silakan hubungi saya.

Posting Komentar untuk " Cara Menata Ruang Kerja di Rumah Agar Semangat Kerja Tetap Membara"

Berlangganan via Email