Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Lezat dan Berkhasiat, Jantung Pisang Wajib Kamu Coba!

manfaat-jantung-pisang

Tidak semua orang tahu, ternyata jantung pisang dapat diolah menjadi makanan. Jantung pisang adalah bunga dari tanaman pisang yang tidak bisa menghasilkan buah. Jantung pisang emang enggak seterkenal buah atau daunnya, tapi ternyata bunga pisang ini memiliki khasiat yang luar biasa. Kandungan gizi dalam jantung pisang cukup tinggi.

Manfaat Jantung  Pisang

Jantung pisang segar memiliki kandungan energi, karbohidrat, protein, lemak, fosfor,  kalsium, vitamin A, vitamin B1, dan vitamin C. Kandungan gizi di dalam bunga pisang ini memiliki banyak manfaat. Jantung pisang sangat baik untuk menurunkan kadar kolestrol karena mampu mengikat lemak jahat dan kolestrol. Jantung pisang juga baik untuk penderita diabetes karena indek glikemik yang terkandung di dalamnya rendah. Hal ini mengakibatkan  kemunculan gula darah (glukosa)melambat sehingga insulin yang dibutuhkan untuk mengubah glukosa menjadi energi semakin sedikit.

 Olahan berbahan jantung pisang juga cocok untuk diet karena memilki kandungan serat yang tinggi tetapi rendah kandungan lemak. Estrak metanol dalam jantung pisang memiliki fungsi sebagai antioksidan yang baik untuk mencegah  radikal bebas.

Cara Memasak Jantung Pisang

Jantung pisang dapat dinikmati secara mentah, rebus, atau diolah menjadi berbagai makanan. Namun, perlu diingat. Tidak semua jantung pisang dapat dikonsumsi. Jantung pisang yang biasa dikonsumsi berasal dari jenis pisang kluthuk/ batu, kapok, dan siam. Namun, jantung pisang yang berasal dari pisang kluthuk merupakan jantung pisang yang paling enak untuk dikonsumsi, bahkan dikonsumsi mentah sebagai lalapan.

Sebagai bahan makanan, jantung pisang dapat dikreasi dalam berbagai bentuk menu makanan.

1. Tumis Jantung Pisang

Hanya dengan bumbu dasar seperti bawang merah, bawang putih, cabai, dan sedikit minyak, jantung pisang sudah terasa lezat. Sebelum ditumis, kupas, potong, dan rebus dulu jantung pisang hingga empuk. 

2. Lodeh Jantung Pisang

Membuat lodeh jantung pisang sama seperti membuat masakan lodeh lainnya. Selain bumbu, santan adalah pelengkap yang tidak boleh ditinggalkan. Lodeh jantung pisang akan semakin mantap apabila ditambah tempe semangit. Rasanya akan semakin menggigit. Satu porsi makan pasti tidak akan cukup.

3. Gulai Jantung Pisang

Tekstur jantung pisang yang seperti daging membuat makanan ini cocok diolah dengan bumbu gulai. Santan, kunyit, dan bumbu lainnya membuat olahan jantung pisang tak kalah dengan gulai kambing dan gulai sapi. 

4. Pecak Jantung Pisang

Bahan makanan yang stau ini ternyata juga bisa dimasak ala masakan Betawi, yakni dibuat pecak. Rebus jantung pisang hingga empuk, belah dua, lalu siram dengan kuah santan kental yang dibumbui dengan cabai dan kemiri. Rasanya dijamin nendang. 

5. Pepes Jantung Pisang

Ciri khas pepes adalah mengolah bahan makanan dengan membakar atau mengukus bahan baku dan bumbu yang sudah dimasukan ke dalam bungkus, biasanya daun pisang. Sebelum dibakar atau dikukus, jantung pisang harus direbus dulu hingga empuk. Pepes jantung pisang memiliki cita rasa tersendiri. 

Penutup

Wow! Ternyata jantung pisang memiliki manfaat yang luar biasa. Selain itu, bunga dari pisang ini dapat diolah menjadi makanan-makanan yang lezat. Saya baru mengenal masakan yang terbuat dari jantung pisang tuh baru-baru ini, setelah menikah dengan Pak Tadjie dan  nyesel kenapa enggak dari dulu saya tahu.😆


 




Susana Devi Anggasari
Susana Devi Anggasari Hai, saya Susana Devi. Mamak dari Duo Mahajeng, Mahajeng Kirana dan Mahajeng Kanaya. Saya ibu rumah tangga yang nyambi jadi PNS. Untuk menjalin kerja sama, silakan hubungi saya.

1 komentar untuk " Lezat dan Berkhasiat, Jantung Pisang Wajib Kamu Coba!"

  1. Wah MAASYAALLAH. Saya juga baru tahu Bunda:)
    Terima kasih informasinya
    Bermanfaat top

    BalasHapus

Berlangganan via Email