Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

√ Cara Membuat Grup Whatsapp

cara-membuat-grup-whatsapp

Cara Membuat Grup Whatsapp—Grup Whatsapp tentu saja bukan hal baru bagi sebagian orang saat ini. Setiap orang pasti tergabung dalam grup WA, minimal grup keluarga. 

Dengan adanya grup, setiap anggotanya bisa saling berkomunikasi dan mengobrol. Bukan hanya antara dua orang, tapi senua anggota yang tergabung dalam grup bisa saling menanggapi. Inilah kelebihan adanya grup semacam ini. Oleh karena itu, umumnya komunitas atau instansi memiliki grup Whatsapp sebagai media informasi.

Cara Membuat Grup WA

Membuat Grup WA itu mudah sekali. Siapa saja dapat melakukannya. Kalau Kawan Suzan baru pertama kali, begini langkah atau cara buat grup Whatsapp.

cara-membuat-grup-wa

1. Buka/ masuk aplikasi Whatsapp baik melalui android atau melalui Whatsappweb.

2. Klik icon(titik tiga) yang ada pada halaman utama Whatsapp.

3. Pilih Grup Baru

4. Pilih minimal satu kontak sebagai anggota grup. 

Apabila di HP tidak ada nomor kontak anggota grup, pilih saja kontak sembarang (misal: suami). Nanti, jika grup sudah jadi, bisa dikeluarkan. Untuk membuat grup minimal harus ada dua orang  anggota.

5. Klik anak panah hijau untuk melanjutkan.

6. Lengkapi nama/ subjek dan ikon grup.

7. Klik centang hijau.

8. Grup Whatsapp sudah jadi.

cara-membuat-grup-di-wa

Cara Menambahkan Teman di Grup Whatsapp

Ada dua cara yang dapat dilakukan agar orang lain gabung di dalam Grup Whatsapp yang telah dibuat. Cara pertama adalah menambahkan kontak secara manual dan cara kedua adalah dengan membagi link masuk.
tautan-grup-wa


Menambahkan Teman di Grup Whatsapp dengan Menambahkan Peserta

Untuk menambahkan teman di Grup dengan Tambah Peserta, klik Info Grup.  Di bagian bawah ada menu Tambah Peserta, silakan dipilih.  Lalu, tekan agak lama untuk memilih kontak-kontak yang mau di-invite ke dalam grup WA. Jika sudah, pilih icon centang hijau. 

Cara ini adalah cara manual dan sedikit merepotkan. Mengapa? Cara ini hanya bisa dilakukan oleh admin. Syarat berikutnya, admin harus menyimpan semua kontak yang akan dimasukan menjadi anggota grup. Jika hanya ada beberapa anggota yang mau dimasukan, tentu saja mudah. Namun, bayangkan jika ada ratusan orang yang akan diundang! 

Kesulitan selanjutnya adalah bagaimana cara mengajak teman bergabung dengan grup WA yang kita ikuti, sementara kita bukan admin? Nah, makanya ada cara kedua. Cara ini bisa dilakukan oleh siapa saja, tidah terbatas hanya "admin", yakni melalui link/ tautan grup Whatsapp.

Menambahkan Teman di Grup dengan Tautan Grup Whatsapp

Jika "Tambah Peserta" hanya bisa dilakukan oleh admin, maka berbagi tautan grup adalah cara menambahkan teman di grup WA paling mudah. Bagaiamana cara membuat link grup WA yang kita buat? 

1. Klik info grup

2. Pilih undang via tautan
Untuk Kirim Tautan via Whatsapp, kamu bisa langsung meneruskannya pada kontak yang tersimpan di Whatsapp. Untuk Salin Tautan, kamu bisa menempel atau meng-paste-nya pada tempat yang kamu mau. Sementara pada Bagikan Tautan, kamu bisa langsung memilih aplikasi untuk berbagi tautan. Nah untuk Kode QR, teman yang mau kamu ajak bergabung harus di dekatmu untuk memindai kode yang tampil. Sesuaikan saja sesuai kebutuhan dan kenyamanan. Mudah bukan?

3. Pilih salah satu dari beberapa pilihan yang ada: kirim tautan via Whatsapp, salin tautan, bagikan tautan, maupun kode QR.

Penutup

Sekarang tidak perlu bingung lagi jika harus membuat grup WA. Membuat grup di Whatsapp mudah sekali dan bisa dilakukan siapa saja. Selamat memanfaatkan fitur dari salah satu aplikasi berbalas chat paling populer di Indonesia.😂

Salam, 
susana-devi


Susana Devi Anggasari
Susana Devi Anggasari Hai, saya Susana Devi. Mamak dari Duo Mahajeng, Mahajeng Kirana dan Mahajeng Kanaya. Saya ibu rumah tangga yang nyambi jadi PNS. Untuk menjalin kerja sama, silakan hubungi saya.

Posting Komentar untuk "√ Cara Membuat Grup Whatsapp"

Berlangganan via Email