Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Selain Kebersihan Diri, Kenali Manfaat dan Cara Menjaga Kebersihan Lingkungan

cara-menjaga-kebersihan-lingkungan

Selain menjaga kebersihan diri, menjaga kebersihan lingkungan juga wajib dilakukan. Konon kebersihan sebagian dari iman. Jadi, kalau tidak menjaga kebersihan berarti tidak beriman. 😅 Enggak ding, kagak boleh mengukur kadar keimanan seseorang. Intinya, selain menjaga kebersihan diri sendiri, kita juga harus menjaga kebersihan lingkungan

Manfaat Menjaga Kebersihan Lingkungan

Lingkungan yang bersih adalah lingkungan yang bebas dari sampah dan kotoran. Lingkungan bersih juga lingkungan bebas dari bau-bauan yang mengganggu. Siapa sih yang tidak suka dengan lingkungan yang bersih? Terlebih, ada banyak sekali manfaat yang didapat jika lingkungan di sekitar kita bersih. Berikut adalah pentingnya menjaga kebersihan lingkungan.

kebersihan-diri

1. Tubuh Menjadi Lebih Sehat

Kebersihan pangkal kesehatan, begitu doktrin yang diberikan pada kita sewaktu kecil. Namun, ini bukan sembarang doktrin. Sampah adalah muasal berbagai penyakit, maka lingkungan yang sehat adalah lingkungan yang bebas dari sampah. Itulah mengapa pentingan menjaga kebersihan.

Kalau Kawan Suzan ingin hidup sehat, pastikan kamu jaga kebersihan. Buang sampah pada tempatnya. Jangan membiarkan debu dan kotoran di sekitarmu.

2. Jiwa Lebih Tenang

Saya rasa semua akan lebih bahagia melihat lingkungan yang bersih dan tertata rapi dibanding dengan lingkungan kotor yang berbau. Bukan begitu? 

Pada dasarnya manusia menyukai sesuatu yang indah. Segala sesuatu yang indah memberi efek bahagia. Efek bahagia ini sangat berpengaruh pada kesehatan mental.

3. Membuat Suasana Lebih Nyaman

Lingkungan yang bersih membuat siapa saja betah berlama-lama di sana. Makanya, penting sekali menjaga kebersihan lingkungan, apalagi lingkungan rumah. Jangan sampai karena kita abai pada kebersihan lingkungan, anggota keluarga jadi tidak nyaman berada di rumah.

Rumah yang tidak bersih juga tidak nyaman untuk tamu yang berkunjung. Selain rasa tidak nyaman, rumah yang tidak bersih juga menjadikan citra dirimu berkurang. 

4. Membantu Lebih Produktif

Lingkungan yang bersih dan rapi akan membuat pikiran lebih segar. Umumnya, dengan pikiran yang segar kita menjadi lebih enjoy dalam bekerja. Pekerjaan pun menjadi lebih mudah untuk diselesaikan.

Saya biasanya akan membersihkan ruangan apabila saya sedang ingin menulis atau menyelesaikan pekerjaan. Hal ini cukup menjaga mood sehinggan pekerjaan terasa lebih ringan.

5. Mencegah Banjir

Menjaga kebersihan lingkungan ternyata tidak hanya bermanfaat untuk diri sendiri, tetapi juga bermanfaat untuk masyarakat banyak. Lingkungan yang bersih mengurangi risiko kebanjiran. 

Seperti kita tahu, sebagian penyebab banjir di kota-kota besar adalah adanya tumpukan dan sumbatan sampah di mana-mana. Menjaga lingkungan sekitar adalah salah satu wujud kepedulian kita untuk mencegah terjadinya banjir.

Cara Menjaga Kebersihan Lingkungan

Walaupun terlihat sederhana, menjaga lingkungan tetap bersih dan tertata rapi itu tidak mudah. Apalagi jika di dalam lingkungan tersebut terdiri 
dari banyak orang. Agar lingkungan tetap terjaga kebersihannya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan.

1. Mulai dari Hal Paling Kecil

Menjaga kebersihan lingkungan tidak harus melakukan kerja bakti secara besar-besaran setiap hari. Cukup, apabila ada yang kotor dibersihkan. Apabila sesuatu tidak pada tempatnya, dikembalikan. Jika ada sampah, dibuang pada tempat sampah. Setelah makan, cuci piring segera.

Dengan cara seperti ini, menjaga kebersihan lingkungan tidak terasa berat. Coba bandingkan jika semua barang yang diambil dibiarkan berserakan. Sampah dibiarkan begitu saja ada di mana-mana. Priring-piring kotor dibiarkan menumpuk. Saya yakin deh, sebelum memulai untuk membersihkan, Kawan Suzan sudah bakal merasa kelelahan. 😂

2. Jadikan Diri Panutan

Di manapun berada, usahakan untuk selalu menjaga kebersihan. Mulai dari hal paling sederhana dan dekat dengan kehidupan sehari-hari. Misal, membuang sampah pada tempat atau mengembalikan barang pada posisi semula. 

Jika hal ini konsisten dilakukan, maka orang-orang di sekitar kita akan meniru apa yang kita lakukan. Paling tidak, mereka akan canggung jika tidak menjaga kebersihan di dekat kita. 

3. Buat Kesepakatan Bersama

Jika kita sudah memberi teladan, saatnya bergerak lebih jauh. Buat kesepakatan bersama orang di lingkungan sekitar untuk menjaga kebersihan. 

Misal, aturan setiap anggota keluarga meletakan baju kotor di tempat cucian kotor. Ini adalah salah satu contoh aturan agar kebersihan rumah terjaga. Sementara itu, aturan untuk menjaga kebersihan lingkungan kerja misalnya setiap pegawai harus meninggalkan kantor dengan meja kerja yang bersih dan bebas dari sampah.

Jika masing-masing orang yang bersepakat ini dapat berkomitmen, maka lingkungan akan selalu bersih dan rapi. Sebaiknya, ada sanksi terhadap orang yang melakukan pelanggaran. Sanksi ini bertujuan agar apa yang sudah disepakati dapat berjalan dengan baik.

4. Kreatif Dengan Sampah

Seperti kita tahu, sampah terdiri atas sampah organik dan sampah anorganik. Untuk sampah organik, kita tak perlu ambil pusing. Bakteri pengurai akan menghancurkannya. Masalahnya bagaimana dengan anorganik?

Salah satu cara menjaga lingkungan adalah memikirkan bagaimana nasib sampah-sampah anorganik ini. Jika dibiarkan begitu saja, sampah-sampah anorganik ini akan menumpuk. Cara mengatasinya adalah melihat adakah sampah anorganik yang masih bisa dimanfaatkan? Adakah cara mendaur ulang sampah yang ada agar lebih berguna? 

5. Menjadi Agen Kebersihan

Tidak semua orang sadar akan pentingnya kebersihan. Maka, agar lingkungan bersih dan sehat harus ada orang yang menjadi relawan untuk memperingatkan mereka.

Untuk beberapa orang yang tidak bisa hanya diberi contoh, kita harus berani menegurnya. Tentu saja ketika menegur harus sopan dan tidak menyinggung. Ketika orang-orang di lingkungan sudah terbiasa menjaga kebersihan, maka tidak sulit mencptakan lingkungan yang bersih.

Penutup

Kebersihan adalah tanggung jawab bersama. Lingkungan yang bersih tidak bisa diciptakan hanya dengan satu atau dua kali membersihkan lingkungan tersebut. Diperlukan kebiasaan yang baik agar tercipta lingkungan yang bersih.

Susana Devi Anggasari
Susana Devi Anggasari Hai, saya Susana Devi. Mamak dari Duo Mahajeng, Mahajeng Kirana dan Mahajeng Kanaya. Saya ibu rumah tangga yang nyambi jadi PNS. Untuk menjalin kerja sama, silakan hubungi saya.

Posting Komentar untuk "Selain Kebersihan Diri, Kenali Manfaat dan Cara Menjaga Kebersihan Lingkungan"

Berlangganan via Email