Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Makanan Khas Kendal yang Wajib Dicicip dan Dibawa Pulang

makanan-khas-kendal

Sedang jalan-jalan melalui jalur pantura dan bosen dengan makanan khas Semarangan? Coba deh buat mampir makan di Kendal. Yups, Kendal adalah kabupaten yang bersebelahan dengan kota Semarang. Kendal berada di antara Kota Semarang dan Kabupaten Batang serta berbatasan dengan Temanggung. Walaupun  bukan kota besar, ada beragam makanan khas Kendal yang bakal bikin kamu kangen untuk kembali mencicipinya.

Kuliner Khas Kendal

Setiap daerah memiliki cita rasa makanan yang menjadi penanda kedaerahannya, termasuk Kendal. Meskipun bukan kota besar, kendal memiliki beragam makanan khas daerah yang wajib dicoba.

Momoh

momoh-makanan-khas-kendal
Sumber Gambar: IDN Times

Sudah pernah mendengar momoh atau justru merasa asing dengan nama makanan ini? Momoh merupakan salah satu kuliner khas Kendal berbahan dasar jeroan sapi. Kalau ingin mencoba momoh makanan khas Kendal ini, datanglah ke Warung Makan Farchat di Kaliwungu. Warung makan ini adalah salah satu warung yang menyediakan makanan khas Kendal bercita rasa gurih dan manis ini. Makannya, momoh menjadi salah satu andalan kuliner khas Kaliwungu. Tertarik mencoba? 

Sate Bumbon

Seperti namanya, sate bumbon ini khas dengan bumbu rempahnya. Jadi, sebelum dibakar, irisan daging sapi dilumuri dengan berbagai bumbu pilihan. Inilah yang membuat sate sapi ini menjadi khas dibanding sate lainnya. Dipadu dengan sambal kacang dan irisan bawang merah dan cabai, seporsi sate bumbon pastinya akan membuat Kawan Suzan ketagihan dengan kuliner satu ini.

makanan-khas-kaliwungu
Sumber: IG@ny.rempong

Mau mencoba? Kawan Suzan bisa mengunjungi RM. Pak Nur Sate Bumbon Samardi Putra yang berada di Jalan K.H. Abdul Wahab Pengandon, Warung Sate Bumbon Pak Darmaji yang berada di Penyangkringan, Warung Sate Pak Rahmat yang berada di Jalan Raya Putat Gede, maupun Warung Sate Bumbon Bu Siti Saadah yang ada di depan Telkom.


Rica-Rica Menthog

makanan-khas-sukorejo-kendal
Sumber: IG @jajankendal

Suka dengan masakan bercita rasa pedan, asin, dan manis? Jangan lewatkan untuk mencicipi rica-rica menthog. Tidak susah menemukan menu ini di sepanjang Kendal. Namun, kalau Kawan Suzan mau mencicipi rica-rica menthog yang legendaris di Kendal, coba mampir ke Warung Mbak Yum. Warungnya yang berada di pertigaan Desa Randusari, Kecamatan Rowosari.


Bebek Ijo

kuliner-khas-kendal
Sumber: travel.kompas.com

Bebek ijo adalah olahan bebek yang digoreng atau dibakar lalu ditumbuk dan dilumuri dengan sambal ijo. Dagingnya empuk dan bercita rasa karena sebelumnya sudah diungkep. Silakan mampir ke rumah makan Tirto Arum yang berada Jalan Soekarno-Hatta untuk merasakan sensasi makan bebek yang warnanya memang benar-benar menjadi hijau karena balutan cabai hijaunya.

Pecel Kembang Turi

makanan-enak-di-kendal
Sumber: IG @bagasdwibawono

Pecinta sayuran? kendal memiliki olahan makanan khas berbahas dasar sayuran, pecel kembang turi. Tidak jauh berbeda dengan pecel-pecel lainnya, berbagai rebusan sayuran yang disiram sambal kacang. Khasnya pecel Kendal adalah adanya kembang turi yang rasanya agak pahit tapi menggigit.

Mangut Lele

mangut-lele-khas-kendal
Sumber: IG @auliarnsa

Kalau biasanya kita menjumpai lele hanya dibakar atau digoreng, di Kendal ikan ini menjadi bahan dasar mangut. Sensasi perpuduan kelezatan bumbu mangut dan kelembutan ikan lele sangat lezat. Jangan lewatkan mencicipi Mangut lele khas Kendal karena makanan satu ini tidak lazim dijumpai di daerah lain. 

Brongkos

makanan-khas-sukorejo-kendal
Sumber: IG @isnasutanto

Menu olahan yang hampir mirip rawon dengan kuah yang lebih pekat dan kental. Makanan berbahan dasar irisan daging sapi dilengkapi kacang tholo dan cabai rawit utuh ini sangat enak disajikan dengan nasi putih hangat. Kalau Kawan Suzan ingin menikmati makanan khas Kendal satu ini, coba berjalanlah ke arah Sukorejo. Brongkos adalah makanan khas yang banyak dijumpai di Sukorejo, Kendal

Telur Ikan Mimi

Kalau makanan khas kendal yang satu ini tidak bisa dijumpai setiap hari. Biasanya, makanan ini akan naik daun menjelang ramadhan. Makanan khas ini dapat dijumpai dalam pesta jajanan rakyat yang biasanya digelar di halaman Masjid Al Mutaqqin Kaliwungu.

makanan-khas-kaliwungu-kendal
Sumber:metrojateng.com

Mimi bentuknya lebar seperti ikan pari tapi keras seperti kepiting. Mimi direbus untuk diambil telurnya. Olahan telur mimi dengan campuran parutan kelapa ini yang menjadi primadona makanan khas kaliwungu yang ada di pesta rakyat yang hanya digelar satu tahu sekali ini. 


Oleh-Oleh Khas Kendal

Tidak afdal rasanya kalau sudah mencicipi kulinernya tapi tidak membawa jajanan khas Kendal untuk orang di rumah. Apa saja oleh-oleh yang wajib kamu bawa ketika mengunjungi Kendal?


Kerupuk Rambak

kerupuk-rambak-sapi-kendal
Sumber: FB Rambak Indah Jaya Pegandon

Kerupuk rambak memang sudah banyak di pasaran. Namun, tidak lengkap rasanya jika ke Kendal tanpa membawa kerupuk rambak. Kerupuk rambak khas Kendal ini memiliki cita rasa yang gurih dan tidak membuat tenggorokan sakit. Camilan khas Kendal yang wajib untuk tidak dilewatkan.


Kerupuk Petis

kerupuk-petis-khas-kendal
Sumber: IG @punyarayyan

Mau membawa oleh-oleh yang murah-meriah? Kerupuk petis bisa menjadi pilihan yang dapat diandalkan. Tenang saja, walaupun murah kerupuk ini terkenal lezat dan enak.


Bandeng Tanpa Duri (Tandu)

bandeng-tanpa-duri-kendal
Sumber: IG @morisklw

Kendal merupakan salah satu penghasil bandeng terbesar di Jawa Tengah. Tak heran, berbagai olahan bandeng mudah dijumpai di sini. Namun, terkadang kita malas memakan bandeng karena ikan ini mempunyai banyak duri-duri halus. Nah, kamu bisa membeli bandeng tanpa duri ini untuk keluarga tercinta di rumah. Selain enak dan menyehatkan, Kawan Suzan tak perlu khawatir akan repot ketika makan.😀

Penutup

Itu tadi beberapa makanan khas Kendal yang bisa dicicipi. Jangan lupa beli oleh-oleh khasnya untuk dibawa pulang. 
Kendal kaline wungu
ajar kenal karo aku 


Salam, 


 

 




Susana Devi Anggasari
Susana Devi Anggasari Hai, saya Susana Devi. Mamak dari Duo Mahajeng, Mahajeng Kirana dan Mahajeng Kanaya. Saya ibu rumah tangga yang nyambi jadi PNS. Untuk menjalin kerja sama, silakan hubungi saya.

Posting Komentar untuk "Makanan Khas Kendal yang Wajib Dicicip dan Dibawa Pulang"

Berlangganan via Email