Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ketika Ide Menulis Tak Kunjung Datang



Ide bagi tukang ngeblog ibarat bahan makanan untuk masakan. Tanpa bahan, bagaimana mungkin bisa menyajikan masakan yang enak?

Sayangnya, tak seperti bahan makan yang bisa dibeli di pasar-bahkan dipesan on line, ide bisa saja menjadi hal yang sangat sulit didapatkan. Pernah enggak tiba-tiba ngerasa buntu dan bingung mau nulis apa? Saya sering.🙈

Bagaimana Jika Merasa Buntu Untuk Menulis?

Biasanya ketika mentok, apa yang Kawan Suzan lakukan? Kalau saya, ada beberapa hal yang kadang saya lakukan untuk memancing ide. 

1. Berselancar di Media Sosial

Cara paling ampuh dan mudah untuk mencari ide adalah dengan jalan-jalan di Facebook, Twitter, atau IG. Kadang melihat hal yang lagi ramai di sana dapat memunculkan ide baru. Kadang, jadi kepikiran untuk mengulas apa yang lagi trending atau viral dari sudut pandang yang lain. Namun, ketika berselancar di media sosial jangan lupa siapkan rem. Jangan sampai kebablasan, malah enggak jadi nulis.

2.  Jalan-Jalan Ke Quora

Sudah kenal dengan situs tanya jawab Quora? Kadang baca-baca pertanyaan dan jawaban di sana kadang membari banyak ide buat menulis. Namun, ingat. Jangan sampai mengalihwahanakan tulisan di sana untuk disalin mentah-mentah di blog. Itu bisa termasuk dalam plagiasi.

 3. Bertamu ke Blog Teman

Bertamu ke blog orang lain kadang memberi ide untuk sebuah tulisan. Misal nih, ada yang nulis soal pentingnya menjaga kewarasan selama membimbing anak-anak belajar di rumah, lalu muncul ide untuk membuat tulisan bagaimana ibu hebat mendampingi anak belajar di rumah.

4. Mengingat Kejadian Paling Menarik

Setiap hari, selalu saja ada hal baru yang kita temui. Ada banyak hal baru yang kita lihat. Dari kejadian-kejadian tersebut, ada yang tampak biasa saja, ada yang sangat menyentuh. Pernah saya bertemu seorang pemulung. Ia terpaksa menggendong anaknya di bawah teriknya panas matahari. Seketika, pemandangan tersebut jadi sangat membekas, menjadi semacam pengingat ketika merasa lelah.

5. Jalan-Jalan

Benar bahwa menghirup udara segar adalah cara termudah untuk menjernihkan pikiran. Apalagi, jika sedang banyak DL kerjaan, sumpek. Bukalah pintu, dan keluarlah! Tak perlu jauh-jauh, cukup jalan-jalan di sekitar rumah sambil ngobrol sama keluarga. Biasanya setelah itu, otak sudah bisa diajak kerja sama lagi.

Penutup

Lima hal di atas adalah hal yang biasa saya lakukan ketika sedang susah mencari ide. Makanya, ketika ide sedang berdatangan, jangan lupa untuk mencatatnya. Sewaktu-waktu sedang di fase buntu, tinggal bongkar-bongkar bank ide tersebut. 

Kalau Kawan Suzan bagaimana? Bagaimana biasanya cara kamu mengatasi ketika ide mampet? 


Susana Devi Anggasari
Susana Devi Anggasari Hai, saya Susana Devi. Mamak dari Duo Mahajeng, Mahajeng Kirana dan Mahajeng Kanaya. Saya ibu rumah tangga yang nyambi jadi PNS. Untuk menjalin kerja sama, silakan hubungi saya.

Berlangganan via Email