Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Lejitkan Usaha dengan Alat kasir Android

mesin-kasir-android

Udah lama jualan, tapi untung enggak juga kelihatan. Jualan laris, tapi duit meringis. Ada yang begitu? Wah, saya yakin banyak! πŸ˜…

Nah, inilah masalahnya. Banyak orang jago jualan. Banyak orang jago berdagang. Namun, tak banyak yang bisa mengelola keuangan dengan baik.

Banyak orang yang seumur hidupnya berjualan tapi hidupnya jalan di tempat. Orang semacam itu hanya orang yang menganggap jualan hanya sebatas hobi.πŸ˜‚Mereka tak menganggap bahwa jualan adalah salah satu bisnis yang bisa dikembangkan untuk memperoleh penghidupan yang lebih layak.

Pantau Usaha dengan Alat Kasir 

Bisnis atau usaha yang baik adalah yang jelas pengelolaan keuangannya. Laporan keuangan jelas dan rinci. Dari laporan tersebut, pemilik usaha dapat melihat seberapa "bagus" usaha yang dijalankan. 

Salah satu alat yang dapat membantu pengelolaan keuangan adalah alat kasir.  Alat kasir menjadi salah satu alat yang wajib dipunyai ketika seseorang memutuskan membuka usaha. Jangan salah! Bukan hanya usaha besar saja, alat kasir ini juga diperlukan oleh pelaku usaha mikro, kecil, menengah (UMKM).

mesin-kasir

Mengapa seorang pelaku usaha harus mempunyai alat kasir? Simak penjelasan berikut ini!

1. Catatan Transaksi Jelas dan Praktis

Dengan memanfaatkan alat kasir, semua transaksi yang dilakukan tercatat secara otomatis. Semua barang yang masuk dan keluar terekam dengan jelas. Kita pun tidak dibuat repot dengan kegiatan catat-mencatat. Kalau usaha kita masih kecil, catat-mencatat bukanlah menjadi soal. Namun, bagaimana jika usaha kita sudah mulai berkembang?

Lagipula, dengan menggunakan alat kasir, kita tidak perlu lagi khawatir akan ada catatan yang terlupa atau tertinggal. Semua terekam dan bisa dilacak. Jadi, kesalahan pencatatan dapat diminimalkan.

2. Efisiensi Waktu, Tenaga, dan Pikiran

Pernah enggak Kawan Suzan ke sebuah toko, ketika hendak membayar, pelayan tokonya menanyakan harga kepada pemilik toko terlebih dulu? Kadang, malah pemilik toko pun lupa harganya dan membuka buku catatannya. Hal ini terkadang tidak mengenakan, apalagi jika kita sedang diburu waktu. 

Jika setiap pelaku usaha menggunakan alat kasir, tentu kejadian semacam itu tidak akan terjadi. Dengan sekali scan atau memasukan kode, harga terpampang di layar. Kita tak perlu menghapal semua harga barang kita jual. Kalau hanya sedikit sih enggak masalah. Bagaimana jika kita memiliki ratusan jenis barang dengan merek dan spesifikasi yang berbeda-beda?

Kita hanya perlu memasukan daftar harga masing-masing produk satu kali (kecuali ada perubahan harga ya), dan harga bisa diakses kapan pun, oleh siapa pun. Jadi, enggak khawatir juga ketika kita terpaksa mengganti pekerja. Tidak harus menyuruh pekerja kita menghapal harga.

3. Pengelolaan Stok Barang Lebih Mudah Dipantau

Alat kasir menungkinkan kita memantau stock barang dengan mudah. Untuk memantau barang, kita tidak perlu mengecek satu per satu barang di gudang penyimpanan. Akses saja melalui monitor di alat kasir yang kita punyai. Sekali klik, semua data bisa dilihat.

Bahkan sekarang, ada alat kasir yang dilengkapi dengan notifikasi. Jadi, Kawan Suzan akan mendapat peringatan jika ada barang yang stoknya mulai menipis. Eggak lagi khawatir telat nyetok  barang deh!

4.  Laporan dan Analisis Usaha Lebih Mudah

Laporan dalam sebuah usaha sangat penting. Dengan laporan yang akhirnya dianalisis inilah, pelaku usaha dapat mengembangkan bisnisnya. Jadi, jika kamu memang tergerak untuk membuka usaha, jangan sampai kamu mengabaikan hal ini. Sekecil apapun usaha yang dirintis, laporan harus tetap ada.


alat-kasir-android


Untung saja kita hidup di era serba canggih. tak perlu paham ilmu akuntansi yang membingungkan. Kawan Suzan cukup gunakan alat kasir sebagai salah satu alat bantu jualan. Dari sana, kita  melihat transakksi yang terjadi, pencatatan laporan untung dan rugi, data awal dan data akhir penjualan, bahkan catatan tentang pajak.

5. Lebih Kredibel di Mata Pelanggan

Banyak hal yang dilihat pelanggan dari usaha yang kita dikembangkan. Salah satunya adalah dari pelayanan yang kita berikan. Dengan menggunakan alat kasir, pelanggan tak membutuhkan waktu banyak untuk dapat menyelesaikan pembayaran. Selain itu, penggunaan pendukung berbasis teknologi meningkatkan kepercayaan pelanggan. Tidak ada lagi kesalahan harga karena harga sudah otomoatis terekam di pengaturan awal.

Alat Kasir Android: Solusi Praktis Pelaku Usaha 

Sebenernya pengen sih Dev pakai alat kasir gitu, tapi mending buat modal dulu deh!

Pengen sih punya alat kasir, cuma nih aku kan jualannya enggak menetap. Rempong deh bawa-bawanya!

Eh, jangan salah! Saat ini banyak kok alat kasir dengan biaya yang terjangkau dan portable atau biasa disebut mesin kasir mini. Jadi, mudah dibawa ke mana-mana tanpa repot. Seperti namanya, alat kasir android, jadi hanya butuh ponsel pintar atau android saja sebagai alat utama.

Sekalipun menggunakan android, Kawan Suzan tetap dapat menikmati fitur-fitur yang ada dalam mesin kasir pada umumnya. Transaksi yang lebih mudah dan pelaporan yang mudah diakses tetap dapat dinikmati untuk meningkatkan usaha. Salah satu contoh alat kasir android ini adalah Perangkat Multifungsi dari Gobiz.

Perangkat Multifungsi dari GoBiz, Mesin Kasir Portable  Sahabat Pengusaha 

Kawan Suzan butuh mesin kasir yang murah tapi tidak murahan? Perangkat Multifungsi dari GoBiz dapat menjadi jawaban.

Salah satu mesin kasir android yang bisa diandalkan. Alat ini adalah inovasi dalam agar transaksi pembayaran mudah dilakukan di mana saja dan kapan saja. Harganya pun sangat murah. Biaya pendaftaran hanya Rp490.000 dengan biaya harian kurang dari Rp5000.

Terjangkau sekali kan? Sangat! Apalagi jika menimbang manfaat yang bakal didapat. 

Built-in Printer, Cetak Struk Pembayaran Lebih Mudah

Kawan Suzan tak perlu lagi memikirkan membeli bluetooth printer. Kasir pintar ini sudah dilengkapi built-in printer. Jadi, enggak perlu perangkat tambahan lagi untuk mencetak struck.

Dilansir dari laman GoBiz, pelanggan akan mendapat 2 roll kertas printer saat pertama kali mendaftar. Selanjutnya, kita bisa membeli di toko alat tulis terdekat. 

Terima Pembayaran Tunai Tanpa EDC

Hebatnya, GoBiz sudah memikirkan apa saja yang harus dipertimbangkan pelaku bisnis. salah satunya adalah pelayanan pembayaran nontunai.

Pelayanan pembayaran nontunai saat ini memang lebih diminati, terlebih pada masa pandemi seperti saat ini. Pembayaran nontunai dianggap lebih aman karena mengurangi kontak dengan uang kertas. 

Mesin kasir berbasis android ini dapat digunakan untuk pembayaran nontunai seperti QRIS maupun kartu. Enaknya lagi, kita tak perlu membeli mesin EDC. Kita juga enggak perlu repot-repot  mendaftar di bank. Semua layanan sudah terintegrasi dan tinggal dinikmati saja dalam satu perangkat. 😊

perangkat-multifungsi-dari-GoBiz

Bagaimana? Siap melejitkan usaha kalian? Saat ini banyak sekali alat yang memudahkan usaha. Kuncinya adalah dengan menambah wawasan dan pengetahuan. Jangan sampai, kita hidup di era teknologi yang serba canggih, tetapi kita gagal memanfaatkannya.

Semoga Kawan Suzan yang bergelut dalam bidang usaha mampu mengembangkan usahanya. Kalau usaha kalian berkembang, maka akan semakin banyak orang yang tertolong. Usaha yang berkembang pasti butuh karyawan. Pada akhirnya, Kawan Suzan turut serta mengurangi angka pengangguran negara kita  tercinta deh. πŸ˜€
Susana Devi Anggasari
Susana Devi Anggasari Hai, saya Susana Devi. Mamak dari Duo Mahajeng, Mahajeng Kirana dan Mahajeng Kanaya. Saya ibu rumah tangga yang nyambi jadi PNS. Untuk menjalin kerja sama, silakan hubungi saya.

2 komentar untuk "Lejitkan Usaha dengan Alat kasir Android"

  1. teknologi yang sangat memudahkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mbak. Sekarang kita hanya perlu berteman lebih akrab dengan teknologi. :)

      Hapus

Berlangganan via Email