Inspirasi Kado Pernikahan Unik, Murah, dan Bermanfaat

inspirasi-kado-pernikahan-unik-murah-bermanfaat

Bingung nyari ide buat kado sahabat yang nikah? Apa saja inspirasi kado pernikahan yang cocok buat teman dekat kamu? Kalau mau cari kado pernikahan itu yang penting unik, bermanfaat, murah tapi kelihatan mewah-kalau bisa di bawah 50 ribu. 

Buat kamu yang lagi pusing mau ngasih kado apa di pernikahan teman, sahabat, mantan, maupun saudara,  Mamak Mahajeng kasih daftar rekomendasi yang bisa kamu pilih.


Daftar Ide Kado Pernikahan yang Unik, Murah, dan Bermanfaat

Coba baca daftar ide kado di bawah ini! Siapa tahu kamu menemukan inspirasi kado pernikahan untuk sahabat atau saudaramu.

1. Perlengkapan Tidur

Namanya saja rumah tangga baru, tentu saja masih belum punya perlengkapan rumah yang lengkap. Fasilitas tidur yang nyaman tentu akan membuat pasangan suami istri "baru" ini tidur dengan baik, makanya perlengkapan tidur bisa menjadi salah satu ide kado pernikahan. Sesuaikan saja dengan budget yang dimiliki.

hadiah-pernikahan-bermanfaat
Kado Pernikahan Perlengkapan Tidur

Kawan Suzan bisa membeli seprei, selimut, bed cover, bahkan tempat tidurnya juga boleh. Saat ini banyak juga bantal-bantal unik ala couple.  Barang semacam ini cocok juga dijadikan kado pernikahan.


2. Perlengkapan Masak dan Makan

Setelah urusan ranjang, eh maksudnya urusan tidur, hal lain yang perlu dipertimbangkan adalah urusan perut. Untuk pasangan suami istri yang baru menikah, terlebih mereka yang lantas memilih lepas dari orang tua, perlengkapan dapur menjadi salah satu inspirasi untuk memberi kado pernikahan. Percayalah, kado ini akan sangat bermanfaat bagi mereka.

ide-kado-pernikahan
Kado Pernikahan Perlengkapan Makan

Kawan Suzan bisa memberikan kompor, panci, atau oven. Untuk budget yang lebih rendah, kamu bisa memilih piring, cangkir, atau stoples. Kalau kamu pinter, kamu bisa mendapatkan kado pernikahan di bawah Rp50 ribu.


3. Lukisan/ Sketsa Wajah Pasangan

Kalau mau ngasih kado pernikahan yang agak unik tapi berkesan, coba deh beri lukisan atau sketsa wajah pasangan pengantin. Dijamin, walaupun enggak mahal, pasti kado yang kamu berikan bakal dikenang.

kado-pernikahan-unik
Kado Pernikahan Unik

kalau kamu enggak bisa  menggambar, cari saja penyedia jasa gambar di internet! Banyak. Kamu bisa pilih sesuai kantong kamu masing-masing.


4. Pajangan atau Aksesoris Rumah

Kalau kamu mau nyari kado buat sahabat atau saudara perempuan, coba deh cari pajangan atau pernak-pernik dekorasi rumah. Siapa sih wanita yang enggak suka sama aksesoris rumah tangga? 

kado-pernikahan-untuk-sahabat
Kado Pernikahan Aksesoris Rumah

Kalau kamu termasuk orang yang kreatif, kamu bahkan bisa membuat dengan tangan kamu sendiri. Banyak sekali sekarang tutorial membuat D.I.Y. aksesoris rumah. Murah meriah tapi enggak murahan. Yakin deh, kado hasil buatan sendiri itu tak ternilai harganya.


5. Voucher Liburan

kado-pernikahan-mewah

Kalau kado yang satu ini khusus buat kamu dengan dompet tebal. Kamu bisa memberikan kado voucher berlibur untuk bulan madu pasangan yang baru menikah. Sampai kakek-nenek, pasangan ini tentu tak akan melupakan kado yang kamu berikan.


6. Buku

kado-pernikahan-yang-bermanfaat
Kado Pernikahan Buku

Buku ini menjadi barang yang enggak ada matinya untuk dijadikan kado. Kalau kamu mau ngasih kado buku, pilih deh buku-buku yang berisi nasihat pernikahan atau buku yang memang disukai oleh mereka. Namun, kalau Mamak Mahajeng sih lebih menyarankan buku-buku pernikahan saja. Soalnya nih, pernikahan itu enggak ada sekolahnya. Siapa tahu bacaan yang kamu beri pas banget dengan apa yang mereka hadapi nantinya. 


7. Peralatan Elektronik

kado-pernikahan-mewah
Kado Pernikahan Elektronik

TV, kulkas, kipas angin, atau mesin cuci bisa menjadi salah satu inspirasi kado pernikahan yang bermanfaat. Pasalnya, setiap rumah tangga baru pasti membutuhkan peralatan ini. 


8. Video Perjalanan Cinta

Kalau kamu termasuk orang yang dekat dengan pasangan yang mau menikah, coba deh kamu buatkan video perjalanan cinta mereka. Kamu cukup mencari foto-foto atau video singkat mereka. Kamu bisa manfaatin media sosial mereka untuk mencari bahan video. 

Cuma modal HP dan aplikasi pembuat video, kamu bisa membuat kado yang unik dan berkesan. 


9. Barang Etnik

Barang etnik selalu menjadi pilihan kado unik. Kamu pun bisa memberikan barang etnik untuk kado pernikahan buat teman. Kain tenun, batik, atau cendera mata kedaerahan yang khas. 


10. Uang Tunai

Aduh pusing, mau beliin kado takut enggak sesuai selera mereka. Ya sudahlah! Tak perlu memaksa untuk membeli barang. Beri kado uang tunai saja. Semua butuh uang. Apalagi buat pasangan pengantin yang baru saja mengadakan pesta resepsi. Mereka mungkin lebih butuh uang daripada kado dalam bentuk benda.

kado-pernikahan-untuk-saudara-perempuan
Kado Pernikahan Uang

Nah, itu dia deretan inspirasi kado pernikahan yang bisa kamu berikan. Kamu tinggal pilih, mau ngasih kado yang unik, murah, mewah, bermanfaat, atau unik, murah, mewah, sekaligus bermanfaat?


Tips Memilih Kado Pernikahan

Sebelum kalian memutuskan kado pernikahan, ada baiknya kalian perhatikan tips memilih kado pernikahan dari Mamak Mahajeng ini.

1. Sesuaikan Budget

Jangan beli kado di luar kemampuan dompet kamu. Kado yang berkesan itu enggak mesti mahal kok. Bahkan ada banyak ide kado yang hanya bermodal "usaha", misalnya membuat video perjalanan cinta atau barang dekorasi rumah dari barang bekas. 


2. Pertimbangkan Manfaat

Sebelum memutuskan memberi kado, coba pertimbangkan manfaat kado yang akan kamu berikan untuk pasangan tersebut. Kalau sekiranya barang yang akan kamu berikan tidak berguna untuk mereka, ada baiknya kamu mencari ide lain.


3. Kenali Selera

Ingat, memberi kado bukan memilih barang untuk diri kita sendiri. Jadi, jangan jadikan selera kita sebagai patokan. Kalau sahabatmu suka warna hijau misalnya, pilih saja barang-barang berwarna hijau. Jangan karena kamu suka warna ungu lalu kamu pilihkan warna kesukaanmu. Ingat, kado itu bukan buat kamu!

Bagaimana, sudah mempunyai pandangan mau memberi kado apa untuk teman, sahabat, atau saudara yang mau menikah? 


Susana Devi Anggasari
Hai, saya Susana Devi. Mamak dari Duo Mahajeng, Mahajeng Kirana dan Mahajeng Kanaya. Saya ibu rumah tangga yang nyambi jadi PNS. Untuk menjalin kerja sama, silakan hubungi saya.

Pos Terkait

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter