Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Benarkah Di Dapat Menggantikan Pada?

di-dan-pada


Di dan Pada―Penggunaan bahasa yang tidak sesuai kaidah tapi lazim digunakan salah satunya pemakaian kata di dan pada. Saya pun kadang begitu 😅. Bagaimanakah seharusnya penggunaan kata depan di dan pada?

Di dan Pada Berdasarkan Peran Semantis

Setiap preposisi atau kata depan memiliki peran atau fungsi untuk menandai hubungan makna antara bagian di depan atau di belakang preposisi tersebut. 

✍ Preposisi Di

Preposisi di memiliki peran semantis sebagai penanda hubungan tempat. Kata depan di digunakan untuk menandai tempat, baik yang konkret maupun yang abstrak. Oleh karena itu, preposisi ini seharusnya diikuti keterangan tempat. Preposisi di tidak tepat jika digunakan untuk penanda waktu. 
✓ di rumah
✓ di sekolah
✓ di depan mata
✓ di lubuk hatinya
✓ di kepala gadis itu
✕ di malam hari
✕ di era globalisasi
✕ di pertengahan bulan Juli
✕ di pertengahan malam

✍ Preposisi Pada

Preposisi pada memiliki peran semantis sebagai penanda hubungan waktu. Untuk menandai waktu alih-alih menggunakan kata depan di, gunakan saja kata depan pada. Penggunaan kata depan pada untuk menyatakan waktu tidak tepat.
✓ pada malam hari
✓ pada sore hari
✓ pada zaman revolusi
✓ pada masa panen
✓ pada musim hujan
✓ pada waktu senja

Mudah-mudahan setelah nulis ini, saya tidak keliru lagi. Jujur, saya pun masih sering tidak sesuai kaidah ketika menggunakan kata di dan pada.


Susana Devi Anggasari
Susana Devi Anggasari Hai, saya Susana Devi. Mamak dari Duo Mahajeng, Mahajeng Kirana dan Mahajeng Kanaya. Saya ibu rumah tangga yang nyambi jadi PNS. Untuk menjalin kerja sama, silakan hubungi saya.

Posting Komentar untuk "Benarkah Di Dapat Menggantikan Pada?"

Berlangganan via Email