Bosan? Tonton 10 Rekomendasi Film Terbaik Versi Mamak Mahajeng

film pendek indonesia terbaik


Hi, Kawan Suzan! Setuju enggak kalau salah satu obat penghilang jenuh tuh nonton film? Saya lupa kapan terakhir kali nonoton film. Bukannya enggak suka lagi, tapi enggak sempat.  Paling-paling kalau enggak bisa tidur aja, streaming-an. Itu aja jarang sampe kelar. Ada yang senasib? Yang emak-emak, pasti tahu rasanya.

Makanya, saya lebih suka nonton film pendek dengan durasi enggak lebih dari 30 menit. Hati riang, stres pun hilang.

Buat kalian yang pengen nonton film pendek, Mamak Mahajeng rekomendasikan beberapa film yang Mamak suka ya.


1.      Lemantun (2014)

Lemantun yang dalam bahasa Indonesia bermakna lemari. Film karya Wregas Bhanteja ini bener-bener bagus. Sederhana tapi bermakna. Film yang awalnya dibuat dalam rangka menyelesaikan tugas akhir S-1 di Institut Kesenian  Jakarta ini berhasil mendpat beberapa penghargaan festival film, yaitu Film Pendek Terbaik XXI Short Film Festival 2015, Film Pendek Terbaik Apresiasi Film Indonesia 2015, dan Film Pendek Terbaik Piala Maya 2015. Jangan lupa siapin tisu ya kalau mau nonton film ini.


2.      Natalan (2015)

Natalan bercerita tentang kegelisahan juga kerinduan seorang anak lelaki terhadap ibunya di kampung halaman.Film yang disutradarai Sidharta Tata ini sebenernya diproduksi 2015, tetapi baru dipublikasikan pada tanggal 4 April 2020. Momen yang tepat mengingat beberapa daerah yang terpaksa melakukan pembatasan sosial, apalagi Jakarta. Paskah dan Lebaran tahun ini berbeda karena ada larangan mudik. Sok, yang mau mengaduk-aduk dan meremukredamkan perasaan kalian, tonton film ini sampai habis.


3.      Kinetik (2017)

Kinetik adalah salah satu film pendek inspiratif. Film pendek garapan Putri Tanjung ini layak ditonton oleh generasi muda. Ada tujuan mulia di balik film itu.  Film ini menceritakan perjalanan 3 tokoh sahabat. Mereka justru merasa hampa di saat berada di puncak kesuksesan. Hal sederhana yang mereka lakukan ternyata mampu menambal kekosongan itu. Penasaran? Langsung saja deh tonton.


4.      Unbaedah (2019)

Unbaedah sebenernya sih bukan film horor, tapi jangan nyoba nonton film ini sendirian di tengah malam. Walaupun bukan film horor, ada aroma-aroma horor di film ini. Asli, kalian yang terlanjur ketakutan nonton film ini, ketakutan kalian tuh unfaedah sekali, seunfaedah kelakuan Baedah yang membuatnya ketakutan. Aslinya, film pendek ini lucu banget.


5.      Filosofi Kopi Special Episode: The Goodwill

Filosofi Kopi SpecialEpisode: The Goodwill. Siapa yang enggak tahu Filosofi kopi? Toyota Indonesia mempersembahkan spesial episode. Kisah Ben dan Jody menemukan biji kopi terenak dari petaninya.Melalui cerita ini, kita diajak melihat bagaimana nasib petani-petani khususnya petani kopi di Indonesia. Kalau kamu penyuka kopi seperti Mamak Mahajeng, jangan lewatkan film pendek yang satu ini ya!


6.      Sepatu Septu (2019)

Film bergenre komedi. Sepatu Septu, kocak dan sangat menghibur. Dialog-dialog Septu dan ibunya bener-bener bikin ngakak. Paling kocak adalah bagian ending-nya. Percaya deh, Kawan Suzan enggak bakal nyesel nonton film yang diikutsertakan Wardah Inspiring Movie Competition ini.


7.      Jentera (2020)

Jentera. Cerita seorang Rana, pekerja seks yang tidak percaya Tuhan, tiba-tiba dikabulkan doanya. Permainan alur cerita yang ciamik. Di saat Tuhan mengabulkan doanya, menghadirkan ayah yang tak pernah dilihatnya, di saat yang sama di masa lalu ayahnya menghilang dan tak bisa menemui wanita yang melahirkan ke dunia. Suka sih saya sama cerita yang seperti ini.


8.      Mudik (2017)

Film Mudik yang satu ini merupakan film animasi karya anak negeri. Sebuah karya yang semestinya dilihat banyak orang. Tinggalkan gadgetmu dan lihat apa yang terjadi, begitu pesan yang ingin disampaikan.


9.      KTP (2017)

Film yang menjadi Karya Terbaik I FVE Kategori Umum ini cukup menghibur. KTP, film sederhana tapi sarat akan makna. Cerdas. Banyak sekali pesan tersirat yang menggambarkan masalah di masyarakat yang cukup kompleks. Salah satu film pendek lucu yang wajib ditonton.


10.  Rahasia (2011)

Rahasia adalah film yang bercerita obrolan random antara gadis dan bapak tua yang  bertemu di kereta. Masing-masing membuka rahasia pribadi. Sebuah kebetulan yang menarik.

Nah, itu dia daftar rekomendasi film pendek Indonesia terbaik ala Mamak Mahajeng. Lumayan lah ditonton di masa-masa karantina begini. Kalau Kawan Suzan punya rekomendasi film pendek terbaik versi kalian, tambahkan di kolom komentar ya!


Susana Devi Anggasari
Hai, saya Susana Devi. Mamak dari Duo Mahajeng, Mahajeng Kirana dan Mahajeng Kanaya. Saya ibu rumah tangga yang nyambi jadi PNS. Untuk menjalin kerja sama, silakan hubungi saya.

Related Posts

1 komentar

  1. Solusi di tengah kebetean tingkat tinggi. Maturnuwun Mamak Mahajeng

    BalasHapus

Posting Komentar

Sugeng rawuh di susanadevi.com. Silakan tinggalkan jejak di sini. Semua jejak yang mengandung "kotoran" tidak akan ditampilkan ya!

Subscribe Our Newsletter