Bagaimanakah Penulisan HUT RI yang Benar?

Bagaimana penulisan HUT RI yang benar


Sudah pukul 02.43 WIB dan saya belum tertidur. Padahal besok suami harus ke Kendal untuk ikut acara gerak jalan. Katanya sih dalam rangka memperingati HUT ke-73 RI.

Eh, Bai Nde We Buswe setiap menjelang perayaan kemerdekaan seperti ini pasti akan ada ucapan untuk bangsa kita. Yups, banyak banget instansi maupun individu yang mengucapkan “Selamat Ulang Tahun” untuk Republik Indonesia.

Ucapan ini ditulis dalam berbagai variasi. Ternyata eh ternyata ... jika diamati ada beberapa penulisan yang  kurang tepat, loh! Baiklah, mari kita bahas soal ini aja yuk! Rujukan kita tetep ya, Badan Bahasa.


Selamat HUT RI Ke-73

Coba menurut Kawan SuZan penulisan tersebut sudah tepat atau belum? Penempatan kata bilangan bertingkat sesudah kata RI dapat menimbulkan kesan ada banyak RI. HUT RI ke-73 dapat diartikan bahwa yang sedang berulang tahun adalah RI ke-73, bukan RI ke-20 atau RI-55.

Lalu bagaimana dong? Agar tidak menimbulkan salah tafsir, kita dapat mengubah susunan RI ke-73. Pindahkan kata bilangan tingkat sebelum RI sehingga susunannya menjadi HUT ke-73 RI. jadi, terlihat jelas kan kalau yang dimaksud adalah perayaan hari ulang tahun yang ke-73 Republik Indonesia?


Dirgahayu HUT RI Ke-73

Bagaimana dengan penulisan ungkapan tersebut? Kata dirgahayu adalah kata serapan dari bahasa sanskerta yang bermakna ‘panjang umur’ atau ‘berumur panjang’.

Jika dirgahayu disandingkan dengan HUT maka akan bermakna ‘Selamat panjang umur HUT’. Jadi, kalimat tersebut berkesan yang berulang tahun adalah HUT-nya bukan RI-nya. Padahal maksud ungkapan tersebut adalah selamat ulang tahun untuk RI.

Jadi, bagaimana seharusnya? Jangan sandingkan dirgahayu dengan HUT! Kita dapat menggunakan ungkapan ‘Dirgahayu Ke-73 RI atau Selamat HUT ke-73 RI”.


HUT Ke LXXIII Kemerdekaan Indonesia

Coba Kawan Suzan cermati ungkapan di atas! Di manakah letak kesalahannya? Tepat sekali. Kesalahan ungkapan di atas terdapat pada penulisan angka Romawi yang digunakan.

Jika kata bilangan tingkat yang ditulis menggunakan angka Arab harus didahului ke, kata bilangan tingkat yang ditulis menggunakan angka Romawi tidak perlu didahului ke.  Jadi, agar penulisan ungkapan tersebut benar seharusnya HUT LXXIII Kemerdekaan RI atau HUT Ke-73 Kemerdekaan RI.

Nah, sekarang Kawan SuZan sudah paham kan penulisan yang tepat untuk menyatakan ulang tahun? Bentukan ungkapan selamat ulang tahun tersebut juga dapat digunakan untuk menyatakan selamat ulang tahun pada lembaga atau instansi lain. Misalnya, Selamat HUT ke-52 RRI. Dirgahayu SusanaDevi[dot]com.


Susana Devi Anggasari
Hai, saya Susana Devi. Mamak dari Duo Mahajeng, Mahajeng Kirana dan Mahajeng Kanaya. Saya ibu rumah tangga yang nyambi jadi PNS. Untuk menjalin kerja sama, silakan hubungi saya.

Pos Terkait

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter