Manfaat Luar Biasa Memiliki BLOG

manfaat-ngeblog


Manfaat Luar Biasa Memiliki BLOG—Yeyeyeye! Hari ini 1 Agustus. Tepat hari ini umur Mamak Duo Mahajeng genap berkepala tiga. Allah ya Rabb … ternyata saya udah tua banget! Semoga diberi sisa usia yang berkah barokah. Dapat menjadi insan yang memberi manfaat bagi sesama.


Ngomong-ngomong soal blog, saya punya cerita cukup unik. Sejak saya kuliah, seorang guru matematika SMP-ku dulu, Pak Wandi, selalu berusaha ngeracuni otakku untuk membuat blog. Sayang sungguh sayang, waktu itu beliau belum berhasil meracuniku.  Padahal, beliau sering banget lho menceritakan manfaat ngeblog.


Oke, saya sedikit bercerita mengenai sosok  beliau ya! Pak Wandi adalah guru matematika ketika saya duduk bangku SMP Negeri 3 Singorojo. Sekolah ini berada di kampung yang jauh dari peradaban. Mengapa begitu? Karena orang yang belum pernah ke kampungku pasti akan ragu ada kampung setelah memasuki rimbunan hutan karet yang luas.


Beliau adalah guru yang menginpirasi. Semenjak penempatannya di sekolah ini hingga beliau wafat (yang juga di sekolah ini) tak pernah sedikit pun beliau berangan-angan untuk mutasi ke sekolah yang dekat dengan rumahnya. Rumah beliau di Weleri kalau tidak salah, daerah Kendal bagian bawah. Cukup jauh dengan sekolah di mana beliau bekerja.


Ngeblog dan Pak Wandi


Pak Wandi yang kebetulan indekos di rumah Bulik yang berada tepat di samping rumahku, hampir setiap hari menceritakan blog waktu itu. Kalau tidak salah sekitar tahun 2008. Ketika saya sempat menjadi Guru SM3T (Sarjana Mendidik di daerah Terluar, Terdepan dan Tertinggal) di Ende, Nusa Tenggara Timur pada tahun 2012-2013, Pak Wandi juga selalu menyemangati untuk ngeblog. Saat itu, saya sempat terpengaruh. Akhirnya saya membuat blog dengan blogspot. Namun, saya lupa apa blognya karena akhirnya dibiarkan begitu saja.


Pak Wandi ngeblog dengan modal nekad. Dia benar-benar belajar otodidak. Prinsip beliau, bisa karena terbiasa. Beliau sudah membuktikan sendiri bahwa blog dapat menghasil uang. Sayangnya, beberapa blog berbayar yang dirintis beliau sudah mati. Hanya tinggal Guru Go! BLOG di wordpress.com dan Guru Go! Blog di blogspot.com yang masih bisa di akses.


Beliau kembali ke pangkuan Allah pada 29 Januari 2013 ketika tengah mengajar di sekolah. Satu kekecewaan besarku adalah belum menemui beliau semenjak saya pulang dari Nusa Tenggara Timur. Padahal, beberapa kali beliau meminta saya menyempatkan waktu bertemu dengannya.  Allah ya Rabb … ampuni segala dosa beliau dan berilah tempat terbaik-Mu. Sungguh hamba bersaksi beliau adalah orang baik.


Mengapa saya menceritakan beliau? Karena beliaulah, saya berjanji suatu saat saya akan menjadi blogger yang berhasil.


Mengapa Harus Ngeblog?

Sebenernya sih, saya rasa semua orang yang aktif menggunakan media sosial sudah seharusnya membangun rumahnya di dunia maya. Bukan hanya ber-Facebook atau ber-Instagram saja, tetapi membangun blog.


Mengapa harus mulai ngeblog? Ternyata eh ternyata, banyak banget yang akan didapat melalui aktivitas ini. Menurutku, ada beberapa manfaat besar yang akan didapat dari ngeblog. Mau tahu? Yuk simak uraian berikut ini!


1. Blog adalah Jurnal Online

Yups! Blog ibarat rekam jejak perjalanan hidup. Apa yang pernah ditayangkan di blog akan dengan mudah ditelusuri.


Menelusi tulisan-tulisan lama yang pernah dibuat pasti akan menghadirkan kenangan tersendiri. Kita bisa saja dibuat tertawa terbahak, tersenyum miris, atau bahkan merasa konyol dengan apa yang pernah ditulis. Perjalanan tulisan yang pernah dibuat ini tentu akan sengat berguna sebagai refleksi untuk kehidupan yang lebih baik.


Selain itu, anak cucu kita tentu akan lebih mudah mendapatkan informasi mengenai kita dari blog yang kita tinggalkan. Semacam warisan digital gitu, deh


2. Mengelola Stres dan Kemarahan


Setiap orang pasti pernah mengalami fase stres atau marah. Agar tidak menjadi bumerang bagi diri sendiri, penting sekali untuk mengelola stres dan kemarahan dengan baik.


Bagiku, menulis adalah salah satu pelampiasan yang dapat dilakukan jika sedang stres dan marah. Dengan menuliskan curhatanmu di blog, tentu kamu dapat mengelola stres dan kemarahanmu dengan baik. Ya iyalah! Enggak mungkin kan kita nulis curhat asal-asalan  di blog yang notabene bakal dibaca banyak orang? Paling enggak menulis di blog akan membantu mengelola stres dan kemarahan dengan curhat yang (sedikit) elegan.


3. Menebar Manfaat

Bukankah sebaik-baiknya manusia adalah manusia yang bermanfaat? Nah dengan ngeblog kita bisa lho memberi manfaat buat orang lain. Bisa jadi tulisan yang kita aggap biasa saja ternyata memberi manfaat untuk orang lain.


Semoga Mamak Mahajeng mampu menghadirkan tulisan-tulisan yang memberi manfaat. Doakan yak!


4. Melatih Keterampilan Menulis

Kegiatan blogging tidak akan mungkin bisa lepas dari aktivitas menulis. Jelas donggss! Media utama ngeblog kan memang tulisan.


Mau tak mau, ngeblog memaksa kita untuk mau menulis . Bisa karena biasa, begitu kata Pak Wandi. Lama-lama, karena terbiasa menulis tentu kemampuan menulis kita akan lebih baik.


Cek saja, tulisan-tulisan kita. Kita akan dapat mengamati bagaimana tulisan kita dari waktu ke waktu.


5. Menambah Pengetahuan

Ketika memutuskan ngeblog, kita harus paham bahwa kita dituntut untuk selalu meng-update blog dengan artikel-artikel dan konten menarik lainnya. Menyadari kebutuhan tersebut, seorang blogger tentu akan belajar lebih lagi,  minimal mencari referensi dari sumber lain.


Kualitas konten adalah penentu sebuah blog akan didatangi pengunjung atau tidak. Untuk menghasilkan tulisan yang berkualitas tentunya seorang blogger harus meramunya dari berbagai referensi yang dapat dipercaya.


Seorang blogger yang ingin menghasilkan konten yang baik tentu akan banyak membaca dan menelaah referensi yang didapatkannya. Dengan membaca dan menelaah referensi yang dicarinya, blogger akan semakin bertambah wawasan dan pengetahuannya.  Oleh karena itu, setiap blogger yang berhasil pastilah pembelajar yang baik.


6. Membangun Kredibilitas

Di era serba digital seperti ini, hampir semua aktivitas manusia memanfaatkan teknologi digital. Tak terkecuali para pencari kerja.

Banyak sekali pencari kerja yang memanfaatkan internet. Maka mulai sekarang, merintis blog adalah jalan terbaik untuk membangun portofolio. Kita tidak pernah tahu ada berapa mata yang sedang mencari kita untuk melakukan pekerjaan besar. Hiyyya … Mamak Duo Mahajeng ke-PD-an.


7. Mengisi Waktu Luang dengan Bijak

Terkadang, waktu 24 jam memang terasa singkat. Ada saja pekerjaan yang terlewat untuk dilakukan. Namun, pasti ada waktu ketika  kita merasa bingung untuk melakukan apa.


Ngeblog adalah pilihan yang tepat untuk memanfaatkan waktu luang. Dengan ngeblog, waktu luang kita tidak terbuang dengan percuma. Terlebih dengan melihat manfaat ngeblog lainnya, maka ngeblog adalah cara bijak memanfaat waktu luang.


8. Menambah Pertemanan

Seperti media lainnya, aktivitas ngeblog sangat memungkinkan kita mendapat banyak teman baru. Dengan adanya fitur follow dan komentar, kita dapat menjalin pertemanan dengan sesama blogger. Selain itu, dengan mengikuti komunitas-komunitas blogger kita juga akan menemukan banyak teman baru.


Semakin banyak teman, semakin banyak kebaikan. Semakin banyak teman, semakin banyak rezeki. Bukan begitu?


9. Sumber Pendapatan


Sudah menjadi rahasia umum bahwa aktivitas ngeblog memang dapat menjadi sumber pundi-pundi keluarga. Saya sendiri sudah menjadi saksi atas keberhasilan beberapa orang dalam dunia blogging, salah satunya adalah Pak Wandi yang kuceritakan di awal.


Enggak munafik bahwa Mamak Duo Mahajeng juga ingin suatu saat menjadi blogger sukses, ingin merasakan manfaat ngeblog yang satu ini.  Namun, Mamak Mahajeng selalu ingat wejangan teman bahwa mendapat uang dari blog tidak akan diraih secara instan dan mudah. Butuh perjuangan dan keuletan. Doakan Mamak Duo Mahajeng bisa yak!


Bagi Mamak Mahajeng, yang terpenting sekarang adalah menulis dan menulis. Jika suatu saat blog ini bisa menghasilkan, itu adalah bonusnya. Setuju?


Manfaat ngeblog itu banyak sekali. Namun, bagi saya ada 5 manfaat ngeblog yang paling mengubah hidupku,  Nah, itu juga yang menjadi alasan Mamak Duo Mahajeng akhirnya enggak ragu memutuskan untuk ngeblog. Bagaimana denganmu, masih ragu untuk mulai ngeblog?



Susana Devi Anggasari
Hai, saya Susana Devi. Mamak dari Duo Mahajeng, Mahajeng Kirana dan Mahajeng Kanaya. Saya ibu rumah tangga yang nyambi jadi PNS. Untuk menjalin kerja sama, silakan hubungi saya.

Pos Terkait

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter